Mobile Development

10 Emulator Android Terbaik dan Ringan Ketika Dijalankan

Binar Academy
10 Emulator Android Terbaik dan Ringan Ketika Dijalankan
Isi Halaman :

Binar Academy - Dengan menggunakan emulator Android kamu bisa menikmati sistem operasi di perangkat Android dengan menggunakan PC atau laptop. Bagi seseorang yang sudah sering bermain game Android dengan menggunakan PC atau Laptop pastinya sudah tidak asing lagi dengan apa yang disebut sebagai emulator.

Sekarang ini ada berbagai macam emulator yang bisa kamu gunakan. Salah satu permasalahan yang muncul akibat yang muncul ketika menggunakan emulator yaitu laptop tidak kuat. 

Karena mungkin memiliki spesifikasi yang rendah sehingga tidak cukup untuk menjalankan emulator. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari emulator Android yang ringan untuk dijalankan. 

Sehingga bisa berjalan pada laptop atau dengan spesifikasi yang rendah. Kamu sangat beruntung karena hidup di era modern di mana ada banyak sekali emulator yang bisa dijadikan sebagai pilihan dan bisa dijalankan dengan laptop yang speknya biasa saja.

Walaupun begitu, sangat sarankan bagi kamu untuk menggunakan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni ketika ingin menggunakan emulator terbaik untuk bermain game atau ketika ingin mengembangkan aplikasi Android atau ios.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Emulator

apa itu emulator?
Sumber: Lifeware

Sebelum menyampaikan daftar emulator Android terbaik dan ringan untuk dijalankan kami akan memberitahu kamu mengenai Apa itu emulator. Secara sederhana emulator dapat diartikan sebagai sebuah software atau aplikasi yang akan membantu kamu untuk menjalankan sistem operasi lain di perangkat PC atau laptop.

Contoh paling sederhana ketika kamu ingin memainkan game Android tanpa menggunakan laptop Apakah kamu harus menjalankan sistem operasi Android untuk bisa memainkan game tersebut. Dalam hal ini kamu butuhkan emulator untuk membuat atau kamu bisa menjalankan sistem operasi Android.

Emulator ini banyak digunakan oleh para pemain game dan juga oleh para developer atau pengembang aplikasi Android. Karena dengan menggunakan emulator nantinya seorang developer bisa melihat secara real proyek atau aplikasi yang sedang dikembangkan.

10 Emulator Android Ringan untuk Pc/Laptop

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika ada banyak sekali software atau aplikasi untuk bisa menjalankan sistem operasi Android menggunakan PC atau laptop. Berikut beberapa faktor yang gambar rekomendasikan Karena ringan untuk dijalankan.

1. GameLoop

emulator android Gameloop
Sumber: Wallpaper Cave

Emulator Android terbaik dan ringan pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu gunakan yaitu GameLoop. Ini merupakan salah satu emulator yang menjadi favorit para gamers karena ukurannya sangat kecil dan juga bisa dijalankan pada laptop dengan spesifikasi sangat rendah sekalipun.

Biasanya akumulator ini digunakan untuk memainkan berbagai macam game Android populer seperti misalnya pubg mobile free fire dan masih banyak lagi lainnya.

2. Genymotion

android emulator genymotion
Sumber: LinuxHint

Ini merupakan salah satu emulator yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu para pengembang aplikasi Android. Karena selain ringan untuk dijalankan aplikasi ini juga memiliki fitur yang sangat lengkap untuk membantu kamu mengembangkan aplikasi Android dengan mudah. 

Dengan menggunakan emulator hari ini kamu juga bisa memilih versi Android yang ingin digunakan. Jadi kamu bisa memilih dengan mudah versi Android yang ingin dipakai, sehingga nantinya bisa menghasilkan sistem operasi yang sesuai dengan keinginan.

3. Bluestacks 5

emulator android blustacks 5
Sumber: Liliputing

Bluestack 5 adalah salah satu emulator Android yang sangat populer dan banyak digunakan karena memang terkenal memiliki performa yang sangat baik. Developernya sendiri seringkali melakukan update hingga saat ini sering mendapatkan perbaikan dan terus meningkatkan fotonya.

Software ini bisa kamu dapatkan secara gratis sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun ketika ingin menggunakannya. Selain bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, software ini juga mendukung untuk digunakan pada Mac OS. 

Baca Juga: Android Developer Tools yang Mempermudah Pekerjaan Kamu

4. KoPlayer

emulator android koplayer
Sumber: Tips Make

Ini merupakan salah satu emulator yang sangat cocok digunakan oleh para gamers karena memang diciptakan untuk keperluan gaming. Jika dilihat dari performanya emulator foto ini sangat cocok untuk kamu gunakan ketika ingin menjalankan emulator yang ringan dengan performa terbaik.

5. LDPlayer

emulator android ldplayer
Sumber: CellphoneS

LDPlayer menjadi salah satu emulator Android yang begitu digemari karena tidak bekerja dengan stabil dan memiliki kemampuan multitasking yang baik. Ini adalah salah satu emulator yang bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menikmati berbagai macam game Android di PC atau laptop.

6. NoxPlayer

emulator android noxplayer
Sumber: Noxplayer

Ini juga merupakan emulator yang diciptakan untuk bermain game atau dikhususkan untuk bermain game. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh emulator ini yaitu memiliki fitur yang sangat lengkap untuk membantu kamu bisa bermain game dengan sempurna.

Untuk performanya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi emulator satu ini juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan kamu untuk melakukan kontrol game dengan menggunakan Mouse dan juga keyboard.

7. Andy

emulator android andy
Sumber: GOONGLOO

Andy merupakan sebuah emulator Android yang akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur tampilan sesuai dengan keinginan. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh software ini yaitu memiliki fitur untuk melakukan kontrol game dengan menggunakan Smartphone.

8. Droid4x

emulator android Droid4x
Sumber: GOONGLOO

Jika kamu mendambakan emulator dengan ukuran RAM yang sangat rendah yaitu terbaik droid4x. Kamu bisa menjalankan emulator ini dengan menggunakan laptop yang memiliki ukuran RAM 1 GB.

Walaupun sangat ringan untuk dijalankan bukan berarti emulator ini tidak memiliki fitur yang canggih. Emulator Android ini memungkinkan kamu untuk menambahkan add-ons sehingga bisa memainkan game melalui Smartphone yang kalian miliki.

9. Xamarin 

emulator android xamarin
Sumber: Wikipedia

Ini merupakan salah satu emulator yang banyak digunakan oleh pengembang Android. Dengan performa yang cukup stabil dan dengan dijalankan ini bisa menjadi emulator yang menjadi pilihan tepat untuk kamu yang sedang mengembangkan aplikasi.

10. ARChon

emulator android ARChon
Sumber: TechTipsandReview

Ini adalah emulator yang berjalan pada ekstensi Chrome jadi ketika kamu ingin menggunakannya juga harus menggunakan browser Chrome. Untuk proses instalasinya itu sama persis seperti ketika menambahkan ekstensi pada Chrome.

Itu dia beberapa emulator Android terbaik yang bisa berjalan pada laptop atau PC dengan spesifikasi yang rendah yang perlu kamu pahami dan ketahui lebih lanjut.

Baca Juga: Wireframe: Pengertian, Tools dan Contohnya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi