Web Development

8 Cara Belajar Pemrograman yang Efektif untuk Pemula

Binar Academy
8 Cara Belajar Pemrograman yang Efektif untuk Pemula
Isi Halaman :

Binar Academy — Belajar pemrograman atau programming di masa sekarang itu sangatlah mudah lho, Binarian! Dengan hadirnya internet dan teknologi yang sudah serba canggih, mendapatkan informasi sudah semudah membalikkan telapak tangan.

Kamu dapat belajar apapun, termasuk belajar pemrograman, kapan pun dan di mana pun kamu berada.

Binar Academy juga menjadi salah satu yang bisa membantu mempermudah proses belajar pemrograman mu lho, Binarian! Melalui info lengkap seputar pemrograman di bawah ini, yuk kita belajar bareng-bareng!

Pengertian Pemrograman (Programming)

Sebelum mengetahui cara belajar pemrograman, ketahui terlebih dahulu apa arti kata pemrograman.

Pemrograman adalah penggunaan satu atau lebih algoritma untuk menjadi bahasa pemrograman yang saling berkaitan, di mana pada akhirnya dapat menghasilkan suatu program di komputer.

Tips dan Cara Belajar Pemrograman untuk Pemula

Setelah tau pengertian dasar dari apa itu pemrograman, sekarang saatnya kita bahas tips & trik serta cara belajar pemrograman dari dasar, untuk kamu yang baru memulai. Tak perlu khawatir, gampang kok~

1. Pilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dan kuasai

Source: TowardsDataScience

Langkah pertama untuk belajar pemrograman secara otodidak adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari. Menentukan bahasa pemrograman penting kamu lakukan untuk menentukan fokus dalam belajar bahasa pemrograman. Mempelajari bahasa pemrograman secara acak hanya akan menghambat proses belajar bahasa pemrograman.

Tips dalam memilih bahasa pemrograman adalah didasarkan atas kemampuan yang ada pada diri kamu. Penting untuk mengetahui kemampuan dalam diri agar kamu dapat belajar bahasa pemrograman dengan mudah.

Jika kamu masih pemula dalam bidang ini, kamu dapat mempelajari HTML terlebih dahulu. Selanjutnya ketika kamu sudah pro mengenai HTML kamu bisa lanjut ke pembahasan selanjutnya. Intinya sebagai pemula kamu bisa belajar bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari terlebih dahulu.

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah belajar pemrograman tidak cukup dengan menguasai satu bahasa pemrograman saja. Kamu perlu meningkatkan pula hal-hal di bawah ini:

  • Meningkatkan cara mempelajari bahasa pemrograman dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi
  • Buat notulensi kecil untuk mencatat poin penting dalam bahasa pemrograman yang sedang kamu pelajari
  • Membaca ulang catatan sesering mungkin agar tidak mudah lupa

2. Gunakan bantuan modul atau bahan bacaan pemrograman dengan tutorial lengkap

Tahapan belajar dengan bootcamp Mobile Engineering dengan BinarAcademy
Source: Binar Academy

Langkah kedua dalam cara belajar bahasa pemrograman adalah penggunaan modul atau buku sebagai alat pendukung dalam belajar. Modul dan buku dapat menjadi alat yang tepat untuk mempercepat proses belajar pemrograman.

Kamu perlu memilih modul dan buku yang tepat dengan tutorial cara belajar pemrograman yang lengkap. Jika kamu menggunakan lebih dari satu modul atau buku bacaan, pastikan untuk menata atau menyusun bahan bacaan tersebut secara runtut agar kamu tidak kesulitan dalam belajar.

Menggunakan bahan bacaan yang terpisah dan tercecer hanya akan membuat proses belajar pemrograman yang kamu lakukan semakin lama. Oleh karena itu pastikan kamu selalu melakukan inventarisasi bahan bacaan yang kamu gunakan selama belajar pemrograman.

Psst.. kamu bisa menemukan modul belajar pemrograman juga lho dari bootcamp Full Stack Web Development milik Binar Academy!

3. Buat dan susun jadwal belajar pemrograman

Cara membuat susunan jadwal belajar yang efektif untuk belajar bahasa pemrograman untuk pemula
Source: Canva

Langkah ketiga dalam cara belajar pemrograman yaitu membuat jadwal belajar pemrograman. Kamu dapat membuat jadwal belajar harian ataupun mingguan. Membuat jadwal belajar debat mempercepat kamu dalam memahami pemrograman.

Kamu perlu memaksakan diri untuk menaati jadwal belajar pemrograman yang kamu buat. Jangan terbiasa untuk absen untuk tidak belajar meski hanya satu kali saja. Hal tersebut karena jika terus dibiarkan akan semakin meningkatkan rasa malas kamu dalam belajar.

Berbeda apabila belajar dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tepat jadwal, maka kegiatan belajar lama-lama akan menjadi kebiasaan.

Dalam menyusun jadwal belajar pemrograman kamu bisa meluangkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dalam satu hari untuk belajar pemrograman. Tidak perlu melakukan rutinitas belajar pemrograman setiap hari apabila memang waktu itu yang kamu punya tidak sebanyak itu.

Kamu bisa membuat jadwal belajar yang tidak mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Untuk mengingatkan jadwal belajar pemrograman kamu bisa memasang note (catatan) di kalender ponsel kamu atau membuat kalender harian di buku yang kamu punya.

4. Lakukan praktek sebanyak-banyaknya

Seorang developer lagi berlatihan dengan soalan pemrograman
Source: CodinGame

Langkah keempat adalah melakukan praktek sebanyak mungkin. Praktek adalah salah satu kunci keberhasilan kamu dalam belajar pemrograman.

Jangan bosan untuk mengulangi praktek hingga berkali-kali. Semakin kamu hafal apa yang kamu kerjakan saat praktek, maka hal tersebut akan baik untuk pemahaman kamu. Apabila terjadi kebingungan saat praktek, kamu bisa menonton video tutorial di di YouTube.

Saat melakukan praktek kamu dapat mencoba membuat dan membaca bahasa pemrograman. Contoh konkrit praktek untuk mengetahui kemampuan kamu yaitu dengan membuat kode pemrograman dan membaca kode pemrograman yang dibuat orang lain.

5. Hindari melakukan copy paste

Tombol copy dan paste di keyboard
Source: PriceBook

Dalam beberapa kondisi, copy-paste memang perlu dilakukan. Namun ketika kamu belajar programming kamu tidak boleh sepenuhnya mengikuti apa yang dijelaskan dalam tutorial di bahan bacaan atau modul.

Jika sekali atau dua kali mengikuti modul hal tersebut masih bisa dikatakan wajar. Tapi jika kamu sering meniru dan bahkan berkali-kali mengikuti segala sesuatu yang terdapat pada modul maka hal tersebut hanya akan merugikan kamu saja.

Kamu perlu yakin dengan kemampuan yang kamu punya dengan mencoba mengembangkan sendiri tutorial yang terdapat pada modul. Selalu kembangkan ide yang kamu punya dan begitu kemampuan mengingat dan kreativitas pada diri kamu dapat meningkat secara konsisten.

Cara belajar pemrograman dengan meniru tutorial secara penuh hanya akan membuat kamu kebingungan apabila dihadapkan dengan model pemrograman yang berbeda. Selain itu kebiasaan meniru torial dengan penuh dapat membatasi kreativitas dan ide yang kamu punya.

6. Lakukan perbaikan secara mandiri

seorang developer lagi memperbaiki codenya
Source: Freepik

Langkah belajar pemrograman yang berikutnya yaitu berani melakukan perbaikan sendiri saat terjadi masalah seperti debug dan lain-lain. Lakukan perbaikan dari kesalahan saat melakukan praktek penting kamu lakukan agar kamu dapat melakukan perbaikan. Cara mudah mengatasi permasalahan yang mendasar yaitu meneliti kembali cara kamu dalam membuat program.

Meskipun penting mengatasi kesalahan yang dilakukan secara mandiri namun, saat kamu benar-benar tidak mengerti di mana letak kesalahan, kamu boleh menanyakannya kepada orang lain. Minimal kamu telah menyelidiki  apa yang menjadi penyebab masalah saat praktek membuat pemrograman.

7. Melakukan praktek secara konsisten

belajar bahasa pemrograman untuk pemula
Source: CS4 School

Praktek yang dilakukan dalam waktu lama cara yang dilakukan tidak lebih baik dibandingkan praktek dalam waktu sebentar namun sering dilakukan. Hal inilah yang perlu kamu tanamkan dalam prinsip belajar pemrograman.

Tidak masalah hanya belajar satu jam dalam satu hari asal konsisten setiap hari kamu lakukan. Dibandingkan kamu belajar selama 6 jam namun hanya dilakukan 1 kali dalam seminggu.

8. Istirahat

dua orang lagi istirahat setelah belajar pemrograman
Source: Economic Times

Cara belajar pemrograman yang terakhir adalah istirahat! Meskipun kamu memiliki target dan ambisius dalam mengasah kemampuan mu di bidang programming, hal penting yang harus diperhatikan adalah waktu istirahat dan kesehatan mu, Binarian.

Memaksa tubuh untuk terus bekerja hanya akan menurunkan kadar fokus kita dan melemahkan kondisi fisik kita. Oleh karena itu, seimbangkan waktu belajar mu dengan waktu istirahat mu ya.

Belajar Programming Lebih Gampang Bareng Binar

belajar-programming-di-aplikasi-binar

Gak cuma memberikan kamu informasi-informasi menarik seputar perkembangan dunia digital dan juga pengembangan skills, Binar juga menyediakan beragam pilihan bootcamp online yang bisa membantu mu mengasah hard skills mu, Binarian!

Salah satu pilihan bootcamp-nya adalah bootcamp Full Stack Development yang cocok banget buat kamu yang into ke dunia programming. Tenang saja, kamu berkesempatan untuk coba gratis bootcamp nya kok! Biar lebih tau, unduh aplikasi Binar Academy sekarang melalui banner di atas ;)

Baca juga: Perbedaan Front End dan Back End Serta Cara Kerjanya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya