Cerita Alumni

Bidang Developer Hanya untuk Laki-laki? Kenali Iga Novianti, Android Developer Perempuan di Binar!

Binar Academy
Bidang Developer Hanya untuk Laki-laki? Kenali Iga Novianti, Android Developer Perempuan di Binar!
Isi Halaman :

Binar Academy – Mendengar kata Software Engineer, Website Developer, IT Specialist, seringkali yang masih terbayang adalah ranah-ranah pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh seorang laki-laki. Padahal sebuah pekerjaan terlepas dari suatu gender maupun jenis kelamin. 

Adanya stigma tersebut juga seringkali menjadi penghambat seseorang untuk mencoba bidang pekerjaan yang dikotak-kotakkan ke dalam sebuah status gender.

Tapi kini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, Binarian! Pada kenyataannya, kini mulai banyak perempuan yang bekerja di bidang yang katanya adalah ranah kerja para lelaki. Salah satu sosok tersebut datang dari tim Android Developer Binar Academy, Iga Novianti!

Dari Jualan Koran Hingga Berteman dengan Dunia Developer

Berawal dari kebiasaan membantu orangtua berjualan koran sewaktu mengenyam bangku sekolah dasar, Iga suatu saat membaca sebuah majalah tentang komputer dengan headlineHow to Developt Application with Java.”. Dari majalah tersebut, Iga memahami jika sebuah sistem di dalam handphone dibuat dari barisan kode yang rumit. Dan dari situ, ia membayangkan dirinya bekerja di bidang IT dan membuat sebuah aplikasi yang memiliki manfaat bagi banyak orang.

Untuk meraih mimpi tersebut tidaklah mudah bagi Iga. Karena dengan keterbatasan ekonomi yang dihadapi, untuk memulai proses belajarnya ia memutuskan untuk masuk ke sebuah SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan belajar secara otodidak terkait perkembangan teknologi dan basic programming

Iga tentunya tidak main-main dengan mimpinya. Di kelas 2 SMK ia mengikuti sebuah international camp yang membuatnya bertemu banyak orang dari berbagai negara dan berhasil membuat sebuah aplikasi belajar bahasa asing yang telah dirilis di Google Play Store. Dan dari situ pintunya untuk bekerja di bidang software development terbuka hingga akhirnya kini ia bisa menjadi seorang Android Developer.

Tak hanya bekerja, kini Iga Novianti juga sedang berkuliah di jurusan Computer Science dan terus meningkatkan hard skills dan soft skills nya.

Menghapus Stigma Gender di Ranah Developer

Iga Novianti adalah bukti bahwa tidak hanya kaum laki-laki yang bisa bekerja di ranah IT. Jika ditanya apakah ia minder dengan kehadirannya di tengah-tengah para lelaki saat bekerja, jawabannya tentu saja tidak! 

Karena selama bekerja ia tidak pernah dibedakan secara gender, dan setiap orang dalam tim memiliki goals yang sama yaitu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Jika harus minder, hal yang perlu diminderi adalah skills yang dimiliki agar dapat menjadi lebih baik bagi dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Motivasi dan Kesan yang Didapat Selama Menjadi Android Developer

Jika ditanya apa yang menjadi motivasi Iga dalam menjadi Android Developer, selain ketertarikan dirinya sewaktu kecil melalui majalah yang ia lihat, ia juga mengaku bahwa kini adalah era di mana orang-orang tidak bisa lepas dari genggaman handphone-nya.

Dari kebiasaan tersebut ia jadi merasa penting untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu banyak orang. 

Dari segi prospek karir pun ia juga berkata bahwa ada lebih dari 80% populasi penduduk Indonesia yang menggunakan smartphone dan didominasi oleh pengguna Android. Dengan pengguna yang banyak ia yakin demand akan pengembang software ataupun Android Engineer juga akan semakin banyak kedepannya.

Dan selama menjadi seorang Android Developer, Iga juga mengaku bahwa ia telah menemukan makna yang berarti dari pekerjaan yang telah ia lakukan. Di mana ketika mengembangkan aplikasi Binar Academy, ia dapat merasakan bagaimana ia telah membantu banyak teman-teman di luar sana yang tertarik dengan IT namun bingung harus memulai darimana. Dari aplikasi Binar Academy yang ia kembangkan, Iga merasakan impact yang telah ia berikan.

Pesan dari Iga untuk Para Developer Selanjutnya!

Setelah mengetahui background story dari Iga yang begitu menarik, apakah teman-teman Binarian semakin terpacu untuk belajar di bidang IT?

Sedikit pesan dari Iga untuk kamu yang ingin belajar ataupun berpindah haluan karir: “Kalau kalian tertarik di IT, udah gas aja!”

Tak perlu memikirkan latar belakang, asalkan memang berniat dan ingin belajar, pasti akan ada jalan! Hal yang paling krusial yang perlu diperhatikan, kita juga harus mengetahui apa yang harus dilakukan ketika akan membuat aplikasi. Pahami basic programming yang baik untuk memudahkan proses belajar kedepannya.

Kamu pun dapat mempelajari bidang Android Developer secara intensif melalui bootcamp Android Engineering dari Binar Bootcamp agar dapat menjadi seperti Iga!

Di Binar Bootcamp, kamu dapat mengakses materi Freemium terlebih dahulu untuk kelas bootcamp yang ingin kamu ikuti. Dengan mengunduh aplikasi Binar Academy di PlayStore ataupun AppStore, kamu dapat mengakses materinya kapanpun dan di manapun.

Kunjungi laman bootcamp Android Engineering dari Binar Bootcamp untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Menerapkan Metode Agile dalam Kehidupan Sehari-Hari a la Fikri Amri


Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya