Data

Intip Cara Mempelajari Phyton Data Science dengan Mudah

Binar Academy
Intip Cara Mempelajari Phyton Data Science dengan Mudah
Isi Halaman :

Binar Academy - Phyton data science menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak diminati. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Kamu harus bekerja keras agar usaha yang dilakukan membuahkan hasil. 

Salah satunya dengan meningkatkan komitmen belajar sehingga selain menambah ilmu, juga bisa membuka kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir. Misalnya menjadi seorang data scientist. 

Saat ini banyak cara yang dapat dipilih untuk belajar ilmu tersebut. Kamu harus menyediakan waktu khusus agar bisa menguasainya. Pada umumnya dibutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk bisa mahir.

Oleh karena itu, simak bagaimana cara terbaik agar belajar menjadi lebih menyenangkan. Dengan demikian, ketrampilan kamu dalam bidang analisis data akan semakin meningkat. 

Apa itu Phyton dan Penggunaannya dalam Data Science

apa itu phyton dan penggunannya dalam data science
Sumber: Unsplash

Phyton merupakan suatu bahasa pemrograman yang digunakan para ilmuwan untuk membuat visualisasi sekaligus membangun model. Selain itu, berfungsi membersihkan data. Pada umumnya bersifat open source dan mudah untuk ditafsirkan. 

Banyak proyek yang memanfaatkannya karena bahasa pemrograman tersebut paling bagus. Misalnya untuk memecahkan ilmu statistik, matematika dan lain-lain. Siapa saja bisa mempelajarinya dengan mudah meskipun masih pemula.

Phyton data science mulai hadir sejak tahun 1991 dan hingga kini masih terus dikembangkan. Perancangnya adalah Guido van Rossum. Kamu dapat memakainya salah satu sistem operasi yang tersedia. 

Salah satu contohnya adalah sistem operasi Linux. Kode-kodenya sangat simpel sehingga mudah untuk dipahami. Dengan demikian, para programmer bisa lebih fokus dalam mengembangkan aplikasi.

Diharapkan para developer aplikasi tidak lagi mengurusi syntax error. Ditambah lagi cara mengoperasikannya juga lebih mudah. Asalkan ada kode print, maka bisa langsung mencetak sesuai keinginan. 

Sintaksis pada phyton data science cukup sederhana sehingga banyak orang menggunakannya. Selain itu, memperluas jangkauan pengguna karena orang dengan background selain teknik tetap bisa menggunakannya. 

Biasanya dimanfaatkan untuk membuat sebuah prototipe cepat. Berbagai kemudahan yang didapatkan berkat adanya kerangka kerja pembelajaran yang memakai API pyhton. Terbukti hasilnya lebih produktif dan meningkatkan nilai gunanya.

Contoh pemanfaatan lainnya adalah dalam membuat aplikasi NLP (Natural Language Processing). Selain itu, untuk pemrosesan bahasa alami dan melakukan analisis sentimen. 

Phyton memiliki perpustakaan yang dapat digunakan untuk menemukan solusi atas berbagai masalah dengan mudah. Misalnya menyelesaikan masalah bisnis yang cukup kompleks, membangun sebuah aplikasi data, suatu sistem dan lain-lain.

Baca Juga: IoT Adalah Internet of Things, Simak Penjelasan Lengkapnya

Manfaat Belajar Phyton

manfaat belajar phyton
Sumber: Unsplash

Banyak manfaat yang diperoleh setelah mempelajarinya karena merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik di dunia. Dengan demikian, akan memperlebar peluang pasar kerja.

Kamu harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bekerja di industri paling populer. Hal ini memberi celah bagi kamu untuk mengembangkan karir menjadi lebih baik. 

Di sisi lain, banyak tempat untuk belajar dan berlatih. Kamu dapat menentukan sendiri tempat yang nyaman sehingga turut mendukung aktivitas belajar.

Saat ini phyton data science menjadi bahasa pemrograman terpopuler. Fakta ini diperoleh berdasarkan indeks PYPL (PopularyitY of Programming Language). Bagi kamu yang bercita-cita bekerja di luar negeri, wajib mempelajarinya. 

Kamu dijamin akan mendapatkan pekerjaan bagus di negara lain seperti Australia. Bahkan, peluang tersebut juga terbuka bagi kamu jika ingin bekerja di negara lainnya. 

Salah satu keuntungannya adalah mudah dipelajari. Jika tujuan kamu belajar hanya untuk menyelesaikan tugas kantor, maka bisa belajar dengan cepat. Namun, berbeda saat kamu ingin menjadi analis data. 

Belajar phyton data science membutuhkan waktu lebih lama jika ingin mahir dalam bidang analisis data. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan kamu memahami ilmu tersebut. 

Contohnya adalah apabila kamu pernah memiliki pengalaman dalam hal menulis kode, maka membantu untuk mempercepat memahami phyton. Metode pembelajaran yang efektif juga mempermudah proses pembelajaran. 

Apabila kamu ingin mahir dalam bidang ini, maka sebaiknya luangkan waktu khusus untuk mempelajarinya setiap hari. Jika ingin mempelajari materi dasar membutuhkan waktu 2 sampai 6 bulan. 

Cara Mempelajari Phyton untuk Data Science

cara mempelajari phyton data science
Sumber: Engadget

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempelajari ilmu dasar pemrograman terlebih dahulu. Nantinya, kamu tidak akan kesulitan ketika sudah mulai mengenal phyton data science.

Contoh tools untuk dikuasai adalah Juoyter Notebook. Selain itu, ada komunitas yang bisa mewadahi kamu untuk belajar. Proses belajar menjadi lebih seru karena kamu bisa bertukar pikiran dengan senior.

Apabila ingin memperdalam ilmu ini maka dianjurkan memiliki akun Kaggle maupun bergabung ke komunitas. Setelah itu, harus berlatih menyelesaikan proyek seperti membuat sebuah aplikasi simpel. 

Proyek seperti itu akan mengasah keterampilan kamu. Semua itu bisa diawali dengan belajar web craping dan API terlebih dahulu. Keduanya akan membantu dalam hal mengoleksi data. 

Selanjutnya, mempelajari lebih dalam library phyton data science. Banyak database yang telah tersedia di dalamnya seperti Pandas, Scikit-learn, NumPy dan Matlolib. Pada umumnya, user lebih senang memilih Pandas dan NumPy. 

Langkah berikutnya adalah membuat portofolio. Saat membuat harus memperhatikan jenis proyeknya. Contohnya antara lain project data cleaning, machine learning dan data visualization. 

Pastikan informasi yang disajikan jelas sehingga mempermudah orang lain untuk memahaminya. Setiap orang bebas menentukan tema, namun alangkah baiknya jika relevan dengan perusahaan favorit.

Kamu dianjurkan untuk mempelajari phyton data science lebih lanjut meskipun sudah mahir ilmu dasar. Kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan para ahli di bidang tersebut. 

Meski sudah mahir, namun tetap harus belajar dan berkumpul dengan komunitas. Semua ini dilakukan karena data science termasuk bidang yang terus mengalami perkembangan sehingga berdampak positif bagi karir kamu. 

Cara untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Tidak heran saat ini para ilmuwan lebih memilih phyton data science, mengingat banyak kemudahan yang ditawarkan. 

Baca Juga: 7 Cara Belajar Coding yang Efektif Bagi Pemula

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya