Pentingnya Memahami Product Development Saat Menjalankan Bisnis

Product Management

Binar Academy – Memahami beberapa faktor penting yang berpengaruh dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang utama sebelum kamu melangkah lebih jauh. Salah satu faktor penting yang berpengaruh yakni product development. Apa itu product development? Product development secara sederhana merupakan suatu bentuk perkembangan produk. Seperti kita tahu bahwa perkembangan produk dalam menjalankan bisnis akan berpengaruh dalam minat pasar.

Pengertian, Alasan dan Tahapan Product Development Dalam Bisnis

Agar bisa menjalankan product development sesuai target maka perlu untuk memahami apa itu product development terlebih dahulu. Pepatah sering mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, begitulah kita harus mengenal product development terlebih dahulu. Jangan sampai kamu membuat program tapi tidak memahami dasarnya.

Apa Itu Product Development

Product development merupakan keseluruhan proses yang dijalani dengan tujuan melakukan pengembangan produk menggunakan ide atau konsep tertentu. Keseluruhan proses ini meliputi pembuatan ide kemudian pengembangan ide tersebut dan desain produk. Namun proses product development tidak berhenti disitu melainkan harus dilakukan pemasaran produk sebagai bentuk rebranding. Pengembangan produk ini tujuannya untuk mengangkat kembali produk dengan warna lain yang lebih baru. Warna lain disini tidak hanya berupa tampilan produk saja, namun bisa dengan kandungan atau kualitas produk lebih baik.

Alasan Yang Mempengaruhi Product Development Harus Dilakukan

Terdapat banyak alasan yang mendorong dilakukannya product development pada suatu produk. Alasan-alasan di bawah ini bisa berasal dari alasan internal, namun kebanyakan merupakan alasan eksternal. Berikut alasan-alasannya:

1. Pesaing Datang Dan Pergi

Kedatangan pesaing baru merupakan alasan yang menjadi pendorong harus dilakukannya product development. Datangnya pesaing baru harus menjadi lampu merah atau tanda bahaya yang harus diwaspadai. Bahaya ini harus diantisipasi dengan menggunakan inovasi berupa pengembangan produk. Jika kedatangan pesaing merupakan tanda bahaya, kepergian pesaing dari pasar juga harus diwaspadai. Perginya pesaing bisa saja menandakan bahwa pelanggan tidak lagi menyukai sektor produkmu. Karenanya kedatangan dan kepergian pesaing menandai perlunya dilakukan product development.

2. Permintaan Dan Pertumbuhan Menunjukkan Grafik Buruk

Selain karena pesaing, memahami apa itu product development penting saat permintaan pasar mulai menurun. Karena permintaan pasar menurun, maka pertumbuhan perusahaan juga melambat. Ini tentunya memperburuk grafik penjualan. Untuk mengatasi hal ini melakukan product development merupakan faktor penting untuk menaikkan grafik penjualan.

3. Masyarakat Membutuhkan Produk Baru

Alasan lain yang bisa menjadi pendorong ialah masyarakat membutuhkan produk baru yang bisa lebih unggul dibandingkan produk lama. Tidak hanya dari sisi tampilan saja, melainkan juga dari segi kualitas dan tentunya kuantitasnya. Masyarakat seringkali berubah minat atas suatu produk karena beberapa faktor. Bisa karena faktor tren atau faktor lainnya, karenanya pelaku bisnis harus sigap menghadapi hal-hal semacam ini. Keunggulan produk bahkan bisa menjadi sorotan utama atas keinginan masyarakat yang menginginkan produk baru.

4. Menjaga Posisi Di Pasaran

Yang tidak kalah penting menjadi alasan mengapa product development harus dilakukan ialah untuk menjaga posisi di pasaran. Pelaku usaha harus memutar otak jika tidak bisa lagi menduduki posisi di pasaran. Karenanya daripada memutar otak ketika sudah keluar dari posisi sebaiknya tetap menjaga posisi tetap aman. Pencegahan hengkangnya produk dari pasaran bisa diantisipasi melalui product development. Inilah mengapa pelaku usaha harus memahami apa itu product development tujuannya tidak lain untuk menjaga posisi di pasaran.

Tahapan-tahapan Yang Harus Dilalui Saat Melakukan Product Development

Metode paling penting dari memahami apa itu product development adalah bagian ini. Memahami tahapan-tahapan product development merupakan hal yang paling penting. Jika kamu telah memahami dan mengerti makna dan alasan mengapa product development dilakukan selanjutnya lakukan perubahan. Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan:

1. Menentukan Konsep

Menentukan konsep merupakan langkah awal yang harus dilakukan saat melakukan pengembangan produk. Pertama yang harus dilakukan ialah mengidentifikasi masalah dari produk sebelumnya dan kebutuhan pelanggan masa sekarang. Setelah mengidentifikasi dari berbagai sudut pandang maka barulah buat konsep produk baru yang sesuai. Buat gambaran konsep kamu dengan membuat prototype terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa melakukan penilaian terhadap prototype, sudahkah sesuai atau belum dengan bayangan dan kebutuhan pelanggan. Penilaian juga menentukan apakah ini bisa menjadi solusi atas suatu permasalahan.

2. Pengembangan Produk Ke Pasaran

Mengevaluasi konsep menjadi langkah terakhir dari proses pertama yang harus dilalui dalam pengembangan produk. Langkah selanjutnya ialah menciptakan produk untuk diluncurkan ke pasaran. Pengumpulan konsep-konsep yang sebelumnya telah dievaluasi baik dari pihak internal atau eksternal akan sangat bermanfaat. Penyaringan konsep-konsep yang telah didapat bisa menjadi opsi terbaik manakah prioritas konsep yang harus didahulukan. Eksekusi konsep produk harus segera dilakukan agar produk yang keluarkan segar dan diterima masyarakat. Strategi pemasaran yang akan digunakan harus dipikirkan matang-matang agar produk bisa masuk pasaran.

3. Pengembangan Produk Berkelanjutan

Setelah produk masuk pasar maka akan ada nilai positif dan negatif dari pasar. Nilai-nilai negatif yang menjadi respon pasar harus ditangkap oleh pelaku usaha menjadi hal yang perlu diperbaiki. Apa itu product development harus menjadi ilmu wajib bagi pelaku usaha dan wajib diterapkan. Dengan begitu maka eksistensi produk bisa terus terjamin. Jangan selalu merasa puas terhadap suatu pencapaian yang telah didapatkan. Pengembangan produk harus terus dilakukan agar produk selalu terdepan dan dilirik masyarakat.

Pembahasan mengenai apa itu product development menjadi suatu hal wajib yang harus dipahami oleh pelaku usaha. Dari segi penegertian hingga tahapan-tahapan yang harus dilaluinya. Hal semacam ini penting untuk menjaga eksistensi produk di pasaran. Jangan sampai produk kamu hilang ditelan bumi jika tidak segera dikembangkan!

Apabila kamu ingin mendalami lebih jauh seputar Product Development ataupun dunia Product Management, kamu dapat mengikuti kelas bootcamp ataupun webinar Product Management yang tersedia di Binar Academy. Untuk bootcamp Product Management dari Binar, kamu dapat mengakses materi Freemium terlebih dahulu melalui aplikasi Binar Academy.

Baca juga: Mengenali Konsep Agile, Scrum, dan Sprint a la Perusahaan IT

Artikel Rekomendasi