Fungsi Flowchart dan Jenis - Jenis nya

Web Development

Binar Academy - Kalau kamu termasuk orang yang berkecimpung di dunia IT, khususnya programming, istilah flowchart pasti sudah sering didengar. Flowchart adalah salah satu hal yang wajib dipahami oleh para programmer serta pihak lain yang terlibat dalam pengembangan software.

Apakah kamu penasaran dengan pengertian flowchart, fungsi, dan jenis-jenisnya? Yuk, simak penjelasan lengkap yang akan disampaikan di bawah ini. Jangan sampai kamu melewatkan semua informasi pentingnya. 

Apa Itu Flowchart?

Sumber : Unsplash

Pertama, mari bahas pengertian atau definisi dari flowchart itu sendiri. Flowchart atau diagram alir bisa didefinisikan sebagai diagram yang memberikan gambaran mengenai algoritma, proses, atau sistem dari suatu komputer atau jaringan.

Umumnya, flowchart dipakai untuk kebutuhan dokumentasi, pembelajaran, perencanaan, serta evaluasi proses kerja dalam sebuah sistem. Diagram alir biasanya tersusun atas simbol-simbol seperti bangun datar atau bangun dua dimensi.

Pemakaian simbol ditujukan supaya flowchart bisa menjadi ringkas dan detail di saat yang sama. Beberapa bentuk simbol yang paling sering dijumpai pada flowchart antara lain panah, oval, dan persegi panjang.

Kamu bisa membuat flowchart sederhana dengan gambaran tangan. Jika membutuhkan flowchart yang lebih kompleks, sangat disarankan untuk membuatnya melalui komputer. Flowchart yang kompleks tersusun dari banyak langkah, proses, dan alur kerja.

Sebenarnya, flowchart tidak hanya dipakai dalam proses pengembangan software. Penggunaan flowchart sederhana juga bisa dijumpai pada penyajian Standard Operating Procedure (SOP) sebuah perusahaan.

Fungsi Flowchart dalam Programming

fungsi flochart dalam pemrograman

Flowchart adalah diagram alir yang memiliki fungsi universal. Namun pada kesempatan ini akan dibahas lebih mendalam tentang fungsi flowchart dalam pemrograman atau programming. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pedoman Dalam Pengembangan Software

Fungsi flowchart yang pertama dan utama adalah sebagai pedoman dalam proses software development. Programmer yang mengembangkan aplikasi atau software harus memperhatikan beberapa hal berikut

  • Bahasa pemrograman yang sesuai
  • Alur atau proses yang terjadi pada program
  • End user yang akan memakai software tersebut
  • User interface (UI)
  • Fungsi aplikasi yang akan dipakai

Supaya hal-hal di atas tidak terlewatkan, programmer memerlukan flowchart. Pasalnya semua poin di atas akan dituangkan dalam bentuk diagram alir. Dengan begitu, programmer bisa sangat terbantu dalam mengembangkan program dengan cara yang mengalir dan dinamis.

Tanpa adanya flowchart, proses pengembangan program tidak akan berjalan dengan efisien dan efektif. Ini terjadi karena programmer tidak memiliki pedoman dalam menjalankan pekerjaannya.

2. Membuat Rancangan Program Menjadi Universal

Rancangan program atau software bisa menjadi universal berkat adanya flowchart. Semua orang yang melihatnya akan bisa memahami rancangan program tersebut tanpa mempedulikan jenis bahasa pemrograman yang digunakan.

Karena bisa dipahami dengan mudah, flowchart bisa dibuat oleh siapa pun. Hal ini jelas akan memudahkan programmer yang bertugas menerjemahkan flowchart dalam bentuk kode program.

4. Menggambarkan Proses dalam Program

Fungsi yang ketiga ini memiliki keterkaitan dengan fungi kedua tadi. Flowchart berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan setiap proses yang terjadi dalam program. 

Ini akan lebih memudahkan bagi programmer untuk menjelaskan progres pengembangan software yang sedang digarapnya. Selain itu, flowchart juga akan membantu menjelaskan kepada end user mengenai langkah kerja dari sebuah software.

5. Memastikan Program Dibuat Sesuai Alurnya

Fungsi yang terakhir dari flowchart adalah memastikan program dibuat sesuai dengan alurnya. Ini penting karena program yang dikembangkan harus bisa bekerja dengan baik nantinya. 

Mengembangkan program sesuai dengan alurnya juga menghindari adanya malafungsi yang merugikan.

Baca Juga : Pahami Apa Itu Product Roadmap

Jenis-jenis Flowchart

jenis-jenis flowchart

Tahukah kamu bahwa flowchart terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Masing-masing juga diaplikasikan untuk bidang yang berbeda. 

- Process Flowchart

Process flowchart merupakan diagram yang menggambarkan langkah berurutan dari proses serta keputusan yang dibutuhkan guna membuat proses berjalan dengan baik. Langkah-langkah direpresentasikan sebagai sebuah bentuk. 

Sedangkan arah dan proses disimbolkan dalam bentuk garis yang menghubungkan satu bentuk dengan bentuk lainnya.

- Program Flowchart

Program flowchart dibuat untuk menunjukkan aliran daya ketika menulis algoritma atau program. Flowchart jenis ini berfungsi untuk menjelaskan proses secara cepat ketika pengembangan program dikerjakan dengan cara kolaborasi oleh beberapa orang sekaligus.

Flowchart yang satu ini juga merepresentasikan logika yang digunakan di balik program. Namun fungsi program flowchart tidak selalu seperti ini. Fungsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

- Schematic Flowchart

Schematic flowchart tidak hanya dibuat dengan simbol-simbol yang mewakili proses. Dalam penyajiannya juga menggunakan simbol-simbol peralatan yang digunakan. 

Penggunaan simbol tersebut dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk memahami maksud dan tujuan dari flowchart tersebut. Pasalnya, tidak semua orang memahami simbol-simbol yang sering dipakai pada flowchart.

- Document Flowchart

Document atau paperwork flowchart adalah salah satu jenis diagram alir yang berguna untuk menelusuri alur perjalanan form dari satu bagian ke bagian lain. Tak hanya sampai di situ, flowchart yang satu ini juga menunjukkan bagaimana cara pemrosesan, pencatatan, serta penyimpanan laporan.

- System Flowchart

Jenis flowchart yang terakhir yaitu system flowchart. Definisinya adalah diagram yang menggambarkan tentang flow seluruh pekerjaan yang terjadi dalam sebuah sistem. Tak hanya itu, system flowchart juga menggambarkan detail dan urutan setiap proses dan prosedur dalam sistem tersebut.

Simbol Flowchart dan Fungsinya

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa flowchart adalah diagram yang menggambarkan aliran proses. Fungsinya sangat penting dalam pemrograman, yaitu sebagai pedoman bagi programmer dalam mengembangkan software.

Baca Juga : Cara Belajar Pemrograman Untuk Pemula

Artikel Rekomendasi