Mobile Development

Android Developer Tools yang Mempermudah Pekerjaan Kamu

Binar Academy
Android Developer Tools yang Mempermudah Pekerjaan Kamu
Isi Halaman :

Binar Academy - Dengan menggunakan android developer tools seorang developer android bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih cepat dan dengan lebih mudah. Menjadi seorang developer android bukan merupakan tugas mudah karena memang membangun sebuah aplikasi membutuhkan proses yang cukup panjang. 

Jika dibandingkan dengan zaman dahulu hingga sekarang membangun aplikasi antara lain akan lebih cepat dan lebih mudah karena sudah terdapat berbagai macam tool yang bisa dimanfaatkan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Sehingga tidak mengherankan Jika seorang developer android sekarang ini dituntut untuk menguasai android developer tools. Karena sepertinya untuk membuat aplikasi android tanpa menggunakan tools yang ada saat ini juga akan membuat kamu merasa sangat kesulitan.

Android developer sendiri merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan dan sangat disukai oleh remaja saat ini. Salah satu alasan utamanya yaitu karena seorang android developer biasanya akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi.

10 Tools yang Sering Digunakan Dalam Android Development Tools

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya sepertinya sekarang ini hampir tidak mungkin kamu menciptakan coba aplikasi android tanpa menggunakan android developer tools. Berikut beberapa aplikasi yang sepertinya wajib untuk kamu kuasai ketika ingin menjadi seorang developer android.

1. Github 

github adalah salah satu android developer tools
Sumber: Unsplash

Bagi seorang programmer sepertinya sudah tidak asing lagi dengan website yang bernama Github. Ini merupakan website yang bisa digunakan untuk menjadi repository Project atau aplikasi yang kamu bangun bersama dengan tim.

Dengan adanya jadi kamu nantinya kamu bisa berkolaborasi dengan orang lain. Karena sekarang ini hampir tidak mungkin untuk menciptakan seluruh komponen pada aplikasi android sendirian. Biasanya projek akan dibagi menjadi beberapa bagian kemudian diberikan kepada orang-orang sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Untuk kamu yang mungkin hanya membuat aplikasi sederhana mungkin tidak perlu menggunakan repository github karena bisa melakukannya sendiri. Akan tetapi, jika membangun aplikasi yang besar sepertinya Kitab adalah website yang akan sangat berguna untuk kamu.

2. Eclipse

android developer tools eclipse
Sumber: MuyComputer

Android developer tools selanjutnya yaitu Eclipse. Eclipse adalah lingkungan pengembangan terintegrasi yang bersifat open source. Software ini biasanya digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi dengan menggunakan bahasa Java. Walaupun sebenarnya masuk hari ini di depannya mendukung bahasa Java saja.

Untuk saat ini mungkin saja penggunaannya sudah tidak terlalu banyak karena sudah tidak didukung oleh Google. Walaupun begitu masih ada cukup banyak perusahaan yang menggunakan eclipse untuk mengembangkan aplikasi android.

3. InstaBug

android developer instabug
Sumber: InstaBug Blog

InstaBug adalah salah satu android developer tools yang sangat berguna bagi seorang pengembang android. Karena ketika membangun sebuah aplikasi sepertinya hampir tidak mungkin tidak memiliki bug. Ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna bagi seorang developer ketika sedang melakukan debugging.

Sudah ada banyak sekali aplikasi yang menggunakan software ini untuk mengetahui berbagai macam kekurangan yang ada. Kamu mungkin akan sangat membutuhkan software ini untuk mengetahui berbagai macam bug yang ada pada aplikasi yang sedang kamu bangun.

Baca Juga: Wireframe: Pengertian, Tools, dan Contohnya

4. Stetho

Sumber: Medium

Stetho adalah sebuah aplikasi atau software yang berguna sebagai jembatan untuk melakukan debug pada aplikasi android. Jadi nantinya kamu bisa menghubungkan aplikasi android dengan Chrome, kemudian melakukan debat menggunakan alat pengembang Chrome.

5. AIDE

android developer AIDE
Sumber: Android Authority

Ini merupakan salah satu lingkungan pengembangan terintegrasi yang sangat berguna untuk para developer android. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya kamu bisa melakukan pengembangan aplikasi android secara langsung di perangkat android.

6. Mockplus

android developer tools mockplus
Sumber: 1stWebDesigner

Android developer tools yang sangat berguna untuk membuat ikan yang bagus ya itu adalah mockplus. Bisa dikatakan menjadi salah satu tools yang sangat penting untuk kamu pelajari dengan baik untuk melakukan prototyping dengan sangat mudah dan cepat.

Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya kamu bisa membuat antarmuka prototipe yang interaktif dengan lebih mudah daripada yang pernah kamu bayangkan sebelumnya. Jangan tidur juga sudah terdapat berbagai macam contoh desain dan komponen untuk diunduh.

7. Fabric

android developer tools fabric
Sumber: Stack Overflow

Ini merupakan salah satu android developer tools yang akan berguna dari mereka bahkan sampai peluncuran aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya kamu bisa mempelajari berbagai macam hal misalnya penggunaan aplikasi dan mendapatkan berbagai macam data analytics untuk keperluan bisnis kamu.

8. B4A

android developer tools B4A
Sumber: Discoversdk

B4A adalah developer tools yang sangat berguna untuk menciptakan sebuah aplikasi android dengan bahasa yang basic atau sederhana tetapi memberikan hasil yang berkualitas. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan bisa dikatakan sangat mirip dengan Visual Basic.

9. Android Studio

android developer tools android studio
Sumber: ITGenic

Ini merupakan IDE yang memuat semua yang kamu butuhkan ketika ingin membuat aplikasi android. Dengan menggunakan android developer tools satu ini nantinya kamu bisa menciptakan sebuah bacaan harus dengan lebih mudah dan cepat.

Ini merupakan sebuah lingkungan pengembangan yang memberikan fitur sangat lengkap seperti misalnya kode editor, emulator dan lain sebagainya. Bisa dikatakan ini merupakan lingkungan pengembangan alami untuk sistem perangkat android dari Google.

Untuk menjalankan android studio kamu membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, saat kami sarankan bagi kamu untuk mempersiapkan komputer yang berkualitas ketika ingin menjadi seorang developer android.

10. Android SDK

android developer android SDK
Sumber: Akilli Telefon

Bisa dikatakan ini merupakan kit yang sangat lengkap untuk melakukan pengembangan dan juga debugging. Kamu bisa mendapatkan android SDK dengan menggunakan SDK Manager. Untuk menikmati berbagai macam vitamin kamu menginginkan kamu mendownload android SDK terbaru.

Sebagai seorang developer android memang harus menguasai berbagai macam tool yang ada supaya bisa bekerja dengan cepat dan efektif. Android developer tools di atas merupakan alat umum yang banyak digunakan oleh para developer ketika membuat aplikasi android.

Baca Juga: 12 Tools Product Management Terbaik, Manager Wajib Tahu

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya