Cara Menjadi Programmer Andal dan Terpercaya

Web Development

Binar Academy — Pertama kamu tertarik belajar coding karena passion atau bermimpi untuk menjadi salah satu founder start-up yang menjadi the next unicorn di Indonesia (it sounds cool, right?).

Lalu, di tengah jalan kamu mulai sadar bahwa kamu mulai menemui beberapa hambatan; mulai dari tidak adanya waktu untuk latihan bikin coding hingga niat yang kadangkala berada di ujung titik nadir.

Sayangnya, cara menjadi programmer andal tidak bisa instan. Butuh usaha dan waktu yang dibalut dengan determinasi yang kuat. Nah, ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan coding-mu secara cepat dan komprehensif nih, Binarian.

“When you don’t create things, you become defined by your tastes rather than ability. your tastes only narrow & exclude people. so create” — Why The Lucky Stiff

Cara Menjadi Programmer Andal yang Terpercaya

1. Tiru aplikasi yang sudah ada

Mendengarkan tutorial selama ratusan jam tanpa praktek tidak akan menjadikanmu programmer handal. Pernah dengar kalimat “practice is the best way to learn”?

Belum punya ide? Be a copycat.

Buat ulang aplikasi yang telah ada seperti Notepad atau Time Counter. Kalau kamu suka buat game, buatlah Minesweeper atau Flappy Bird. Trus gimana kalau bingung di tengah jalan? Tenang, ada banyak bantuan dari situs seperti Stackoverflow. Kebingungan yang pernah dilalui orang lain di waktu dulu, bisa jadi berkah buat kebingunganmu sekarang.

Kalau di Binar Bootcamp, latihannya dengan bikin aplikasi Janken (gunting-batu-kertas). Eittss, tapi aplikasi tiruannya jangan dibuat komersil yaa~

2. Mulai dari hal kecil

Banyak yang pengin jadi the next Mark Zuckerberg atau Bill Gates. Namun, sebelum ke sana kamu akan melalui berbagai macam rintangan. Salah satunya adalah memulai dari hal kecil seperti membuat 3 baris kode setiap hari atau sesederhana membuat jadwal khusus untuk belajar coding. Dengan begitu, kamu akan melatih kedisiplinan dirimu.

Selanjutnya, perlahan tingkatkan intensitasmu untuk membuat kode di dalam setiap harinya. Misalnya: setiap hari menulis 3 baris kode Phyton di program machine learning yang sedang kamu buat.

Dreams get you started …. discipline keeps you going.

3. Break someone else’s code

Punya masalah di program yang sedang kamu kerjakan? Menyalin kode yang dibuat programmer lain di GitHub itu gampang, tapi kamu nggak akan belajar hal baru. Coba bedah kode yang kamu salin dan tulis ulang dengan logika yang berbeda (jangan malas yaaa). Lalu, kamu juga dapat mencari logika alternatif kode dari programmer lain. Dengan begitu, kamu bisa memahami lebih baik kode dalam berbagai bentuk dan wujud.

4. Carilah guru

Gak perlu jauh-jauh ke Gunung Myoboku untuk mencari guru legendaris. Ia bisa saja senior progammer yang kamu kenal atau bahkan mentor dari programming bootcamp yang kamu ikuti. Dengan adanya mentor kamu akan mendapatkan pembimbing yang akan senantiasa memberikanmu panduan tentang apa yang seharusnya kamu lakukan (atau bahkan sesederhana mengingatkanmu untuk membuat kode setiap hari).

Kalau di Bootcamp, kamu akan dapat mentor yang senantiasa dapat membantumu menjadi programmer yang lebih baik. Dorongan internal yang dipadukan dengan dorongan eksternal akan menjadi senjata yang ampuh untuk membuatmu lebih handal. Ingat, skill untuk membuat kode yang baik tidak akan didapatkan dari rebahan yaa~

“Kenapa hanya 4 tips bukan 12 atau bahkan 20? bukankah semakin banyak tips akan semakin baik?”

Benar, Binar Academy sadar ada seribu jalan menuju Roma, begitupun cara menjadi programmer yang dapat dipraktikkan. Namun, semakin banyak tips yang dihadirkan akan semakin banyak pula programmer muda (ya, itu kamu) yang akan membacanya sampai akhir dan malah tidak menerapkannya sama sekali. Lebih baik 4 tapi diterapkan daripada 20 dan hanya dibaca bukan?

Oleh karena itu, di artikel kali ini hanya akan menghadirkan 4 cara menjadi programmer yang bila kamu terapkan dengan baik akan mengubahmu menjadi programmer yang lebih baik.

Tapi, kamu tetap bisa menemukan insights lainnya seputar dunia pemrograman melalui Blog Binar Academy ya! Atau, kamu juga bisa coba belajar langsung soal programming melalui silabus bootcamp Full Stack Development yang dapat kamu akses secara gratis di aplikasi Binar Academy. Intip materinya yuk!

download-aplikasi-binar-academy

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.