General

IoT Adalah Internet Of Things, Simak Penjelasan Lengkapnya

Binar Academy
IoT Adalah Internet Of Things, Simak Penjelasan Lengkapnya
Isi Halaman :

Binar Academy - IoT adalah kepanjangan dari internet of things yang mana memiliki arti internet merupakan segalanya. Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa internet berperan penting dalam segala aktivitas dilakukan.

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin hari mengalami kemajuan hingga dititik ini. Pertumbuhan pesat ini menghadirkan terobosan baru yang kamu bahkan sulit memikirkannya dan sangat berguna pada Indonesia.

Meskipun ketertinggalan Negara ini dibidang IPTEK sangat jauh, namun Indonesia tetap berusaha mengejar agar pertumbuhan teknologi terus berkembang. IoT adalah salah satu bukti yang bisa kamu liat sekarang.

Teknologi ini memang sudah dikembangkan sudah lama sekali, namun baru bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas baru-baru ini sehingga namanya pun semakin melambung tinggi dan mulai popular digunakan.

IoT adalah salah satu dari sekian banyak teknologi yang dikembangkan untuk menghadapi era digital seperti sekarang dan dapat memudahkan masyarakat dan pengguna ketika memakainya serta dapat mengatasi kesulitan berbasis digital tersebut.

Menanggapi hal tersebut pihak berwenang selalu melakukan pengembangan terhadap program ini agar kedepannya bisa mencapai hasil maksimal dan lebih berpotensi dalam membantu kebutuhan internet sehari-hari.

Apa yang Dimaksud Internet Of Things (IoT)

apa yang dimaksud internet of things
Sumber : LibyanExpress

IoT adalah suatu singkatan dari internet of things yang memiliki arti bahwa internet adalah segalanya. Hal ini memberi makna bahwa suatu konsep saat suatu benda mempunyai teknologi seperti sensor dan software memiliki tujuan dalam berkomunikasi, menghubungkan, bertukar data menggunakan perangkat lain saat terhubung ke internet.

Hal ini membuktikan bahwa internet berperan aktif dalam aktivitas digital sehari-hari. Dengan adanya hal tersebut maka tentu akan mempermudah ketika ingin melakukan transfer data atau berkomunikasi kepada seseorang selama masih memiliki koneksi dengan internet.

IoT adalah salah satu teknologi memiliki hubungan erat terhadap istilah M2M (machine-to-machine). Alat yang digunakan pada M2M mampu berkomunikasi sehingga disebut smart devices atau perangkat cerdas.

Tujuan diciptakannya perangkat cerdas atau smart devices semata-mata untuk membantu dan menjadi solusi atas penyelesaian berbagai masalah atau urusan serta tugas yang dimiliki manusia.

Menanggapi hal tersebut, IoT adalah salah satu kemudahan diciptakan agar membantu kerja setiap orang. Untuk mengembangkan teknologi ini tentu tidak mudah ada beberapa langkah perlu ditempuh dalam menciptakan kemudahan bagi manusia.

Baca Juga : Cara Menjadi Programmer Anda dan Terpercaya

Komponen IoT (Internet Of Things)

komponen internet of things
Sumber : DotMagazine

Dalam pengembangan teknologi ini sebagai bentuk upaya membantu kerja manusia, ada beberapa komponen dalam IoT adalah bagian penting untuk mempermudah aktivitas yang dimiliki.

Memiliki julukan sebagai the next big things membuat IoT memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih baik lagi kedepanya. Sebab dapat dikatakan teknologi tersebut bisa membuat kehidupan jauh lebih baik lagi.

Pada dasarnya IoT adalah sebuah konsep teknologi menghubungkan perangkat lain dengan media internet dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Banyak Negara maju sudah menerapkan hal ini, Indonesia juga sudah mengaplikasikannya walau tidak menjadi mayoritas.

Ada beberapa komponen yang ada dalam teknologi tersebut namun secara mendasar hanya ada 4 komponen saja. Berikut akan kami jelaskan beberapa komponen terdapat dalam IoT.

1. Sensor

sensor di internet of things
Sumber :TheInternetofThings.report

Sensor adalah salah satu hal memiliki fungsi dalam pengambilan data dari suatu objek. Data yang dimaksud bisa berupa informasi misalkan temperature udara yang sesuai dengan tayangan video.

IoT adalah teknologi memiliki beberapa sensor berfungsi dalam mendapakan banyak data untuk memberi informasi lengkap terhadap penggunanya. Maka dari itu dalam teknologi ini memerlukan sensor didalamnya.

2. Konektivitas

konektivitas dalam iot
Sumber : Dashwire

Untuk mengirimkan data yang diambil dari sensor tersebut maka memerlukan jaringan internet sebagai medianya. Ada banyak sekali pilihan konektivitas seperti jaringan seluler atau Wi-Fi.

Dari kedua sumber internet ini memiliki banyak kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun IoT adalah sebuah sistem stabil untuk itu disarankan memakai akses lebih stabil.

3. Data Olahan

data olahan dalam iot
Sumber : IoTElectronicsforu

Setelah melalui pengiriman yang mana memerlukan konektivitas maka selanjutnya adalah data didapat akan melalui proses pengolahan sebelum terjadinya dan terbentuknya suatu perintah.

4. User Interface (UI)

user interface dalam iot
Sumber : MobileAppDaily

Kamu akan di arahkan pada penggunaan teknologi pengenalan tersebut. Biasanya digunakan pada smart devices seperti smartphone, tablet dan komputer. Hal ini berfungsi dalam mengendalikan device dari IoT sendiri.

Mekanisme dan Manfaat Internet Of Things (IoT)

mekanisme dan manfaat internet of things
Sumber : Kaizenmantra

Cara kerja dari program ini sangat sederhana. Dengan menggunakan instruksi program  terandung setiap perintah dapat menghasilkan sebuah interaksi pada sesame perangkat yang terhubung secara langsung tanpa kehadiran intervensi dari pengguna.

Bisa dikatakan bahwa teknologi ini di atur sedemikian rupa agar memudahkan pengguna dalam melakukan control jarak jauh terhadap suatu objek kendali. Faktor utama dari kelancarannya adalah stabilisasi jaringan konktivitas.

Dimana konektivitas menjadi kunci dari keberhasilan terhubungnya sistem dan perangkatnya. Manusia hanya menjadi pengawas dan memonitor setiap aktivitas dari perangkat ketika sedang menjalankan perintah. 

Ada 3 manfaat utama bisa didapatkan ketika menggunakan teknologi ini dalam kegiatan sehari-hari. Pertama, kegiatan akan lebih efisien dengan pengendalian jarak jauh yang ditawarkan. Sehingga beberapa tugas bisa terselesaikan dalam waktu bersamaan.

Kedua, memiliki monitor kerja praktis. Menggunakan IoT sebagai pengendali bisa melakukan kontrol aktivitas dimana dan kapanpun. Selain itu juga bisa mendapat rekomendasi dari aktivitas apa ingin dikerjakan sehingga seluruh kegiatan akan lebih mudah terlaksananya.

Ketiga, koneksi tidak sulit. Konektivitas yang dibentuk akan menjadi lebih mudah dikarenakan semakin baik suatu koneksi antara device terhubung maka sistem perangkat akan berjalan lebih cepat dan sangat efektif.

Manfaat kamu dapatkan dengan menggunakan teknologi modern ini sangat mendukung aktivitas diluar rumah ketika ingin menjalankannya tentu bisa melakukan kontrol jarak jauh. IoT adalah salah satu program serba guna dan cocok untuk digunakan di era digital seperti saat ini. 

Baca Juga : 8 Golden Rules Interface Design yang Wajib Anda Ketahui

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya