Urutan Versi Android Dari Awal Hingga Terbaru Yang Harus Kalian Tahu

Mobile Development

Binar Academy - Saat ini sistem operasi perangkat mobile Android merupakan salah satu yang populer di dunia. Ada banyak urutan versi Android yang telah dirilis demi meningkatkan performanya. Pasar Android saat ini mencapai 72,26% sedangkan IOS hanya 27,03% di pasaran. Salah satu yang menyebabkan Android banyak digunakan orang di dunia karena perkembangan versinya terbarukan.

17 Versi Android Dari Awal Hingga Terbaru

Sistem android pertama kali didirikan Android Inc pada tahun 2003 dimana kemudian diakuisisi oleh Google pada 17 Agustus 2005. Sejak saat itu, Android terus mengembangkan sistem operasinya untuk digunakan pada perangkat mobile. Menariknya Google memberi nama pada tiap versi Android berkaitan dengan makanan manis dan sesuai dengan urutan abjad, kecuali Android 10. Berikut urutan versi Android dari awal hingga terbaru:

1. Android 1.0 Alpha

Versi Android satu ini telah dilengkapi fitur dukungan akses web browser, streaming youtube, pemutar media, google map, serta sinkronisasi dengan aplikasi google lainnya walaupun belum dirilis secara komersial.

2. Android 1.1 Beta

Versi beta ini juga belum dirilis secara komersial dan hanya diperuntukkan untuk satu perangkat. Dalam versi ini Android meningkatkan beberapa fitur seperti memperbaiki bugs, rincian lokasi pada google maps dan fitur menyembunyikan serta menampilkan tombol panggilan.

3. Android 1.5 Cupcake

2 bulan kemudian setelah dirilis versi beta, Android mengeluarkan versi Android 1.5 Cupcake, tepatnya tanggal 30 April 2009. Dimana versi ini untuk pertama kali diperkenalkan secara komersial. Nah, dari sinilah Android mulai memakai nama makanan manis untuk menamai versi Android yang dirilisnya.  Fitur tambahan dari versi ini adalah layer otomatis, widget serta keyboard virtual.

4. Android 1.6 Donut

Urutan versi Android selanjutnya ada Android 1.6 Donut yang dirilis pada tanggal 15 september 2009. Fitur yang ditambahkan pada versi ini adalah persentase daya baterai, fasilitas pencarian android market atau play store dan dukungan gestur.

5. Android 2.0 Eclair

Versi Android satu ini resmi memperkaya fiturnya pada tanggal 26 Oktober 2009. Versi 2.0 ini diberi nama éclair dan menambah fitur multi touch, live wallpaper, perubahan tampilan antarmuka dan dukungan browser untuk HTML5.

6. Android 2.2 Froyo

Kali ini Android meluncurkan versi terbaru Android 2.2 Froyo pada tanggal 20 Mei 2010. Pada versi ini Android semakin dikenal luas oleh vendor atau pabrikan ponsel. Fitur unggulan pada versi ini adalah peningkatan fitur USB tethering dan hotspot WIFI, memperbesar gambar pada galeri dengan gestur, serta dukungan animasi GIF pada web browser.

7. Android 2.3 Gingerbread

Fitur ini merupakan urutan versi Android yang ke tujuh. Saat diluncurkan versi ini Android telah menjadi sistem mobile yang populer di dunia. Fitur ini dirilis pertama kali pada tanggal 6 desember 2010 dengan tambahan fitur copy paste dengan memilih kata melalui layer yang ditekan serta dukungan beberapa sensor lainnya.

8. Android 3.0 Honeycomb

Diluncurkan pertama kali pada tanggal 22 februari 2011. Namun fitur ini hanya dikhususkan untuk perangkat tablet. Fitur yang dimiliki antara lain dukungan obrolan video dengan Google Talk, dukungan prosesor multi core dan percepatan saat berpindah aplikasi yang sedang berjalan dengan fitur multitasking recent apps.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Fitur ini memiliki tambahan honeycomb yang bisa berjalan pada smartphone yang sebelumnya hanya ditujukan untuk tablet PC. Selain itu terdapat fitur perbaikan antarmuka dan kostumisasi widget.

10. Android 4.1 Jelly Bean

Versi ini meningkatkan performa tampilan antarmuka. Widget yang dapat disesuaikan ukuran dan diatur sendiri serta UI yang semakin smooth merupakan fitur terbarunya. Terdapat pula keyboard yang bisa dikostumisasi oleh pengguna dan dukungan gestur pada keyboard.

11. Android 4.4 KitKat

Fitur yang dibawa versi ini adalah dukungan sensor batching, pengoptimalan kinerja terhadap perangkat dengan spesifikasi rendah. Terdapat pula WebViews yang berbasiskan Chromium dan step detector.

12. Android 5.0 Lollipop

Versi yang dikembangkan Android ini tak hanya menjadi sistem operasi pada perangkat smartphone. Namun bisa juga berjalan pada perangkat mobile lainnya seperti Android TV dan google fit. Rilis pada tanggal 25 juni 2014, versi ini membawa fitur baru seperti user interface dan fitur factory reset protection.

13. Android 6.0 Marshmallow

Versi ini memiliki fitur tambahan yakni sensor sidik jari untuk mengakses smartphone. Fasilitas menjalankan beberapa aplikasi pada tata letak layer dengan dukungan multi window, dukungan platform virtual reality. Ada Pula kemampuan pada mode data saver untuk mengurangi pemakaian bandwidth.

14. Android 7.0 Nougat

Fokus pada urutan versi Android ke 14 ini yakni meningkatkan performa user interface. Hal ini membuat Android lebih intuitif dan penggunaan aplikasi secara bersamaan lebih banyak pada fitur multi window. Fitur tambahan lain yakni mode malam, keyboard default dan dukungan panggilan multi end point.

15. Android 8.0 Oreo

Fitur tambahan versi ini adalah Autofill yang memberikan kemudahan dalam mengisi formulir. Selain itu user interface pada versi ini lebih simpel agar lebih mudah dalam mengakses aplikasi.

16. Android 9.0 Pie

Versi ini memiliki fitur unggulan kemampuan Al atau kecerdasan buatan. Dimana fitur ini mampu menganalisa dan mempelajari pola pemakaian secara otomatis. Selain itu ada adaptive brightness dan bezel less.

Baca Juga: Mengenali Konsep Agile, Scrum, dan Sprint a la Perusahaan IT

17. Android 10

Urutan versi Android yang terbaru ini tak diberi nama seperti pendahulunya dengan menggunakan nama makanan manis. Penamaan Android 10 merupakan tanda petunjuk yang digunakan untuk menunjukkan bahwa Android telah melewati 1 dekade. Versi ini lebih berfokus pada penyempurnaan mode malam dan peningkatan fitur sound amplifier.

Kesimpulan

Itulah urutan versi Android dari yang paling awal hingga terbaru. Versi tersebut saat ini tak hanya digunakan untuk perangkat smartphone namun pada alat elektronik lainnya yang didukung fitur Android.

Tertarik untuk belajar seputar Android Development lebih dalam? Intip materi dasar seputar Mobile Android Development secara GRATIS di Silver Course Material yang bisa kamu akses di Aplikasi BINAR

Kamu juga bisa upgrade skill lebih advance di Bootcamp BINAR Android Development! Kurikulum BINAR disusun secara khusus untuk belajar materi baru secara menyenangkan. Jadi sekalipun kamu belum punya background di Mobile Android Development, kamu tetap bisa ikut Bootcamp ini sampair mahir!

Bootcamp Android Development

Masih ragu-ragu apakah kamu cocok menjadi seorang Android Mobile Developer?

Tenang! Kamu bisa coba gali peluang yang cocok dengan kepribadianmu di Potensi Quiz!

Cuma butuh 3 menit, tinggal klik-klik, langsung dapet hasilnya. Bonus voucher Binar Insight yang bisa kamu dapatkan di akhir quiz!

Artikel Rekomendasi