General

3 Skill Utama dari 12 Profesi Digital yang Paling Banyak Dicari

Binar Academy
3 Skill Utama dari 12 Profesi Digital yang Paling Banyak Dicari
Isi Halaman :

Artikel ini merangkum 3 skill esensial yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang praktisi di masing-masing 12 profesi yaitu UX Researcher, UI/UX Designer, Web Developer, Business Intelligence (BI) Analysis, Business Intelligence (BI) Engineering, Product Management, Mobile Development, Digital Marketing, Frontend Engineering, Backend Engineering, Quality Assurance, Data Science, dan DevOps.

Kamu akan bisa membedeakan masing-masing profesi lebih jelas beradasarkan latar belakang dan skill yang dibutuhkan. Jika kamu ingin menjadi salah satu dari 12 profesi di bawah ini, kabar baiknya kamu tidak harus punya background yang dijelaskan! 

Jangan takut kalau kamu belum pernah ngoding atau tidak punya pengalaman di bahasa pemrograman manapun atau skill teknis lainnya, Karena BINAR akan membantumu untuk mempelajari setiap skill yang dibutuhkan secara intensif selama 3-6 bulan untuk kemudian disalurkan kerja.

UI/UX Designer & Researcher

UX Researcher

Peningkatan kenyamanan user adalah kunci dari keberhasilan UX Researcher, yang bertugas untuk menggali keinginan user lewat berbagai metode riset. Secara general background atau kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang UX Researcher adalah:

  • Studi psikologi atau tentang perilaku manusia

Seorang UX Researcher sebenarnya mempelajari kebiasaan user dalam menggunakan produknya. 

  • Berbagai metode riset

Agar mampu memecahkan masalah UX Researcher harus punya wawasan terhadap berbagai metode riset untuk menemukan jawaban yang solutif.

  • Empati

UX Researcher yang mahir punya empati yang kuat sebagai kunci untuk memahami kebutuhan user. Empati menjadikan UX Researcher sebagai observer yang jeli, menanyakan pertanyaan yang lebih objektif, dan mendapatkan insight yang lebih dalam. 

UI/UX Designer

Peran yang akan selalu dibutuhkan selama aplikasi dan website terus bertambah. Mirip dengan UX Designer, seorang UI/UX Designer juga akan lebih baik jika memiliki latar belakang di atas, skill yang membedakan adalah:

  • Komunikasi Visual & Design Software

Tugas seorang UI/UX Designer adalah mengkomunikasikan produk dalam use case pemakaian. Jadi desain yang dibuat bukan cuma bertujuan untuk menambah estetika, tapi juga memudahkan penggunaan produk.

  • User Research & Usability Testing

Ga cuma ngedesain, UI/UX Designer juga harus menyesuaikan kebutuhan user melalui user research dan menguji desain dengan usability testing. Baca selengkapnya tentang usability testing disini

  • Prototyping, Wireframing, User Flows, Mock Up

Sepaket skill teknis yang wajib dipunyai UI/UX Designer nih, kabar baiknya semua skill ini bakal diajarin lho di Bootcamp UI/UX Binar!

Tertarik untuk menjadi seorang UI/UX Designer & Research? Cuss langsung gabung di Bootcamp UI/UX Binar!

Web Developer

Kalo mau jadi Web Developer wajib bisa ngoding ga sih? Jawabannya, iya wajib

Tapi ngoding bukan satu-satunya skill yang mampu membuatmu menjadi seorang Web Developer yang handal, kalau tidak dilengkapi dengan kompetensi ini:

  • Communication skill

Web Developer yang handal mampu mengkomunikasikan kendala, inisiatif, dan result pada stakeholdernya. Terdengar sepele kan? Tapi justru kompetensi ini penting untuk dimiliki seorang Web Developer

  • Fundamental HTML, CSS, dan Javascript

Pengetahuan basic untuk mendesain website yang responsif, kalau kamu pemula banget di dunia pemrograman dan ingin jadi Web Developer coba deh pelajari ini dulu.

  • API Design & API Documentation

Berguna agar kamu dapat menghubungkan berbagai aplikasi dan menyederhanakan pemrograman.

Masih asing dengan beberapa istilah tadi atau belum pernah ngoding sama sekali? 

Tenang Bootcamp Full Stack Web Developer Binar bakal ajarin kamu dari awal sampai bisa, bahkan tanpa background tech sekalipun!

Business Intelligence (BI) Analysis

Peran yang bakal selalu dibutuhin perusahaan untuk menganalisis data jadi strategi bisnis yaitu BI Analysis! Kalau kamu tertarik menjadi BI Analysis, beberapa skill ini wajib kamu punya:

  • Analytical skill

Sesuai namanya yaa pasti seorang BI Analyst harus mampu menganalisis data dengan berbagai tools seperti SQL misalnya. Kamu bisa mulai belajar menganalisa data dengan menguasai rumus-rumus Excel lho!

  • Data Visualization

Setelah melakukan analisa, BI Analyst mengkomunikasikan temuannya dengan visualisasi yang clear dan menarik. Kamu akan banyak menggunakan Google Data Studio untuk memberikan visualisasi yang ciamik!

  • Data Warehouse

Data warehouse atau gudang data adalah sebuah sistem yang bertugas mengarsipkan sekaligus melakukan analisis data historis, ini adalah sumber data yang dikerjakan oleh BI Analyst. Baca selengkapnya tentang Data Warehouse 

Tertarik untuk menjadi seorang BI Analyst? Join di Bootcamp BI Analysis Binar yuk! Kamu bakal dipandu untuk menguasai analisa data dengan pola pikir strategis.

Product Management

Kalo kamu tertarik sama digital marketing sekaligus programming, role ini bakalan cocok buat kamu! Karena seorang Product Manager (PM) harus menguasai user persona, customer journer, dan skill teknis lainnya seputar pemrograman untuk membuat produk. 

Beberapa kemampuan di bawah ini wajib kamu kuasai untuk menjadi PM yang handal:

  • Project Management

Manajemen waktu, resource planning, cross-functional team work; akan diatur oleh PM dalam proses pengembangan produk. Ada yang bilang “a good product manager comes from good project manager.” 

  • Communication Skill

Nah karena partner kerja PM sangat beragam, ditambah rutinitas sehari-hari PM adalah meeting, jadi harus punya skill komunikasi yang ciamik untuk menyampaikan pesan dan memimpin kerja tim.

  • Sense of Data

Seorang product manager yang mahir punya kepekaan dan analisis mendalam terhadap data untuk membuat suatu keputusan. Sense of data juga berguna untuk membantu PM tetap fokus pada user, dan memastikan bahwa PM membuat produk yang tepat.

Menarik bukan? Menjadi Product Manager adalah impian banyak orang karena bisa mengeksplor berbagai role secara general. Yuk mulai belajar untuk jadi PM di Bootcamp Product Management BINAR!

Mobile Development 

Pingin jadi software developer yang bisa ngembangin aplikasi mobile? Beberapa skill di bawah ini akan membantu kamu untuk mulai jadi Mobile Dev handal!

  • Android Fundamentals

Skill teknis paling dasar / fundamental dari Mobile Dev yang mesti dipelajari adalah bahasa pemrograman. Dari sekian banyak bahasa pemrograman, Mobile Dev umumnya menggunakan Kotlin dan Java.

  • Analysis Skills

Mobile developer yang baik mampu memahami kebutuhan user untuk membuat aplikasi yang akan mereka gunakan. Mobile developer akan lebih banyak menganalisis bagaimana cara user menggunakan smartphone.

  • Android UI / UI Design

Ini kemampuan yang akan jadi nilai plus untuk bisa ngembangin aplikasi mobile dengan desain user interface (UI) modern. Segi fungsional dan estetika dalam aplikasi, akan jadi pertimbangan besar. 

Semua ini akan kamu pelajari secara lengkap di Bootcamp Mobile Development (Android) BINAR! Ga perlu bisa ngoding dulu untuk ikut bootcamp ini, karena kamu akan diajarin dari nol.

Business Intelligence (BI) Engineering

Kalau BI Analyst bertugas untuk menganalisis data, BI Engineer yang bertugas untuk membuat dashboard dan database untuk mengumpulkan data BI secara efisien. Dashboard yang BI engineer buat adalah hasil dari rancangan dan implementasi sistem yang mereka kembangkan. Kalau kamu lebih ingin jadi BI Engineer, pelajari skill ini yuk!

  • ETL Development

ETL (Extract, Transform, Load) adalah proses pemuatan data bisnis ke dalam data warehouse. Skill ini akan jadi basic yang paling penting untuk jadi BI Engineer!

  • SQL

Kalau jadi BI Engineer akan banyak memakai SQL untuk mengolah dan menganalisis data. SQL (Standard Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses, mengubah, dan memanipulasi data yang berbasis relasional.

  • Problem Solver Mindset

Nah ini dia bekal soft skill yang harus melekat di karakteristik seorang BI Engineer, karena pada dasarnya tugas seorang BI Engineer adalah menyajikan data yang dapat diolah menjadi strategi perusahaan kedepannya.

Tertarik untuk jadi ahli data sebagai BI Engineer? Prospek kerja yang ga kalah banyak dibutuhkan dari BI Analyst ini, bisa kamu pelajari lewat Bootcamp Business Intelligence (BI) Engineer BINAR. Semua bekal di atas akan kamu dapatkan di sini!

Digital Marketing

Dari sekian banyak vertikal digital marketing yang bisa kamu deep dive lebih dalam, setidaknya kalau kamu tertarik untuk terjun menjadi Digital Marketing Specialist, beberapa skill di bawah ini wajib kamu kuasai:

  • Performance analysis

Mau kamu jadi Performance Marketing (Ads), SEO, Social Media, CRM; membaca dan menganalisa performa dari setiap channel adalah kemampuan yang wajib dimiliki seorang Digital Marketer untuk merencanakan startegi selanjutnya.

  • Audience, Product, Competitor

3 komponen ini wajib dibedah se-detail mungkin untuk dapat mempromosikan dan menjadi pembeda di antara kompetitor. Kamu akan banyak belajar tentang user persona, USP, dan lainnya.

  • Creativity

Seorang Digital Marketer yang handal punya kreativitas untuk menyampaikan pesan dan memecahkan masalah. 

Semua skill yang kamu butuhkan untuk menjadi Digital Marketer tersedia lengkap di Bootcamp Digital Marketing BINAR

Frontend Engineering

Bikin website punya tampilan visual yang menarik dan responsif  adalah tugas dari Frontend Engineer, beberapa area development Frontend Engineer seperti navigasi, tombol, dan visibility lainnya dengan skill programming menggunakan:

  • HTML & CSS

HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman website atau pondasi dari website. CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa pemrograman yang mendukung HTML untuk bekerja sebagai pengatur layout, warna, font, dan komponen visual lainnya.

  • JavaScript

JavaScript dalam frontend adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambah elemen interaktif seperti audio, animasi, video, dan grafis gerak lainnya.

  • React JS

React JS adalah library yang menyimpan kode-kode Javasript untuk membuat desain user interface (UI) pada website. React JS banyak digunakan sebagai framework untuk merancang frontend website.

Semua basic skill dan teknis-teknis lainnya akan kamu pelajari dari dasar di Bootcamp Frontend Engineering BINAR tanpa perlu bisa ngoding sebelum join, siapa pun bisa belajar jadi Frontend Engineer di BINAR!

Backend Engineering

Kalau frontend bertugas di area interface website, ada juga nih yang mengurus server-side development di seputar database, scripting, dan website architecture yaitu Backend Engineering. Beberapa bahasa pemrograman yang jadi digunakan Backend Engineer:

  • JavaScript

Selain digunakan untuk merancang UI, JavaScript pada Bacekend juga digunakan untuk mengontrol backend web, melindungi dari cybercrime, menghasilkan kode otentik / kata sandi.

  • API

API (Application Programming Interface) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan website ke berbagai webiste atau aplikasi lainnya  dan komunikasi dengan bahasa pemrograman berbeda. 

  • DBMS

Salah satu tugas utama Backend Engineer adalah mengelola database untuk menjaga kinerja server, menggunakan DBMS (Database Management System). DBMS adalah software untuk menyimpan, mengontrol, dan mengakses data secara praktis.

Jadi Backend Engineer tidak harus berlatar belakang dari studi komputer atau teknik informatika, kamu akan mendapat ketiga basic skill dan kemampuan teknis lainnya di Bootcamp Backend Engineering BINAR!

Quality Assurance

Setelah tim product dan developer selesai mengembangkan product, wajib ada “pawang” yang menjadi penentu kelayakan dan kualitas product sesuai dengan requirement di awal. Peran ini menjadi tanggung jawab bagi seorang Quality Assurance, dengan beberapa skill di bawah ini:

  • Punya rasa ingin tahu dan skeptisme

Peran utama seorang Quality Assurance (QA) adalah testing dan reporting. Dalam proses pengujian, seorang QA yang handal bisa mempertanyakan berbagai “what if” atau skenario terburuk untuk menemukan kecacatan produk yang bisa dicegah. Hal ini juga membuat QA harus memperhatikan setiap detail dan memeriksa setiap proses.

  • Testing Management

Untuk menguji sebuah software QA wajib memahami testing principle dan testing methodologies. STLC, SDLC, dan TDD akan menjadi skill dan pengetahuan yang wajib di luar kepala. 

Baca selengkapnya tentang SDLC dan Tahapan Kerja QA Menurut SDLC

  • Testing Tools

Beberapa testing tools yang sering digunakan oleh Quality Assurance seperti Katalon Studio, Selenium, dan Apium wajib dikuasai untuk memudahkan proses pengujian.

Semua tools dan skill Quality Assurance yang kamu butuhkan akan dipelajari selengkapnya di Bootcamp Quality Assurance BINAR

Data Science

Profesi yang mulai banyak dibutuhkan tapi masih sedikit ketersediaan praktisi yang punya kemampuan untuk mendesain model algoritma data untuk dianalisis lebih lanjut. Beberapa kompetensi di bawah ini adalah basic skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Data Scientist:

  • Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari data, dalam Data Science Statistika digunakan untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mengambil kesimpulan dari data. 

  • Python

Python adalah bahasa pemrograman yang dalam Data Science digunakan untuk data collection & data cleaning, data visualization, data exploration, data modeling, dan deployment. Kabar baiknya Python adalah bahasa pemrograman yang relativ mudah untuk dipelajari lho!

  • Machine Learning & Deep Learning

Machine learning adalah algoritma komputer yang mempelajari pola dan insight serta meningkatkan akurasi dari suatu data, untuk membuat prediksi data yang belum terlihat. Sedangkan deep learning adalah cabang ilmu dari machine learning yang membantu proses pengumpulan, penafsiran, dan analisis data dalam jumlah besar, jauh lebih cepat.

Semua kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Data Science akan kamu pelajari selengkapnya di Bootcamp Data Science BINAR! Bahkan kamu juga akan belajar untuk mengimplementasikan deep learning hingga proses deployment.

DevOps

DevOps adalah peran yang menjembatani antara apa yang dikerjakan oleh Software Development dengan IT Operations. DevOps akan banyak berkolabroasi dengan tim developer dan tim operations untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis. Beberapa skill yang menjadi basic dari seorang DevOps adalah:

Baca Juga DevOps: Pengertian, Pekerjaan Utamanya, Sejarah & Contoh Case

  • Collaboration

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pekerjaan DevOps tidak hanya berfokus pada mengembangkan produk / software, melainkan menjadi pengubung antar berbagai stakeholder. Nah kemampuan kolaborasi dan kerja sama yang mahir menjadi kunci utama seorang DevOps!

  • Linux

Linux adalah sistem operasi yang menjadi pengetahuan dasar bagi DevOps, karena sebagian besar automation tools DevOps memiliki arsitektur berbasis Linux. Apapun bahasa pemrograman yang kamu gunakan, pengetahuan tentang Linux Scripting dan Linux sangat penting.

  • CI/CD

Continuous Integration & Continuous Delivery (CI/CD) adalah inti dari DevOps. Ini adalah proses untuk terus mengintegrasikan semua kode dari pengembang yang berbeda, mengujinya, dan deploying kode yang berhasil ke produksi.

Tertarik untuk memulai karier menjadi DevOps? Kamu akan mendapatkan ketiag basic skill di atas dan skill teknis lain selengkapnya di Bootcamp DevOps BINAR! Persiapkan dirimu untuk menjadi DevOps yang makin banyak dibutuhkan di era mendatang.

Belajar Materi Bootcamp Gratis di Aplikasi BINAR!

Semua skill di atas bisa kamu pelajari secara GRATIS di Silver Course Material dalam aplikasi BINAR! Yuk Download aplikasi BINAR dan akses materi bootcamp apapun yang kamu mau secara gratis.

Ini lho keuntungan yang akan kamu dapatkan di BINAR Bootcamp dan belum tentu ada di Bootcamp lain:

  • Kelas yang ekslusif dengan maksimal 25 students per kelas, bikin kamu lebih nyaman buat tanya jawab ke fasilitator dan bantu kamu lebih fokus.
  • Bekal portofolio dengan real case & real project selama belajar di BINAR Bootcamp, bareng fasilitator dan tim Job Connect ketika ingin disalurkan kerja.
  • Anti stress selama belajar dengan program Psychological Check-Up, kamu bisa konsultasi ke psikolog jika terkendala selama proses belajar.
  • Career support & coaching serta alumni networking night, yang bantu kamu cari kerja mulai dari bikin CV, Portofolio, dan disalurkan ke 150+ hiring partner BINAR.
  • Berkolaborasi dengan student & fasil course lain untuk tugas akhir, agar mengasah soft skill dalam kolaborasi dan komunikasi di dunia kerja.
  • Semua materi dan ujian selama bootcamp langsung didapatkan di hari pertama, metode Flipped Learning ini akan membiasakan kamu untuk aktif belajar mandiri dan berdiskusi dengan fasil ketika sesi pertemuan.

Masih Bingung Mau Pilih Bootcamp Mana yang Cocok Denganmu?

Tenang! Kamu bisa coba gali peluang yang cocok dengan kepribadianmu di Potensi Quiz!

Cuma butuh 3 menit, tinggal klik-klik, langsung dapet hasilnya. Bonus voucher Binar Insight yang bisa kamu dapatkan di akhir quiz!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya