Stakeholder Management: Pengertian dan Panduannya

Product Management
stakeholder-management

Binar Academy — Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang Product Manager adalah berkomunikasi dengan baik. Dalam kesehariannya, Product Manager harus menghadapi urusan dari berbagai macam pihak, atau yang sering kita sebut sebagai stakeholders.

Product Manager harus bisa memahami informasi yang disampaikan oleh stakeholders, serta memberikan respon yang sesuai. Tidak hanya itu, Product Manager juga perlu menyampaikan pesan kepada pihak lain agar semuanya dapat berjalan dengan selaras. Kemampuan tersebut dapat pula disebut sebagai stakeholder management.

Stakeholder management adalah skill yang mungkin bisa dikatakan sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, kemampuan mengendalikan stakeholders itu sama pentingnya dengan kemampuan-kemampuan lain. Product Manager yang baik mampu menyelaraskan stakeholders dengan visi produk dan delivery plan produk, sehingga tidak ada yang keluar jalur.

Lalu, bagaimana sih caranya agar Product Manager bisa “nyambung” dengan stakeholders?

Panduan Melakukan Stakeholder Management

1. Dengarkan keluhan dan feedback dengan saksama

panduan-melakukan-stakeholder-management
Source: Unsplash

Di beberapa perusahaan ternama, seperti Amazon, mereka menyediakan training call center untuk semua karyawannya. Untuk apa? Untuk melatih kemampuan mendengar. Saat kamu mampu mendengar dengan seksama, kamu bisa mengidentifikasi masalah atau keluhan secara menyeluruh dan memahami feedback dengan lebih baik.

Mendengarkan keluhan dan feedback dari stakeholders merupakan salah satu cara dasar yang perlu dikuasai oleh seorang Product Manager sebelum pada akhirnya memberikan jawaban. Gunakan waktu untuk memahami masalah mereka, berikan penjelasan bahwa kamu mengerti kenapa mereka membutuhkan itu, sebagai bentuk empati dari apa yang mereka rasakan.

2. Bangun relasi dan kepercayaan

panduan-stakeholder-management
Source: Unsplash

Kepercayaan adalah faktor penting dari relasi. Tanpa kepercayaan, maka hubungan baik tidak bisa berjalan dalam jangka panjang. Singkatnya, kepercayaan dapat dirumuskan sebagai berikut:

Kepercayaan = Kredibilitas + Keandalan + Intimasi

Kredibilitas dapat dilihat dari bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang lain. Selain itu, menjadi sosok yang data-driven juga akan membantu meningkatkan kredibilitas diri kamu. Reliabilitas berarti kemampuan yang bisa membuat orang lain bergantung pada kita (dengan memberikan performa yang konsisten). Serta Intimasi yang dibangun dengan komunikasi secara rutin, seperti contohnya selalu melibatkan stakeholders di setiap proses discovery produk.

apa-itu-stakeholder-management
Source: Unsplash

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa stakeholder management yang sukses melibatkan banyak komunikasi yang kemudian bisa membangun kepercayaan. Kepercayaan tersebut yang kemudian dapat meyakinkan stakeholders bahwa masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Tanpa kepercayaan bahwa kamu dapat mengatasi kekhawatiran mereka atau menerapkan visi yang telah disepakati, stakeholders mungkin akan berhenti mendengarkan apa yang kamu katakan dan berpotensi menghalangi proyek selesai tepat waktu atau bahkan berhasil diselesaikan (alias, menambah masalah baru).

3. Transparan dengan prioritas

stakeholder-management-1
Source: Slidebean on Unsplash

Selalu jalin hubungan dengan stakeholders, libatkan mereka sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Melibatkan mereka dalam proses akan membangun kesadaran bahwa untuk mencapai tujuan diperlukan kerjasama antar pihak.

Terutama untuk internal stakeholders, berikan gambaran product roadmap dengan jelas. Sampaikan informasi secara transparan mengenai prioritas fitur atau produk yang didahulukan, sertakan dengan alasan yang konkrit. Dengan ini, stakeholders dapat melihat proses secara menyeluruh dan mereka dapat memahami alasan di balik pengambilan keputusan yang perlu diutamakan.

Kembangkan Skill Stakeholder Management dengan Binar Academy

Berkomunikasi memang jadi salah satu hal yang esensial guys dalam bekerja! Kamu perlu mengasahnya sedemikian rupa agar bisa menghadapi tantangan-tantangan dalam pekerjaan.

Agar kamu skill komunikasi mu lebih terlatih khususnya dalam bidang pekerjaan Product Management, kamu bisa pelajari secara gratis materi-materi seputar PM mulai dari dasar hingga skill komunikasi seperti stakeholder management melalu aplikasi Binar Academy yang dapat diunduh melalui PlayStore & AppStore.

Apabila kamu ingin mengikuti kelas online Product Management atau mungkin bootcamp Product Management, kamu juga dapat menemukannya di Binar Academy! Cari tahu selengkapnya yuk, Binarian!

product-management-binar-academy

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.