Web Development

Perbedaan Coding dan Programming yang Perlu Diketahui

Binar Academy
Perbedaan Coding dan Programming yang Perlu Diketahui
Isi Halaman :

Binar Academy - Tidak sedikit orang yang belum mengetahui perbedaan coding dan programming. Masih banyak orang yang menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama, walaupun mungkin memang keduanya ini sangat mirip dan mungkin saling berkaitan.

Sekarang ini memang dunia sedang sangat diminati oleh banyak orang karena memberikan prospek yang sangat baik untuk masa yang akan datang. Sekarang ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang programmer untuk menciptakan aplikasi yang berkualitas.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang programmer sepertinya wajib mengetahui perbedaan antara coding dan programming. Sebagai seorang programmer tentunya kamu harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai perbedaan coding dan programming.

Untuk menjadi seorang programmer kamu tidak harus menempuh pendidikan secara formal, karena sekarang ini kamu bisa belajar secara otodidak melalui internet dan berbagai media yang lain. Jika kamu ingin memperoleh kemampuan dasar programming pada pendidikan formal bisa masuk jurusan Teknik Informatika atau biasa disebut sebagai TI.

Arti Coding dan Programming

arti coding dan programming
Sumber: Spawn Point

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan coding dan programming kami akan memberitahu kamu terlebih dahulu mengenai arti coding dan juga arti programming. Coding adalah untuk kode dari pemrograman tertentu.

Jadi seorang programmer harus memiliki pengetahuan mengenai bagaimana caranya menulis syntax dari bahasa pemrograman tertentu ketika membuat coding. Dalam hal ini seorang programmer hanya menulis kode saja sesuai dengan sintak yang ada pada bahasa pemrograman yang digunakan.

Sementara itu, programming adalah sebuah proses dalam membangun sebuah aplikasi yang utuh. Jadi seorang programmer tidak hanya menuliskan kode saja akan tetapi juga melakukan analisis modelling sehingga bisa menghasilkan sebuah aplikasi yang terdiri dari sekumpulan instruksi untuk melakukan tugas tertentu.

Jadi programming bisa diartikan adalah sebuah proses untuk membangun aplikasi dari mulai perencanaan sampai proses dimana aplikasi tersebut bisa digunakan. Biasanya pembuatan aplikasi membutuhkan waktu yang cukup panjang karena memang membuat aplikasi bukan suatu hal yang mudah dilakukan.

Baca Juga: 7 Cara Belajar Coding yang Efektif untuk Pemula

Perbedaan Coding dan Programming

perbedaan coding dan programming
Sumber: Programming Hub Blog

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya coding dan programming sebenarnya adalah hal yang sangat mirip dan mungkin saling berkaitan. Dari pengertian yang sudah kami jelaskan di atas Mungkin kamu sudah sedikit memiliki gambaran mengenai perbedaan antara coding dan programming.

Jika dipahami dengan baik proses coding adalah proses menerjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin dengan sekumpulan instruksi tertentu dari bahasa pemrograman. Sementara itu lho programming adalah proses dalam pembuatan sebuah aplikasi.

Perbedaan coding dan programming selanjutnya yaitu mengenai output yang dihasilkan. Proses Kodenya menghasilkan kode untuk menjalankan proses tertentu. 

Sedangkan output dari program ini adalah sebuah aplikasi yang bisa berjalan atau bekerja dengan utuh untuk melakukan pekerjaan atau tugas sesuai dengan perintah kode yang diberikan. Jika dilihat dari proses pembuatannya keduanya juga sudah jelas berbeda. 

Proses pembuatan coding relatif sangat sederhana karena hanya perlu menggunakan text editor untuk menuliskan coding kemudian menjalankannya. Sementara itu program yang membutuhkan ruang lingkup yang lebih luas karena mencakup proses desain sampai proses testing dari sebuah aplikasi.

Jadi secara sederhana coding bisa diartikan sebagai bagian dari programming, dimana dari berbagai macam kode yang dituliskan nantinya akan menghasilkan sebuah aplikasi yang bermanfaat untuk menjalankan tugas tertentu.

Keuntungan Menguasai Coding dan Programming

keuntungan menguasai coding dan programming
Sumber: Career Girls

Setelah mengetahui perbedaan coding dan programming yang kami akan memberitahu kamu berbagai macam keuntungan ketika menguasai coding dan programming. Berikut berbagai macam keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika bisa menguasai coding dan programming.

1. Kesempatan kerja yang sangat luas

Sekarang ini, ada banyak sekali perusahaan yang melakukan proses digitalisasi sistem dan pelayanan untuk semakin meningkatkan kualitas bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga sangat tidak mengherankan jika ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang programmer. Untuk gaji seorang programmer sendiri bisa dikatakan sangat besar, sehingga ini bisa menjadi pilihan karir yang sangat menjanjikan untuk masa depan.

2. Menjadi seorang problem solver

Seorang programmer dituntut memiliki kemampuan logika yang baik untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Ini akan sangat berguna untuk mengasah kemampuan kamu tidak bisa menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang ada.

Hampir tidak mungkin untuk menjadi seorang programmer ketika tidak memiliki kemampuan logika yang baik. Karena nantinya dalam proses coding kamu akan menemukan berbagai macam masalah dan harus diselesaikan menggunakan logika yang kamu miliki.

3. Bisa menciptakan aplikasi yang bermanfaat untuk orang banyak

Akan menjadi kebahagiaan tersendiri ketika bisa menciptakan aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Jika aplikasi yang kamu buat memang berkualitas bukan tidak mungkin juga akan menghasilkan uang yang banyak.

Berikan penjelasan kami mengenai perbedaan coding dan programming, semoga bisa memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai dunia pemrograman.

Baca Juga: Belajar Bahasa Pemrograman Dari Awal Tanpa Backgroud IT

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya