Web Development

Perbedaan Programmer dan Developer Menurut Praktisi

Binar Academy
Perbedaan Programmer dan Developer Menurut Praktisi
Isi Halaman :

Binarian yang pingin belajar ngoding, sering kali masih bingung ya perbedaan antara programmer dan developer? Umumnya sebagai orang awam, kita sering mengasumsikan bahwa kedua pekerjaan ini adalah pekerjaan dan peran yang sama, karena sama-sama berhubungan dengan coding. Atau ada juga lowongan kerja yang mencari posisi developer, tapi ternyata scope pekerjaannya lebih condong ke programmer.

Padahal fakta di lapangan, programmer dan developer adalah pekerjaan dan peran yang berbeda mulai dari segi cakupan kerjanya, tanggung jawab / tugasnya, dan keahliannya. Nah, artikel ini akan membantu kamu untuk membedakan tugas programmer dan developer, berdasarkan wawancara singkat dengan Fahmi N. Rouf sebagai Senior Frontend Engineer di BINAR.

Yuk baca sampai akhir agar kamu mengetahui apa saja perbedaan mendasar antara programmer dan developer! Ada tips tempat belajar web development gratis di akhir artikel!

Apa itu Programmer dan Tugas Utamanya

Programmer, sesuai namanya, tugas utama mereka adalah membuat program menggunakan code, mulai dari membuat suatu fungsi dalam aplikasi, troubleshooting, testing, menggunakan bahasa pemrograman tertentu agar suatu aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Umumnya programmer cenderung lebih kearah “teknikal” sampai level terkecil dari pembangunan suatu aplikasi, dibandingkan developer yang tugasnya lebih bersifat “manajerial”. Programmer lebih dituntut mempunyai pemikiran yang inovatif untuk menyelesaikan suatu masalah dan mencapai output yang sesuai.

Apa itu Developer dan Tugas Utamanya

Developer seperti arti namanya (develop = membangun) memiliki tugas utama untuk membangun dan memastikan “pembangunan” sistem itu berjalan lancar sampai ke tangan user atau pengguna. 

Cakupan tugas dari seorang Developer tidak hanya berkutat pada software dan code, tapi juga termasuk planning, mengelola tim, mengelola project, mengelola product, sampai ke level dokumentasi, arsitektur, database dan delivery ke client.

Perbedaan Mendasar Programmer dan Developer

Dari penjelasan definisi programmer dan developer tadi, kita bisa menarik kesimpulan perbedaan mendasar antara programmer dan developer terletak pada output dan cakupan kerjanya. 

Bisa dikatakan, developer yang merancang sistem dan merancang milestone / langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai product, sedangkan programmer yang menginterpretasikan rencana tersebut dengan menulis code untuk membuat program di setiap milestone.

Keduanya sama-sama berkutat pada code dan software, namun output dan pekerjaan yang dilakukan punya spesifikasinya masing-masing.

Cara Menjadi Programmer dan Skill yang Harus Dikuasai

Untuk menjadi programmer yang handal kamu perlu menguasai beberapa skill di bawah ini:

  • Menulis code dengan jelas dan logis
  • Mampu membaca dan mereview code orang lain, agar memperkaya bahasa pemrograman yang digunakan
  • Debugging skill, untuk mereview dan menelusuri ulang code yang sudah disusun agar menemukan akar permasalahan jika code tidak berjalan lancar
  • Programmer lebih sering menggunakan tools seperti libraries atau framework untuk menulis code dan melakukan testing berulang kali, jadi kuasailah berbagai bahasa pemrograman yang memiliki ragam libaries dan framework yang dapat membantumu
  • Analytical skill untuk berpikir secara runtut
  • Communication skill untuk mempresentasikan dan mengkomunikasikan hasil kerja 

Cara Menjadi Developer Beserta Skill yang Harus Dikuasai

Menjadi seorang developer tetap membutuhkan skill coding, tetapi juga beberapa skill di bawah ini untuk merancang produk:

  • Skill programming, membaca dan menulis code dengan mahir. Setiap developer yang sukses dulunya adalah seorang programmer yang handal yang terus berlatih coding sampai mahir.
  • Dibutuhkan empati untuk dapat menganalisis user feedback dan mengolahnya menjadi saran potensi perbaikan coding pada programmer
  • Project management skill beserta skala prioritas, untuk dapat menentukan mana project yang harus diprioritaskan dari banyaknya request maupun issue yang ada
  • Komunikasi interpersonal untuk memecahkan masalah dan menyampaikan instruksi dengan jelas pada programmer
  • Kolaborasi dan negosiasi, karena developer akan banyak bekerja dengan stakehodler cross divisi seperti tim Marketing, tim UI/UX atau Product Designer, dan lain sebagainya.

Ingin jadi Developer Maupun Programmer? Coba Materi Bootcamp Web Development Gratis di Aplikasi BINAR!

Setelah mengetahui perbedaan antara developer dan programmer, ini saatnya kamu mulai mempelajarinya lewat Silver Course Material yang bisa kamu akses secara gratis di aplikasi BINAR. Download aplikasi BINAR sekarang!

Pelajari semua Bootcamp yang berkaitan dengan profesi Programmer dan Developer, mulai dari Full Stack Web Development, Mobile Android Engineering, Backend Engineering, Front End Enginering, DevOps Engineering. Semuanya bisa kamu pelajari secara gratis di aplikasi BINAR. 

Jika kamu ingin menanyakan informasi detail lainnya seputar Bootcamp BINAR di course apapun, kamu bisa menghubungi tim akademik Binar dengan mengisi form ini

Masih ragu-ragu mau jadi Programmer atau Developer?

Kamu bisa meyakinkan diri dengan Potensi Quiz untuk temukan rekomendasi bootcamp yang cocok sesuai kepribadianmu di sini. Gratis, cuma butuh 3 menit, klik-klik, dan beres!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya