Cerita Alumni

Belajar Bahasa Pemrograman Dari Awal Tanpa Background IT? Ini Cerita Fikri Rahmat!

Binar Academy
Belajar Bahasa Pemrograman Dari Awal Tanpa Background IT? Ini Cerita Fikri Rahmat!
Isi Halaman :

Binar Academy – Mendalami dunia programming seringkali dianggap sulit dan menakutkan karena harus berkutat dengan bahasa pemrograman dan keahlian koding yang rumit.

Padahal di era yang serba digital ini, demand akan kemampuan di bidang programming sangat besar lho, Binarian!

Kenali, aku Fikri Rahmat sebagai Principal Engineer di Binar Academy! Saat ini aku telah bergabung dengan Binar Academy selama 2 tahun dan sebelumnya merupakan salah satu student di Binar Bootcamp untuk Back End Developer lho! Di kesempatan ini aku akan menceritakan pengalamanku terjun ke bidang IT dan berperan sebagai Developer.

Perjalanan Terjun ke Dunia Programming

Mengikuti Binar Bootcamp di tahun 2018, sebelumnya aku tidak memiliki background IT apalagi menguasai bidang programming. Dan bahkan, pada saat itu aku tidak memiliki akses internet dan gadget yang memadai. Tapi tim Binar benar-benar men-support dan mengajarkanku dunia programming sedari dasar. Jadi bisa aku katakan, untuk memulai belajar programming tidak butuh keahlian tingkat tinggi ataupun background yang serupa. Yang terpenting adalah keinginan dan niat untuk memulai belajar serta lingkungan yang tepat dan siap untuk mendukungmu!

Selepas belajar di Binar Bootcamp, aku mengikuti program internship di Binar sebagai Backend Developer. Kesempatan internship tersebut membantuku mengasah skills lebih dalam lagi, yang kemudian menghantarku untuk merasakan pengalaman seru lainnya yaitu menjadi mentor Backend Developer pada project Glints X Binar Academy.

Tak berhenti sampai di situ, kemudian Binar menawarkanku untuk pindah ke divisi Platform dan bertugas mengembangkan aplikasi Binar dari sisi backend

Memulai dari nol hingga membantu Binar Academy mengembangkan aplikasinya tentu saja memberiku banyak pengalaman berarti yang akhirnya mengantarkanku di posisi seperti saat ini. Jadi apabila teman-teman Binarian juga tertarik untuk mendalami dunia programming, bisa mulai belajar seperti aku dengan mengikuti bootcamp dan mencari banyak pengalaman yang dapat mengasah skills!

Baca juga: Cara Menjadi Programmer Andal dan Terpercaya

Hal-hal Fun di Dunia Programming!

Jika ditanya “Hal apa sih yang bikin aku bertahan menggeluti bidang programming?”, jawabannya adalah karena Ngoding itu fun!

Sejak kecil, aku juga sudah bercita-cita menjadi programmer. Walaupun sempat mengubur impian tersebut, namun pada akhirnya aku kembali mengumpulkan semangatku untuk mendalami bahasa pemrograman dan hal-hal seputar dunia programming.

Memang tidak mudah karena ada beberapa barrier seperti kemampuan berbahasa asing dan akses internet, tapi hal-hal tersebut tidak menjadi pematah semangat untuk aku terus belajar programming. Karena saat ini ada banyak sekali hal yang mempermudah kita untuk belajar seperti dengan bertanya ke komunitas, nonton tutorial di Youtube. Intinya, jangan malu bertanya ke banyak orang yang lebih ahli di suatu bidang yang ingin kamu tekuni!

Proses belajar tersebut yang membuatku merasa ngoding itu menyenangkan dan sudah menjadi bagian dari aktivitas harianku. Selain itu, dari ngoding aku juga mendapatkan sumber penghasilanku~

Tantangan Mendalami Dunia Programming

Menurutku, ketika kita menjadi seorang developer, semua bahasa pemrograman bisa dipelajari dengan tantangan yang tidak akan sesulit pada saat pertama kali dipelajari. Namun bagiku tantangannya adalah mengatasi keraguan yang terbesit akan pekerjaan yang dilakukan apakah sudah benar atau apakah ada best practice lainnya. Untuk mengatasinya biasanya aku akan mencari teman diskusi di bidang yang sama. 

Dan tantangan seru lainnya adalah ketika mengerjakan project. Salah satu tantangan yang paling berkesan bagiku adalah saat mengerjakan project membuat website untuk sebuah lembaga riset.

Meskipun banyak menghadapi revisi, namun tantangan dari mengerjakan sisi Backend dan Front End tersebut memberikan sebuah pengalaman yang sangat berarti bagiku.

Tips untuk Teman-Teman Binarian yang Ingin Menyelam di Dunia Programming!

Kalau teman-teman ingin mendalami dunia programming seperti aku, kalian bisa mulai dari mempelajari satu bahasa pemrograman terlebih dahulu. Dan tentukan sebuah goals sederhana seperti “Aku ingin bikin website sendiri biar keren!”.

Setelahnya, teman-teman bisa coba aktif bergabung ke komunitas pemrograman yang salah satunya tersedia di Binar Community. Tak harus selalu mempertanyakan pertanyaan serius lho, di komunitas tersebut kamu bisa sembari bercanda dan menambah banyak relasi.

Selain itu, kamu juga bisa belajar ngoding secara otodidak dengan cara mencari video belajar di Youtube. 

Dan tips lainnya, sadari bahwa belajar itu memang pahit, dan rasa tidak nyaman ketika belajar sangatlah manusiawi. Karena manusia tidak akan selalu ada di fase bahagia, dan akan ada banyak emosi negatif yang harus dilalui. Jadi, tetap yakin dan semangat ya teman-teman!

Jika kamu masih bingung bagaimana langkah awal untuk mulai mendalami dunia programming, kamu dapat mengakses materi freemium dari Binar Bootcamp Full-Stack Web Developer yang bisa dilihat melalui aplikasi Binar Academy.

Setelah mendapat gambaran seputar apa saja yang akan kamu pelajari, kamu juga bisa bergabung di Komunitas Berbinar atau mulai belajar intensif di kelas Binar Bootcamp. Lihat penjelasan lengkapnya di link berikut ya!

Baca juga: Bidang Developer Hanya untuk Laki-laki? Kenali Iga Novianti, Android Developer Perempuan di Binar!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya