Strategi Digital Marketing Paling Efektif Untuk Pemasaran

Digital Marketing

Binar Academy - Strategi digital marketing memiliki peranan yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Secara sederhana, ini merupakan metode pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai media. Dengan menerapkan strategi yang tepat kamu bisa menjangkau pasar secara luas.

Hal tersebut bisa diraih karena umumnya digital marketing memanfaatkan internet untuk sistem kerjanya. Selain itu, penerapan strategi pemasaran melalui digital bisa dikatakan jauh lebih hemat karena tidak perlu mencetak dan lain sebagainya.

Jenis Strategi Digital Marketing

jenis strategi digital marketing
Sumber : Soffront

Strategi digital marketing bisa diterapkan dalam beberapa cara. Hal ini tentu dapat memberikan dampak bagi bisnis yang dikelola sehingga kamu perlu memilihnya dengan baik. 

Pemasaran yang dilakukan tidak dapat berjalan dengan efektif tanpa adanya strategi. Inilah beberapa jenis strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga : Keunggulan Performance Marketing dan Cara Kerjanya

1. Pay Per Click Advertising 

pay per click advertising salah satu jenis digital marketing
Sumber : ClickMan

PPC merupakan mode pemasaran internet, dimana pengiklan akan membayar biaya untuk setiap iklan di klik. Umumnya iklan tersebut dipasarkan melalui halaman Google dengan menggunakan layanan Google Ads. 

Pay per click bertujuan untuk menjangkau audiens yang melakukan pencarian sebuah keyword di Google. Ketika keyword dimasukkan, halaman pencarian akan memunculkan iklan dari website kamu. 

Teknik ini sangat cocok bagi kamu yang baru mulai menggunakan pemasaran digital. Strategi digital marketing untuk bisnis online ini dapat bermanfaat untuk mendorong website bisnis kamu untuk menduduki peringkat atas hasil pencarian. 

Teknik ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan pelanggan secara langsung. Jika dilihat sepintas, mungkin teknik ini hampir mirip dengan SEO. Namun jangan salah, keduanya merupakan metode yang berbeda. 

Teknik PPC mengharuskan kamu membayar kepada Google untuk setiap iklan yang ditempatkan. Dihitung dari klik audiens. Sedangkan SEO, bukanlah iklan. Namun lebih berfokus terhadap targeting keyword dan pengoptimalan website tertentu.

2. SEO 

SEO salah satu strategi digital marketing
Sumber : Responsify

Strategi digital marketing yang sangat populer adalah SEO. Metode ini digunakan untuk membuat website atau blog yang dikelola bisa menduduki peringkat atas mesin pencarian Google. 

Dengan rekomendasi tersebut, audiens akan semakin percaya dan tertarik dengan brand yang dipasarkan. SEO bertujuan mengarahkan lebih banyak lalu lintas untuk menuju ke sebuah website tertentu. 

Hal dasar yang harus dipahami untuk mengoptimalkan teknik SEO adalah penggunaan keyword. Dengan menggunakan keyword yang tepat, website yang kamu kelola akan terus direkomendasikan ketika audiens mencari kata kunci yang sama. 

Semakin banyak jumlah pengunjung, tentu website akan semakin direkomendasikan. Teknik ini dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Inilah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan website bisnis yang dikelola.

  • Gunakan keyword yang paling banyak dicari para halaman website atau blog.
  • Analisa keyword yang akan digunakan terlebih dahulu.
  • Buatlah backlink dari website lain yang isinya mengarahkan ke website yang kamu kelola.
  • Masukkan internal link yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya. Tema link harus sesuai sehingga audiens bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
  • Gunakan tool untuk dapat menganalisa traffic website yang dikelola. Tools yang bisa digunakan antara lain Google Analytics.
  • Pelajari jumlah akses dan klik pada setiap halaman yang terdapat pada website. Dengan melakukan analisis yang cermat, kamu bisa menentukan cara terbaik untuk mengembangkan setiap halaman website.

3. Email Marketing

email marketing salah satu strategi marketing
Sumber : Exabytes

Pemasaran melalui email berfokus terhadap tujuan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada serta bisa menjangkau pelanggan baru. 

Teknik ini sangat bagus untuk membangun kesadaran akan merek, mendorong pembelian berulang dan menjaga nama brand agar tetap diingat. Email marketing bisa berisi informasi maupun promo yang dikirimkan kepada pelanggan. 

Dengan begitu pelanggan bisa mendapatkan update terbaru seputar produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini memungkinkan pelanggan tidak akan melewatkan berbagai promosi yang sedang berlangsung. 

Email marketing perlu dibuat dengan menarik sehingga enak dilihat dan mampu memberikan kesan yang kuat sehingga pelanggan menjadi tertarik.

4. Sosial Media Marketing 

strategi digital marketing, social media marketing
Sumber : MedGroupUs

Metode ini menggunakan platform sosial media untuk dapat terhubung dengan audiens secara luas.

Tujuan penerapan metode ini adalah untuk membangun brand yang kamu miliki, mengarahkan audiens untuk mengunjungi situs tertentu serta untuk meningkatkan penjualan. 

Pemasaran melalui sosial media dianggap lebih efektif karena mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Rekomendasi brand melalui sosial media umumnya cepat berkembang karena dipasarkan secara intens. 

Kamu bisa menggunakan beberapa platform sosial media untuk melakukan pemasaran. Ketahui karakteristik dari setiap platform yang digunakan agar kamu bisa membuat konten yang menarik. 

Bukan hanya dari segi informatif, namun konten yang dihadirkan juga harus memiliki visual yang menarik. Analisis strategi digital marketing harus dilakukan dengan baik agar pemasaran dapat berjalan lancar dan tidak kalah dengan kompetitor.

5. Content Marketing

strategi digital marketing content marketing
Sumber : TalkCMO

Teknik ini diterapkan untuk dapat melibatkan, menjangkau hingga terhubung dengan pelanggan melalui berbagai konten. Dengan begitu komunikasi brand ke pelanggan bisa dilakukan secara lebih menarik. 

Metode ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis yang dikelola. Teknik ini cocok sekali untuk mengembangkan bisnis UMKM agar lebih kenal oleh audiens. Kamu bisa menghadirkan berbagai jenis konten seperti blog, video, infografis dan lain sebagainya. 

Konten dengan visualisasi yang menarik dapat membuat pelanggan tergerak untuk mencoba dan melakukan pembelian. Konten yang dihadirkan bisa bekerja secara lebih efektif jika kamu bisa memadukannya dengan teknik SEO. 

Dengan menerapkan SEO, konten yang dihadirkan bisa lebih mudah untuk ditemukan oleh seluruh pengguna melalui pencarian Google. Kamu perlu membuat konten yang berbasis bagi audiens sehingga mudah diingatkan. 

Kualitas konten merupakan hal yang harus diperhatikan agar mampu menarik perhatian pelanggan. Melalui hal tersebut, pelanggan bisa lebih percaya dengan produk yang ditawarkan.

Dengan menerapkan strategi digital marketing, kamu bisa secara bertahap mengembangkan bisnis secara signifikan. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan branding dan juga keuntungan yang bisa diraih.

Baca Juga : 12 Pelatihan Digital Marketing Online

Artikel Rekomendasi