Tugas dan Skills Product Manager yang Perlu Dimiliki

Product Management

Binar Academy — Product Manager menjadi salah satu ranah pekerjaan yang mulai banyak diminati peminatnya saat ini. Khususnya untuk kamu yang tertarik di bisnis digital dan teknologi, bidang pekerjaan ini kerap kali menjadi target sasaran yang menarik hati.

Sebelum menjadi seorang Product Manager kamu tentu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Product Management dan seperti apa tugas dan skills yang dibutuhkan oleh seorang Product Manager.

Kali ini, Binar Academy akan menjelaskan secara detail seputar ranah pekerjaan Product Management beserta dengan tanggung jawab dan skill set yang wajib dimiliki~

Mengenali Apa Itu Product Management (PM)

Product Management atau manajemen produk adalah suatu fungsi strategis dalam organisasi perusahaan yang berurusan langsung dengan hal-hal terkait pengembangan produk, pembenahan bisnis, peluncuran produk, hingga menentukan strategi pemasaran suatu produk di perusahaan. Product management sendiri merupakan perpaduan antara bidang teknologi, bisnis, dan juga user experience (UX).

Seseorang yang bekerja di bidang Product Management biasa dikenal dengan sebutan Product Manager. Inilah sosok yang biasanya menjadi penengah atau penyeimbang antara tiap stakeholders yang ada di suatu perusahaan.

Umumnya, product management dibagi menjadi dua fungsi, yaitu: Product Development (Inbound) dan Product Marketing (outbound). Namun hal ini tidak bersifat mutlak karena masing-masing perusahaan memiliki jenis produk dan karakteristiknya tersendiri. Namun secara garis besar, gambaran tanggung jawab dari kedua fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Product Development (Inbound): bertanggung jawab dalam pengumpulan informasi mengenai sebuah produk yang berpotensi untuk diluncurkan oleh perusahaan. Contoh tanggung jawabnya adalah melakukan analisis data, riset pasar, dan mengetahui tren pasar.
  • Product Marketing (Outbound): berfokus pada pemasaran produk yang dimiliki oleh perusahaan. Contoh tanggung jawabnya dimulai dari proses pendistribusian informasi hingga melakukan segmentasi konsumen yang disasar.

Tugas dan Tanggung Jawab Product Manager

tugas-dan-tanggung-jawab-product-manager

Di samping terbaginya fungsi ranah pekerjaan Product Management, secara garis besar Product Manager bertugas dan bertanggung jawab dalam memastikan keberhasilan pengembangan dan peluncuran sebuah produk bisnis.

Dalam hal tersebut Product Manager dituntut untuk memberikan ide-ide segar nan brilian agar produk yang dipasarkan berhasil menjawab permasalahan dari target konsumennya, dan perusahaan pun diuntungkan oleh produk tersebut.

Tanggung jawab Product Manager sebenarnya memiliki cakupan yang sangat luas. Namun pada prakteknya, seorang Product Manager biasanya bertugas dalam memimpin sebuah tim untuk melakukan pengembangan produk. Di mana tim yang dipimpin tersebut lintas fungsional, bisa dari tim bisnis, tim tech, dan juga tim UX.

Jika dijabarkan, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab dari Product Manager:

1. Connecting & Communicating

Secara garis besar, peran Product Manager dalam ranah komunikasi itu memastikan bahwa informasi diterima dan disampaikan dengan sempurna. Product Manager akan bekerja dengan banyak pihak terkait. Oleh karena itu, Product Manager harus bisa memastikan informasi berjalan searah, untuk mencegah terjadinya miskomunikasi. Seorang Product Manager yang baik, harus bisa bekerja dengan timnya untuk menyusun rencana yang dapat diwujudkan, bersamaan dengan mengeksekusi ide-ide tersebut~

Nah, perlu selalu diingat bahwa yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja tim, serta memastikan pelanggan senang itu ada pada pundak seorang Product Manager. Maka dari itu, Product Manager harus bisa memprioritaskan produk atau fitur yang akan menjadi fokus utama tim, serta menyelaraskan pendapat tim dan stakeholders sesuai dengan visi dan analisis prioritas.

2. Analisa & Pembelajaran

Pada ranah analisa & pembelajaran, Product Manager harus terus menerus menganalisa pasar, pelanggan, dan belajar dari data yang sudah ada untuk melakukan product improvement. Selain itu, Product Manager juga perlu menyaring data kuantitatif dari metrik historis, data kualitatif dari penelitian dan feedback pelanggan, tren pasar, analisis kompetitif, review KPI, review penjualan dan marketing campaign, serta beberapa data lainnya untuk membuat keputusan ROI (Return On Investment).

