7 Gaya Belajar Menurut Gardner, Cari Tau Gayamu!

Soft Skills
7 Gaya Belajar Menurut Gardner, Cari Tau Gayamu!

Binar Academy — Nggak semua orang punya ketertarikan untuk belajar. Sebagian besar lainnya bahkan melihat belajar sebagai sebuah kegiatan yang diwajibkan semata-mata supaya bisa mendapat nilai yang tinggi, lulus cepat, dan bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Nggak ada salahnya, kok, Binarian! Tapi, kalau kita mau take a big picture, sebenarnya belajar ini adalah proses yang bisa jadi kita lakukan seumur hidup. Karenanya, menemukan tipe atau gaya belajar yang tepat bisa membantu kita untuk lebih enjoy saat proses menyerap ilmu.

Apa Itu Gaya Belajar?

Pernahkah kamu merasa aneh ketika melihat temanmu yang belajar sambil mendengarkan musik? Bisa jadi, gaya belajar kamu berbeda dengan teman kamu.

Howard Gardner, seorang psikolog dan profesor pendidikan, pernah bilang kalau manusia bisa digolongkan ke dalam tujuh tipe berdasarkan cara mereka belajar.

Apa saja, sih? Scroll ke bawah untuk mengetahui gaya belajar menurut Gardner ya!

Gaya Belajar Menurut Howard Gardner

1. Visual learner

contoh visual learner

Kalau kamu merasa lebih mudah memahami materi dari bentuk infografik atau video penjelasan, kamu termasuk visual learner. Orang-orang yang memiliki tipe belajar ini cenderung mengolah informasi gambar, simbol, dan warna dengan lebih mudah.

Kamu bisa mencoba untuk membuat mindmap atau rangkuman dalam bentuk infografik. Plus, jangan lupa untuk banyak membubuhkan warna ke dalam catatanmu.

2. Aural learner

contoh aural learner

Orang-orang dengan gaya belajar aural akan belajar lebih baik ketika mereka melibatkan suara di dalamnya, seperti melafalkan materi dengan suara kencang dan mendengarkan rekaman materi.

Kalau kamu termasuk ke dalam tipe ini, cobalah untuk menggunakan musik sebagai sarana belajar seperti menghafalkan materi dengan irama.

3. Verbal learner

contoh verbal learner

Tipe pembelajar verbal identik dengan catatannya yang lengkap dan unik dengan singkatan-singkatan khusus yang mereka buat untuk bisa belajar dengan lebih baik.

Kalau kamu termasuk salah satunya, kamu bisa mencoba untuk lebih fokus membuat catatan yang sesuai dengan kepribadianmu.

4. Physical learner

contoh physical learner

Tipe pembelajar physical ini akan lebih mudah menerima materi dengan mempraktikkan langsung materi tersebut, alias tipe orang yang learning by doing.

Nah, meskipun punya kemampuan praktik yang baik, kamu yang memiliki tipe belajar ini jangan lupa untuk menguasai teori dan konsep juga, ya!

5. Logical learner

contoh logical learner

Sesuai sama namanya, pembelajar dengan tipe ini memiliki kemampuan logika yang baik. Mereka akan lebih mudah memahami materi ketika sudah menemukan pola-pola yang saling berhubungan. Tipe pembelajar ini lebih menyukai jika materi yang diberikan memiliki dasar dan alasan yang tepat. Memperkaya referensi dan perspektif bisa membantu kamu yang memiliki tipe belajar ini.

6. Interpersonal learner

contoh interpersonal learner

Pernah merasa kalau belajar sendiri jauh lebih susah mengerti materinya dibandingkan kamu belajar kelompok? Itu artinya kamu termasuk ke dalam tipe pembelajar interpersonal yang lebih mudah memahami materi ketika sudah berdiskusi dan berkomunikasi dengan teman-temanmu. Cobalah untuk membentuk kelompok belajar yang memiliki tipe belajar yang sama.

7. Intrapersonal learner

contoh intrapersonal learner

Berkebalikan dengan interpersonal, orang-orang dengan tipe belajar intrapersonal membutuhkan konsentrasi tinggi dan lingkungan yang tenang saat memahami materi sehingga pembelajar dengan tipe ini akan merasa lebih nyaman jika belajar sendirian. Cobalah untuk mencari tempat khusus yang membuatmu tenang dan nyaman saat belajar seperti perpustakaan di pagi hari.

Binar Academy Memfasilitasi Semua Gaya Belajar

Itu dia beberapa gaya belajar dari Howard Gardner yang bisa kamu ketahui, Binarian! Gaya belajarmu yang seperti apa nih?

Di Binar, kami sangat memahami jika semua individu itu unik dan memiliki cara belajarnya masing-masing. Oleh karenanya, ketika belajar bareng Binar, kamu tidak hanya akan mendapat materi belajar namun juga cara penyampaian yang sangat menyenangkan! Kamu dapat bertemu dengan fasilitator yang akan membimbing kamu hingga paham, menemukan challenge yang akan terus membakar semangatmu, serta grup diskusi yang bisa serius namun bisa santai juga!

Penasaran? Coba gratis aja dulu belajar bareng Binar Academy dengan unduh aplikasi Binar Academy melalui AppStore/Play Store!

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.