Mengenal Apa Itu Coding? Simak Pembahasan Selengkapnya

Soft Skills

Binar Academy - Pasti kamu bertanya-tanya apa itu coding. Pada kegiatan sehari-hari akan menemui istilah ini terutama bagi kamu yang sedang menjalani studi teknik informatika atau dibidang IT. Istilah tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari.

Coding digunakan untuk melakukan suatu program terbaru atau membuat suatu pengaturan dalam aplikasi atau susunan dalam web. Kamu juga akan menemukan hal tersebut pada aktivitas 

Dalam era yang serba canggih, dimana teknologi semakin berkembang penting bagi kamu untuk mengenal dengan baik apa itu coding. Hal ini akan membantu kamu dalam era perkembangan IPTEK seperti sekarang.

Namun biasanya, teknik programmer seperti itu sering sekali digunakan developer suatu program untuk menyusun kembali sistem dalam rangka meningkatkan perbaikan atau perkembangan suatu web atau aplikasi tertentu.

Untuk mengenal apa itu coding kamu tentu harus rajin meningkatkan dan memperluas wawasan dan banyak mencari tahu di internet seputar cara programmer seperti itu. Sebab suatu perangkat lunak tidak bisa terlepas dari hal tersebut.

Perlu untuk diketahui bahwa untuk mempelajari teknik programmer ini tidak harus memiliki latar belakang IT, kamu bisa mempelajarinya dari awal dan dasarnya terlebih dahulu hingga bisa menguasainya dengan baik.

Mengenal apa itu coding sangat berguna untuk perkembangan skill dan kemampuan kamu di lapangan kerja. Memiliki kemampuan ini akan menjadi nilai lebih saat melamar pekerjaan, karena pada dasarnya developer sangat dibutuhkan sekarang.

Apa Itu Coding?

mengenal apa itu coding?
Sumber : Unsplash

Sebelum masuk pada pembahasan lebih lanjut, kamu wajib untuk memahami dan mengetahui apa itu coding dan bagaimana proses perjalanan dan sistem aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Coding sendiri merupakan sebuah langkah-langkah dalam melakukan kegiatan programmer dalam menata sebuah sistem suatu perangkat lunak atau aplikasi untuk melakukan pengembangan agar hal itu lebih baik lagi.

Bisa dikatakan bahwa kegiatan tersebut adalah aktivitas dimana kamu memberi tahu kepada komputer untuk melakukan apa yang diinginkan. Secara otomatis dan mengikuti program yang sengaja disusun sesuai keinginan.

Memahami apa itu coding adalah hal mudah untuk dipelajari. Sudah banyak tersedia berbagai sumber internet dan artikel yang membahas dan membantu dalam mempelajari dalam pengaplikasiannya. 

Komputer akan secara otomatis akan mematuhi segala perintah yang sesuai dengan program disusun sesuai dengan apa kamu susun dalam suatu program coding tersebut. Sehingga apa yang ada deprogram tersebut akan diterapkan pada sistem.

Kamu memerlukan kemampuan dalam berbahasa inggris, membaca dokumen, mampu membaca sumber kode tersebut, mampu menemukan bug atau kelemahan dari suatu program (debugging), serta untuk melengkapinya adalah kemampuan untuk bertanya dan mencari.

Bahasa inggris akan sangat dibutuhkan karena kebanyakan dari dokumen untuk menyusun program tersebut menggunakan bahasa asing ini. Kemudian kamu juga harus menguasai debugging untuk menghindari dan menghilangkan bug dari program itu.

Hal ini dilakukan agar pengembangan suatu program itu tidak akan terdapat masalah disebabkan bug tersebut jika dibiarkan berlama-lama berada pada hal itu. Sehingga justru akan menimbulkan bug baru.

Baca Juga : 10 Bahasa Pemrograman Dasar Terpopuler

Perbedaan Coding dan Programming

perbedaan coding dan programming
Sumber : SpawnPointDev

Terdapat beberapa perbedaan yang ada dalam aktivitas coding dan programming. Coding sendiri merupakan sebuah aktivitas penulisan kode-kode atau aturan penulisan biasanya disebut dengan syntax.

Untuk memahami perbedaan antara keduanya, kamu perlu mengetahui apa itu coding dengan baik sehingga kedepannya bisa membedakan antara kedua aktivitas tersebut. Kegiatan ini merupakan kumpulan kode akan membentuk suatu program.

Ada banyak bahasa program terkenal dan popular bisa kamu gunakan sebab banyak orang juga menggunakannya. Namun penggunaan kode dan bahasa program ini tergantung pada apa yang ingin dikembangkan.

Untuk programming sendiri tentu berbeda dari coding. Tidak hanya menyusun kode dan bahasa program namun kegiatan tersebut juga termasuk analisis serta tugas lain yang berhubungan dengan kegiatan programming lainnya.

Memahami apa itu coding tentu berbeda dengan programming. Kegiatan tersebut bisa kamu artikan sebagai proses melakukan rancangan serta membangun suatu program komputer ketika ingin mencapai hal tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa coding sendiri merupakan kegiatan menyusun kode-kode dengan bahasa tertentu dalam membentuk suatu program sedangkan programming merupakan kegiatan proses penyusunan program dari awal yang termasuk analisa data hingga uji coba program.

Tren dan Prospek Karir Bidang Programmer di Indonesia

Sumber : Eduauraa

Dalam perkembangan teknologi di Indonesia tentu sangat banyak peluang dalam mengembangkan karir di bidang ini. Banyaknya pengembangan aplikasi hingga web dari suatu perusahaan membawa lowongan kerja bagi ahli.

Mengetahui dan menguasai apa itu coding merupakan hal yang cukup menguntungkan bagi kamu. Kemampuan seperti itu harus bisa dikembangkan agar kedepannya bisa dipergunakan mengembangkan karir.

Banyak perusahaan start up membutuhkan jasa developer pengembang suatu aplikasi atau web dalam maintance perangkat lunak milik perusahaan. Biasanya hal ini dilakukan agar terhindar dari hacker atau orang berniat jahat.

Untuk mempelajari coding sangat mudah jika sudah mengetahui dasar dari programming tersebut. Sebab dasar awal dari suatu program adalah memahami konsep yang digunakan oleh suatu program disusun.

Selanjutnya kamu bisa menyusun bahasa program sambil mempelajari satu demi satu bahasa tersebut. Bisa mengikuti kelas coding untuk menambah pengetahuan juga mempelajari bagaimana program coding orang lain.

Untuk mempelajari kegiatan ini bisa mempelajarinya dari suatu game atau buku berhubungan dengan aktivitas tersebut. Terakhir bisa mencari mentor dalam mempelajarinya secara privat agar lebih mudah mengerti dengan baik.

Ketika sudah menguasai dan ahli dibidang tersebut kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan, sebab ada banyak sekali pekerjaan membutuhkan keahlian seperti ini untuk menjadi developer web atau pengembang aplikasi.

Dalam tujuan pengaplikasian programming serta memahami dan mempelajari apa itu coding kamu harus tekun dan bersungguh-sungguh. Sebab ada banyak sekali hal berbeda akan ditemukan disana.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Front End dan Back End Serta Cara Kerjanya

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.