3. Pengarah, Pembuat Keputusan, dan Dokumentasi

Product Manager harus dapat mengarahkan strategi ke arah yang selaras dengan kebutuhan pelanggan, kepentingan bisnis, dan internal. Product Manager juga harus memutuskan keputusan akhir jika diskusi tak kunjung berakhir. Terus, kenapa Product Manager juga memiliki peran dalam ranah dokumentasi?

Jawaban sederhananya, karena Product Manager memerlukan data. Kalau mau jawaban yang lebih kompleks, Product Manager bertanggung jawab menulis spesifikasi produk, catatan rapat, dan test cases. Kenapa? Karena penting untuk mendokumentasikan produk sehingga semua pihak terkait memiliki pemahaman yang sama. Selain itu, catatan-catatan tersebut bisa menjadi data yang mampu membantu Product Manager ketika menangani pelanggan yang marah, atau ketika menangani krisis.

Keseharian Product Manager terlihat cukup padat, kan? Dengan tanggung jawab yang cukup banyak, Product Manager merupakan salah satu peran penting yang diutamakan dalam perusahaan.

4 Skills Product Manager yang Wajib Dimiliki

Setelah memahami definisi dan juga tugas dari seorang Product Manager, tidak afdol jika kamu belum mengetahui skills apa saja yang wajib untuk dimiliki. Berikut beberapa di antaranya, Binarian. Kamu punya skills tersebut, tidak?

1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Dalam proses pengembangan produk, seorang Product Manager harus berkoordinasi dengan banyak pihak/stakeholders. Sehingga, kamu akan dituntut untuk mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu kamu juga perlu cepat beradaptasi dan pandai bersikap di depan orang dengan berbagai latar belakang berbeda. 

2. Kemampuan riset dan menganalisa

Melakukan riset dan analisa menjadi tugas utama seorang Product Manager sebelum mengembangkan produk. Tujuannya adalah supaya produk yang diluncurkan memenuhi kebutuhan pasar serta menjawab permasalahan yang dialami oleh target konsumen yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, penting bagiuntuk memiliki kemampuan analisis dan riset yang kuat.

3. Mampu berpikir strategis

Tak cuma kemampuan analisis dan riset saja yang wajib dimiliki, seorang Product Manager juga wajib memiliki pola pikir strategis. Pola pikir ini diperlukan untuk memprediksi banyaknya waktu yang dibutuhkan pada setiap tahap produksi.

Pengendalian biaya dan pengelolaan risiko juga harus dirumuskan oleh seorang Product Manager agar setiap keputusan diambil berdasarkan perencanaan yang matang dan tidak salah langkah.

4. Mengedepankan user experience

Skill Product Manager yang terakhir adalah kemampuan mengedepankan kebutuhan user dan memastikan permasalahan mereka teratasi. Pada bagian ini, Product Manager harus tau pendekatan seperti apa yang bisa diterapkan untuk target konsumen yang dimiliki untuk mendapatkan feedback dari mereka terkait produk yang telah mereka gunakan dari bisnis perusahaan.

Berbagai pendekatan bisa menjadi opsi, mulai dari mengadakan survei, mewawancarai secara langsung, atau mungkin dengan melakukan Forum Group Discussion (FGD).

Terjun ke Bidang Product Management Melalui Binar Academy

Setelah memahami pengenalan tentang apa itu Product Management dan seperti apa tugas dan tanggung jawab dari Product Manager, kamu pasti lebih tertantang untuk lebih mendalami seputar dunia Product Management!

Untuk membantu kamu, Binar Academy menyediakan kelas online seputar Product Management yang bisa ditemukan melalui Binar Insight. Tapi apabila kamu ingin langsung mendapatkan pelatihan intensif agar bisa langsung terjun di ranah kerja Product Management, kamu dapat mengikuti bootcamp Product Management yang tersedia di Binar Bootcamp.

Sebelum menentukan pilihanmu, kamu bisa mendapatkan akses gratis untuk materi bootcamp Product Management dengan mengunduh aplikasi Binar Academy. Tinggal klik link di banner di bawah ini yaa~!

Baca juga: Stakeholder Management, Pengertian dan Panduannya

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.