Web Development

Apa itu Programmer? Inilah Hal-Hal yang Wajib Di Ketahui! 

Binar Academy
Apa itu Programmer? Inilah Hal-Hal yang Wajib Di Ketahui! 
Isi Halaman :

Binar Academy – Kemajuan di era digital saat ini telah melahirkan banyak startup yang bergerak di bidang teknologi. Hal ini juga sejalan dengan tingginya kebutuhan seorang pengembang atau programmer bagi suatu perusahaan teknologi. Kamu tentu sudah tidak asing mendengar istilah programmer, bukan? 

Programmer merupakan salah satu jenis pekerjaan yang cukup bergengsi bagi anak muda jaman sekarang, dengan “Gaji Besar” yang kerap kali menjadi stereotype yang dilekatkan kepada seorang programmer. Tak heran jika banyak anak muda jaman sekarang ini berprofesi menjadi seorang programmer. 

Apa Itu Programmer?

Untuk memahami dunia programmer secara mendalam, yuk simak pengertian dan tugas sebagai programmer. 

Programmer merupakan pekerjaan atau profesi yang memiliki tanggung jawab untuk merancang sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Namun, orang yang memiliki keahlian menulis kode program atau syntax menjadi sebuah program juga dapat disebut sebagai programmer.

Adapun beberapa jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan antara lain Java, Python, PHP, Javascript, dan masih banyak lagi. Sebagai seorang programmer maka kamu perlu mengetahui apa saja software atau sistem yang biasa digunakan, seperti sistem operasi, aplikasi, dan website, tentunya semua itu dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman. 

Baca juga: Cara Menjadi Programmer Andal dan Terpercaya

Tugas Programmer

Dari pengertian di atas, kamu tentunya sudah sedikit memahami definisi dan sekilas tentang tugas yang harus dilakukan seorang programmer. Nah, berikut adalah beberapa tugas lain yang menjadi kewajiban programmer.

  • Melakukan analisis kebutuhan
  • Memodelkan atau merancang sistem seperti flowchart, ERD, UML, dan sebagainya
  • Menuliskan kode program atau coding menggunakan bahasa seperti, Javascript, CSS, dan lain-lain.
  • Mendeteksi bug atau debugging program
  • Melakukan pengujian atau testing program

Jenis-Jenis Programmer

Profesi programmer dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis program yang dihasilkan. Jika kamu berencana menjadi seorang programmer, maka sebaiknya pahami terlebih dahulu  jenis-jenis programmer sebagai berikut. 

1. Web Programmer

 

apa itu programmer. seorang web progammer yang lagi membangun website
Source: Unsplash

Web programmer merupakan jenis programmer yang paling populer dan paling sering dibutuhkan oleh startup dan perusahaan lain. Pasalnya, hampir semua perusahaan memiliki situs web yang harus dikelola.

Untuk megembangkannya, maka, diperlukan orang yang ahli dan tidak sembarangan. Seorang web programmer memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan website. Contohnya merancang web service, social media, online store, dan sebagainya.

Web programmer juga wajib memiliki kemampuan untuk mengelola database. Sebab, database dan website merupakan dua hal yang sangat berkaitan. 

Baca juga: Pengertian Front End dan Back End

2. Programmer Aplikasi

Programmer aplikasi bertugas untuk membuat aplikasi di smartphone dan komputer. Contoh lainnya ialah keberadaan browser atau tools lainnya yang ada di laptop atau PC kamu merupakan hasil pengembangan sistem yang dilakukan oleh seorang programmer aplikasi. 

Aplikasi yang terbentuk di smartphone dapat berupa game, media sosial, dan sebagainya. Pada dasarnya semua aplikasi yang dapat di unduh dari Appstore dan Playstore dirancang oleh programmer aplikasi.

Melihat prospeknya, programmer aplikasi terbilang cukup menjanjikan dikarenakan semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone. Alasan inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba mempelajari bahasa kode agar dapat menjadi programmer aplikasi.

3. Embedded System Programmer

Jenis programmer yang ketiga ini memang belum terlalu dikenal seperti dua jenis programmer sebelumnya. Namun, bukan berarti programmer jenis ini tidak memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi. Seorang embedded system programmer bertugas untuk menulis kode yang berguna untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

Contoh penerapannya adalah pada mesin cuci, remote control, kamera digital, televisi, serta telepon seluler.

Skill Wajib yang Dimiliki Oleh Seorang Programmer

Menjadi seorang programmer bukan suatu hal yang mudah. Sebelum menjadi programmer kamu wajib menguasai beberapa keahlian di bawah ini.

contoh code yang dibikin programmer
Source: Unsplash

1. Menguasai Algoritma

Dalam merancang sebuah aplikasi, seorang programmer wajib menentukan metode yang tepat untuk memproses sistem. Hal ini bisa ditentukan dengan algoritma. Algoritma sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah.

Algoritma menjadi kunci utama yang wajib dimiliki seorang programmer. Di samping itu, kamu juga wajib memahami fungsi, perulangan atau looping, serta berbagai jenis tipe data.

2. Kemampuan Membaca Kode

Sebelum menjadi programmer dan mulai merancang program, kamu wajib memiliki kemampuan membaca kode terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu mengerti pola-pola pemikiran dan penulisan suatu program.

Untuk mengasah kemampuan membaca kode, kamu bisa mencari source code dari berbagai program melalui GitHub atau Sourceforge.

3. Menguasai Bahasa Pemrograman

Sebagai seorang programmer, kamu wajib menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman. Jika dapat menguasai lebih dari satu bahasa tentu akan lebih baik. Sebelum mempelajari banyak bahasa, setidaknya kamu harus memiliki fundamental yang kuat di satu bahasa terlebih dahulu.

4. Menguasai Object Oriented Programming (OOP)

Dengan menguasai OOP, kamu dapat membuat kode program yang lebih mudah dibaca dan terstruktur. Hal ini sangat penting, terutama ketika kamu akan membuat script yang panjang atau program yang rumit.

Meski OOP ini sangat penting, faktanya, tidak semua bahasa pemrograman dapat ditulis dengan OOP. Beberapa bahasa pemrograman tidak memerlukan OOP karena bersifat fungsional.

Selain menguasai beberapa skill di atas, seorang programmer juga wajib memiliki kemampuan bahasa Inggris, jaringan komputer, layouting aplikasi, beserta source management.

Setelah kamu mengetahui apa itu programmer, apakah kamu berminat untuk terjun di bidang ini? Jika ya, kamu sebaiknya mengambil jurusan kuliah seperti Informatika atau mengambil kursus pemrograman secara online. 

Baca juga: Cara Belajar Pemrograman yang Efektif untuk Pemula

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya