General

Mockup: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Binar Academy
Mockup: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya
Isi Halaman :

Binar Academy - Mockup adalah pembahasan yang jarang sekali dijelaskan, padahal memiliki peranan penting dalam dunia desain. Biasanya alat tersebut digunakan untuk mempresentasi desain dari produk yang sedang dikembangkan. 

Banyak yang berpikir bahwa mockup itu hanya untuk desain, namun apa hubungannya dengan programming. Secara sederhana pembuatan model tersebut memang identik pada kegiatan mendesain.

Programming juga memiliki peranan penting dalam proses untuk membuat sebuah mockup. Misalnya adalah tampilan sebuah web atau aplikasi mobile. Pastinya itu sangat diperhatikan secara khusus untuk meningkatkan daya tarik pengunjung website.

Alangkah lebih baiknya sebelum membuatnya, Kamu harus mengetahui penjelasan dari pembahasan di atas, yaitu mockup adalah pengetahuan yang wajib dipahami oleh semua orang.

Tidak hanya itu, kamu harus memahami berbagai kelebihan, kekurangan dan jenis produk apa yang bisa digunakan sebagai pembuat mockup-nya. Oleh karena itu, pembahasan tersebut akan kami ulas secara lengkap pada artikel ini.

Mengenal Pengertian dari Mockup Design Adalah

mengenal pengertian mockup adalah
Sumber: Visme

Secara umum mockup adalah sebuah rancangan dari sebuah konsep desain yang akan diaplikasikan ke suatu produk. Nantinya dapat dikategorikan kedalam low-fidelity atau high-fidelity.

Low-fidelity adalah desain yang masih bisa dikatakan simpel dan praktis. Sedangkan jika high-fidelity merupakan desain sudah diperhalus dan lebih kompleks dibandingkan biasanya. 

Desain tersebut biasanya dibuat dengan varian dua dimensi dan tiga dimensi, lalu akan diberikan berbagai efek visual keren dan menarik. Sehingga akan terlihat seperti nyata dan terkesan elegan atau modern.

Penggunaan mockup ini sendiri akan sangat memudahkan ketika kamu ingin menyelesaikan suatu proyek desain produk. Selain itu juga dapat mengetahui dan melihat gambaran dari suatu produk sebelum produk aslinya tersebut dirilis.

Sebagai generasi milenial pastinya harus mengetahui dan memanfaatkan teknologi terbarunya. Sehingga semua pekerjaan akan terasa ringan, cepat, dan mudah. Maka dari itu, gunakanlah dengan sebaik baiknya.

Sebagai seorang programer, tentunya harus menguasai berbagai bidang yang berkaitan dengan IT. Karena dimasa yang akan mendatang skill atau kemampuan tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan perusahaan.

Sudah dapat dibuktikan dengan adanya beberapa aplikasi dan website online. Dengan tujuan untuk memudahkan proses kerja pada manusia. Sehingga akan menghasilkan performa lebih praktis dan memuaskan.

Dengan menciptakan aplikasi atau website, semua bisa dimasukan ke dalam sistem tersebut. Mulai dari penjelasan atau identitas perusahaan hingga tawaran tawaran menarik yang dibentuk oleh gambar desain menarik dari mockup.

Baca Juga: Fungsi Flowchart dan Fungsi - Fungsinya

Manfaat Mockup Design yang Perlu Diketahui

manfaat mockup design yang perlu diketahui
Sumber: Shillington Design Blog

Pastinya kamu sudah mengetahui bahwa mockup adalah hal paling penting dalam dunia programming. Salah satu peran pentingnya adalah untuk saling melengkapi dan menghasilkan tampilan produk dari web atau aplikasi menarik.

Kamu harus tahu, Ternyata Mockup Design ini memiliki banyak manfaat. Tentunya bisa dirasakan oleh pihak pengguna. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

1. Memiliki Gambaran yang Realistis

Manfaat yang kamu bisa rasakan ketika menggunakan Mockup sebagai pilihan utama adalah memiliki gambaran realistis atau tampak nyata. Sederhananya mockup menyerupai hasil final dari yang ingin ditunjukan. 

Sehingga nantinya pihak klien akan memiliki imajinasi atau bayangan sama mengenai desain yang ingin diciptakan. Pastinya akan sangat membantu ketika kamu menggunakan Mockup sebagai alat pendukung untuk memuaskan para kliennya. 

Itu semua dikarenakan klien tidak memiliki gambaran nyata tentang karya yang ingin diciptakan dan ditampilkan. Maka dari itu, mockup adalah hal penting dalam dunia desain produk.

2. Media Presentasi

Manfaat berikutnya sebagai media presentasi. Tujuannya adalah untuk menyamakan perspektif antara klien dengan desainer.

Sangat mudah pastinya ketika menyampaikan ide gagasan dari tiap tiap orang dengan menggunakan alat pendukung yaitu mockup. Sehingga semua ide akan dipaparkan pada media tersebut dan pemikiran mereka akan menyatu yang nantinya akan tercipta karya.

3. Hemat Anggaran

Manfaat mockup adalah hemat anggaran. Karena revisi yang dilakukan pada tahap mockup itu akan lebih menghemat anggaran dibandingkan dengan perbaikan yang dilakukan setelah tahap finalisasi.

Sebelum menciptakan sebuah karya, tentunya harus ditinjau ulang untuk memastikan apakah sudah sesuai atau belum. Pastinya ketika sebuah karya sudah di finalisasi, maka jika terjadi kerusakan harus membuat ulang dan akan mengeluarkan biaya tambahan lainnya.

Oleh karena itu, peran mockup sangat penting untuk para desainer pemula hingga profesional. Dengan tujuan untuk menyampaikan ide gagasan sampai mempresentasikan dan menghasilkan sebuah karya indah.

Kelebihan dan Kekurangan Mockup Design

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari penggunaan mockup, maka selanjutnya kamu harus memahami bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Informasi tersebut akan kami bahas pada artikel ini.

Mockup adalah alat paling penting dalam pembuatan atau perancangan pada suatu produk. Konsep desain ini juga bisa menjadi bahan patokan berapa lama pengembangan produk akan berjalan.

Selain itu, dalam dunia website atau aplikasi, mockup pasti akan memudahkan proses coding. Karena didalamnya bisa menyematkan kode warna, font, dan elemen lainnya yang dibutuhkan tentunya.

Kemudian, dengan adanya mockup sebagai model yang jelas, rapi, dan detail terkait karya yang akan diciptakan. Tentunya secara tidak langsung kamu akan ditayangkan oleh para investor. 

Hal tersebut dapat terjadi karena telah mempertimbangkan dari potensi karyanya. Namun, pembuatan mockup ini sendiri memiliki sisi kelemahan, seperti membutuhkan waktu cukup lama, khususnya bagi para pemula.

Mengetahui Contoh Mockup Design

mengetahui contoh mocokup design
Sumber: 7238Mockup

Untuk kamu yang belum mengetahui atau ingin memperdalam ilmu mengenai mockup, berikut contoh dari hasil karyanya.

1. Mockup Logo

Contoh mockup adalah logo, dimana semua produk pasti membutuhkan logo untuk dijadikan sebagai ciri khas atau identitas. Tujuannya untuk mudah diingat oleh para pembeli dan audiens.

2. Mockup Kemasan

Contoh yang kedua adalah mockup kemasan. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kualitas produk. Karena untuk meningkatkan daya tarik, biasanya dari segi kemasannya.

Setelah kamu mengetahui beberapa informasi tersebut, pastikan jangan salah memahami ketika ingin melakukan hal itu. Pada umumnya mockup adalah perangkat atau alat untuk mendesain suatu produk.

Baca Juga: Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, dan Karakteristiknya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya