General

Work Life Balance: Definisi, Manfaat dan Cara Menerapkannya

Binar Academy
Work Life Balance: Definisi, Manfaat dan Cara Menerapkannya
Isi Halaman :

Binar Academy - Work life balance merupakan istilah yang sering digunakan oleh generasi milenial. Adanya keseimbangan antara urusan pribadi dengan pekerjaan maka akan meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan.

Kamu perlu mengetahui cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, perlu mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh besar terhadap keseimbangan tersebut. 

Tanpa adanya keseimbangan seperti ini maka akan membuat kamu tidak merasa puas dengan hasil kerja maupun kepuasan hidup. Tubuh harus selalu sehat agar dapat menjalankan tugas maupun tanggung jawab.

Apabila tubuh kamu mudah sakit maka akan sulit untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, agar kehidupan sehari-hari kamu lebih bahagia maka perlu didukung dengan menerapkan pola hidup sehat.

Apa itu Work Life Balance dan Manfaatnya 

apa itu work life balance dan manfaatnya
Sumber: Kivo Daily

Pengertian sederhananya adalah menggambarkan kondisi orang yang mampu mengatur waktu untuk bekerja serta memenuhi kebutuhan pribadi. Dengan demikian, akan muncul kesimbangan antara bekerja, rekreasi dan berkumpul dengan keluarga. 

Orang yang berhasil menerapkan pola hidup seperti itu biasanya memiliki produktivitas kerja tinggi. Kehidupannya juga lebih bahagia karena kondisi di luar kantor sangat mendukung untuk tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. 

Namun, jika tidak ada keseimbangan di antara keduanya maka akan menurunkan produktivitas seseorang. Hal ini terjadi karena adanya tuntutan pekerjaan yang tinggi.

Banyak manfaat yang akan dirasakan jika kamu memiliki work life balance. Waktu 24 jam yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan baik. Misalnya menyisihkan minimal 8 jam untuk tidur. 

Sisanya digunakan untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Apabila kamu memiliki pola kehidupan yang seimbang antara istirahat maupun beraktivitas maka kehidupan menjadi lebih produktif. 

Hindari kerja lembur karena akan mempengaruhi konsentrasi. Beberapa minuman berenergi, kopi dan sejenisnya memang bisa membantu, namun dalam jangka panjang justru bisa merusak tubuh. 

Kamu juga akan merasa bahagia karena berhasil mencapai target kerja. Work life balance akan menciptakan kepuasan batin tersendiri. Hal ini berdampak positif terhadap kesehatan tubuh karena memberi efek menyembuhkan. 

Selain itu, bisa meningkatkan hubungan baik dengan orang lain. Kesuksesan yang berhasil diraih juga terwujud berkat dukungan dari orang terdekat. Kesuksesan tidak akan berarti jika jarang memiliki waktu bersama keluarga. 

Bahkan, tidak adanya keseimbangan tersebut juga menjadi salah satu penyebab retaknya hubungan dengan pasangan. Oleh karena itu, perlu ada keseimbangan agar bisa lebih kreatif dalam melakukan inovasi untuk mendukung kesuksesan.

Baca Juga: Self Paced Learning, Kelebihan dan Kekurangannya di Era Digital

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Work Life Balance

faktor-faktor yang mempengaruhi work life balance
Sumber: Wallpaper Access

Faktor-faktor berikut sangat berpengaruh terhadap keseimbangan kehidupan dan kerja. Beberapa di antaranya adalah faktor individu, lingkungan, organisasi dan lain-lain. Contoh dari faktor individu antara lain kepribadian, kecerdasan emosional dan kesejahteraan.

Kepribadian seseorang akan mempengaruhi kehidupan. Hal ini karena setiap orang memiliki karakteristik dan pengalaman hidup yang berbeda-beda. Lalu, untuk faktor organisasi dipengaruhi oleh banyak hal.

Misalnya adalah pengaturan kerja, dukungan dari seluruh anggota organisasi, teknologi dan stres kerja. Apabila ada pengaturan yang baik akan mempermudah pegawai dalam membagi waktu untuk bekerja dan melakukan aktivitas lain.

Kamu juga membutuhkan dukungan baik formal maupun informal. Bentuk dukungan formal misalnya adanya tunjangan kerja. Sedangkan, dukungan informal bisa berasal dari atasan, otonomi kerja dan lain-lain. 

Work life balance juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Kehadiran teknologi mempercepat kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, faktor lingkungan juga turut mempengaruhi baik di dalam atau luar rumah.

Misalnya adalah dukungan dari keluarga, pasangan, teman sebaya dan tetangga. Dengan adanya dukungan tersebut akan meminimalisir terjadinya konflik yang akan mempengaruhi keseimbangan dalam hidup. 

Selain kepribadian dan keluarga, menurut Schabracq ada karakteristik pekerjaan dan sikap. Beban dan jam kerja juga menjadi penyebab munculnya konflik dalam kehidupan maupun di kantor. 

Sikap kamu dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi juga mempengaruhi keseimbangan hidup. Sedangkan menurut Ahmad, keseimbangan dipengaruhi jadwal kegiatan, waktu kerja dan kondisi kelelahan.

Berbeda dengan Utami dan Yuniarti yang menyebutkan bahwa faktor yang berpengaruh adalah nilai kenyamanan, religious dan achievement. Kenyamanan akan mempengaruhi kualitas kerja. 

Cara Menerapkan Work Life Balance

cara menerapkan work life balance
Sumber: Unsplash

Apabila kamu menghendaki ada keseimbangan dalam bekerja dan kehidupan pribadi maka harus pandai mengatur waktu. Misalnya harus bekerja dengan cepat agar bisa selesai tepat waktu dan pulang sesuai jadwal. 

Pekerjaan dapat selesai sesuai target sehingga tidak perlu meluangkan waktu untuk lembur. Selain itu, harus memiliki prioritas dalam hidup. Buatlah jadwal harian dan harus disiplin dalam menjalankannya. 

Pada jam istirahat tidak boleh digunakan untuk bekerja, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, mudah bagi kamu mencapai keseimbangan hidup. Jangan lupa menyediakan waktu untuk rutin berolahraga. 

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Demi menunjang kesehatan tubuh, kamu perlu mengkonsumsi minuman maupun makanan bergizi. Semua itu dibutuhkan sebagai sumber energi untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga tercipta work life balance.

Makanan bergizi juga baik untuk kesehatan sehingga bisa lebih giat bekerja. Lalu, aturlah ruangan agar selalu nyaman digunakan saat bekerja. Dengan demikian, bisa meningkatkan semangat kerja.

Kamu juga harus berani menolak jika diberi tugas yang tidak berhubungan dengan job description. Selain itu, jangan sungkan mengatakan tidak saat ada yang mengajak mengurus pekerjaan di luar jam kantor. 

Kamu sebaiknya menyampaikan alasan dengan sopan agar tidak menimbulkan salah paham. Pada kehidupan sehari-hari, kamu bisa menolak dengan baik saat ada undangan mendadak namun sudah ada janji dengan keluarga.

Manfaat memiliki kehidupan yang seimbang itu sangat banyak. Penting bagi kamu mengetahui apa saja faktor yang berpengaruh terhadap work life balance dan bagaimana cara menerapkan dalam kehidupan. 

Baca Juga: Pengertian Focus Group Discussion dan 6 Tahapannya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya