General

12 Pelatihan Digital Marketing Online

Binar Academy
12 Pelatihan Digital Marketing Online
Isi Halaman :

Binar Academy - Apakah kamu tahu bahwa saat ini digital marketing specialist sedang banyak dicari di dunia kerja? Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membangun karier. Kamu belum punya keahlian digital marketing? Tenang, sekarang sudah banyak kelas yang menyediakan pelatihan digital marketing.

Bahkan kelas tersebut tersedia secara online. Begitu mudah dan praktis jika kamu ingin belajar digital marketing. Tidak perlu lagi datang ke acara atau workshop di luar kota. Kamu bisa mengikuti pelatihan hanya dengan duduk manis di rumah.

Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Online Bersertifikat

rekomendasi pelatihan digital marketing
Sumber : Unsplash

Jangan bingung kalau kamu ingin mengikuti kelas pelatihan digital marketing online. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi yang sangat layak untuk dicoba.

1. Udacity Digital Marketing Course

pelatihan digital marketing udacity
Sumber : Udacity

Rekomendasi pelatihan yang pertama ini termasuk kelas premium. Artinya, kamu harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu sebelum bisa bergabung dengan kelasnya. Meski berbayar, kelas ini sangat direkomendasikan karena ada banyak sekali hal yang akan diajarkan.

Kamu akan belajar mulai dari dasar digital marketing, meningkat ke strategi pembuatan konten digital marketing, SEO, Google Ads, email marketing, hingga memaksimalkan fungsi Google Analytics. Durasi kelas ini kurang lebih 3 bulan dan kamu akan belajar selama 10 jam per minggu.

2. SEMRUSH Academy

pelatihan digital marketing semrush academy
Sumber : Semrush

SEMRUSH adalah salah satu perusahaan digital marketing ternama. Siapa sangka kalau perusahaan ini juga membuka kelas digital marketing online. Ada beragam jenis kelas yang bisa kamu pilih. Masing-masing kelas bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit sampai 5 jam.

Berbeda dengan kelas yang diselenggarakan oleh Udacity, SEMRUSH menggratiskan biaya kelas online ini. 

3. Reliablesoft Academy

pelatihan digital marketing reliablesoft academy
Sumber : Realiblesoft

Sama seperti SEMRUSH, Reliablesoft juga termasuk salah satu agensi digital kenamaan. Agensi ini membuka pelatihan digital marketing dalam 9 kelas berbeda. 

Jika ingin mendapatkan sertifikat digital marketing, kamu harus menyelesaikan seluruh kelas tersebut. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga harus mengikuti ujian dan lulus. 

Materi yang diajarkan hampir sama seperti pelatihan yang lain yaitu tentang Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan berbagai strategi digital marketing.

4. Facebook Blueprint

pelatihan digital marketing facebook blueprint
Sumber : Kindpng

Terdapat 90 jenis course yang ditawarkan di Facebook Blueprint. Setiap course memberikan pembelajaran yang berbeda seputar advertising, pengaturan ads, pengukuran ads performance, media buying, peningkatan penjualan online, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan sertifikat pelatihan dari Facebook Blueprint, kamu tidak harus menyelesaikan semua kelasnya. Pilih saja beberapa yang paling kamu minati.

5. The Complete Digital Course Udemy

pelatihan digital marketing the complete digital course udemy
Sumber :TuftsUniversity

Udemy merupakan platform online course yang sudah cukup populer. Platform yang satu ini menyediakan begitu banyak materi pelatihan termasuk digital marketing. Untuk bisa mengikuti kelasnya, kamu harus membayar biaya registrasi terlebih dahulu.

Biaya masih cukup terjangkau, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena uang yang dibayarkan akan setimpal dengan ilmu yang didapatkan.

6. Social Media Quickstarter

pelatihan digital marketing social media quickstarter
Sumber : Myskill

Berbeda dengan pelatihan lain yang mengajarkan digital marketing secara umum, Quickstarter ini lebih fokus pada social media marketing. Ini sangat cocok untuk kamu yang memang ingin fokus di pemasaran media sosial saja.

Di pelatihan ini, kamu berkesempatan untuk mempelajari strategi digital marketing di berbagai medsos seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Gaya Belajar Menurut Gardner, Cari Tau Gayamu!

7. Wordstream PPC University

Sumber : PPCUniversity

Wordstream sudah dikenal sejak lama sebagai platform online advertising. Belakangan, pihaknya meluncurkan program bernama PPC University. Program ini akan melatih kamu untuk memahami strategi digital marketing, khususnya PPC.

8. Cakap Upskill

Cakap Upskill

Cakap Upskill adalah salah satu platform pelatihan keterampilan yang bertujuan untuk meningkatkan dan menggali potensi/skill yang dimiliki. Di platform ini, kamu bisa mencari beragam kursus bersertifikat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu pelatihan yang bisa kamu ikuti di sini adalah kursus Digital Marketing.

Ada banyak pilihan kelas Digital Marketing yang bisa kamu ambil di Cakap Upskill. Tersedia mulai dari kelas Digital Marketing singkat, kelas online, kelas premium, hingga kelas Digital Marketing ultimate. Durasi kursusnya juga beragam, dari yang hanya satu minggu, hingga kursus untuk profesional selama 6 bulan. Soal biaya, nggak usah khawatir karena ramah di kantong dan sangat affordable.

9. HubSpot Academy Free Inbound Marketing Certification

pelatihan digital marketing hubspot academy
Sumber : HubSpot

Kalau kamu tertarik untuk mempelajari strategi inbound marketing, ini adalah tempat yang tepat untuk menuntut ilmu. Kelas ini menyediakan 11 modul yang terdiri dari teks dan video. kamu bisa menyelesaikan kelas ini hanya dalam waktu 4,5 jam.

Menariknya, HubSpot juga menyediakan sertifikat bagi siapa saja yang berhasil menyelesaikan kurus online tersebut.

10. Google Analytics Academy

pelatihan digital marketing google analytics academy
Sumber : Digitalscontent

Google menyelenggarakan akademi yang khusus memberikan pelatihan strategi memaksimalkan Google Analytics. Di sini, kamu bisa memilih level kursus sesuai dengan kemampuan kamu. Tidak harus mulai dari awal kalau kamu memang sudah memiliki ilmu dasar Google Analytics.

11. Google Digital Garage

Pelatihan Digital Google Digital Garage
Sumber : MyNottinghamNews

Kursus atau pelatihan yang selanjutnya ini dikelola oleh Google. Kamu juga sudah bisa melihat melalui namanya. Menariknya, pelatihan ini sudah mendapatkan akreditasi dari Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University.

Kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan digital marketing. Contohnya antara lain social media, selling online, Google Analytics, dan lain-lain. Kursus ini memiliki durasi 40 jam dan terdapat 28 modul di dalamnya.

12. LinkedIn Learning Becoming a Digital Marketing Specialist

Sumber : OxfordBrookesUniversity

Sudah sejak lama LinkedIn menyediakan berbagai kelas gratis yang bisa diakses penggunanya. Salah satunya adalah kelas pelatihan digital marketing bertajuk “Becoming a Digital Marketing Specialist”. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu akan mendapatkan banyak ilmu. Beberapa topik yang dibahas antara lain email merketing, content marketing, social media marketing, Google Ads, SEO foundations, dan masih banyak lagi. 

Sertifikat pelatihannya bisa langsung kamu semakan di profil LinkedIn setelah menyelesaikan seluruh rangkaiannya.

13. Google Skillshop

pelatihan digital marketing google skillshop
Sumber : SortYourFuture

Kursus ini dirancang oleh para pakar produk dari Google. Di sini, kamu bisa mengembangkan skill yang bisa langsung dipraktikkan. Ada banyak kursus yang bisa diambil misalnya Google Marketing Platform dan Google Ads.

Pelatihan ini gratis dan kamu juga akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Selain skill digital marketing, kamu juga bisa mengambil pelatihan lain yang diinginkan.

Mengikuti pelatihan digital marketing seperti yang sudah dijelaskan di atas akan memberikan banyak benefit bagi kamu. Ilmunya bisa diterapkan untuk memajukan bisnismu sendiri atau menggunakan sertifikatnya untuk melamar kerja.

Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya