Digital Marketing

Media Planning: Pengertian, Komponen, Faktor, dan Implementasi

Binar Academy
Media Planning: Pengertian, Komponen, Faktor, dan Implementasi
Isi Halaman :

Binar Academy - Digital marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak sekali tools yang bisa dipakai untuk pemasaran secara digital. Untuk bisa memanfaatkannya dengan baik, perlu dibuat media planning atau perencanaan media terlebih dahulu.

Apakah kamu masih asing dengan istilah tersebut? Tenang, pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang perencanaan media secara mendalam. Mulai dari pengertiannya sampai langkah-langkah implementasinya. 

Media Planning Adalah

media planning adalah
Sumber: Accurate Online

Perencanaan media merupakan proses ketika pemasar menentukan waktu, tempat, dan intensitas dalam beriklan demi mendapatkan branding yang optimal. 

Dengan adanya perencanaan media, pemasar dapat lebih mudah mengelompokkan berbagai sumber pengiklanan, baik offline maupun online. 

Kemajuan dunia periklanan dan pemasaran menuntut para pemasar agar dapat memberikan pesan yang tepat kepada konsumen. Tentu di waktu dan saluran yang tepat pula supaya brand bisa dikenal dengan baik oleh khalayak ramai. 

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Paling Efektif untuk Pemula

Komponen Media yang Baik

komponen media yang baik
Sumber: Improvado

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara membuat perencanaan media yang baik. kamu wajib memahami komponen apa saja di dalamnya. Berikut ini adalah 4 komponen media yang dimaksud.

1. Audiens

Audiens bisa disebut juga dengan target pasar. Iklan yang akan kamu buat harus ditargetkan pada kelompok orang yang tepat. 

Hal ini dilakukan supaya brand message atau pesan brand bisa tersampaikan dengan baik kepada orang yang tepat. Dengan begitu, mereka akan memperoleh manfaat dari brand tersebut.

2. Conversion Rate

Selanjutnya ada angka konversi atau conversion rate. Dari setiap upaya pemasaran yang dilakukan wajib ditentukan conversion ratenya. 

Dengan menetapkan angka ini, para pemasar bisa menentukan target yang tepat untuk dicapai. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan langkah atau strategi yang akan dipraktikkan di masa mendatang.

3. Biaya Marketing

Dalam setiap jenis kegiatan marketing atau pemasaran tentu diperlukan biaya. Jangan sampai hal penting yang satu ini terlewatkan.

Penentuan atau perencanaan di awal bertujuan agar kampanye berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, perencanaan biaya pemasaran akan mengurangi risiko over budget.

4. Message Frequency dan Reach

Komponen yang terakhir adalah message frequency and reach. Ini berarti seberapa sering campaign atau iklan ditayangkan kepada target audiens. Target jangkauan iklan juga perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan supaya pemasaran berlangsung dengan lebih efektif.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Perencanaan Media

faktor yang berpengaruh terhadap perencanaan media
Sumber: Unsplash

Selain berbagai komponen yang sudah dijelaskan di atas, masih ada 3 faktor yang berpengaruh langsung terhadap perencanaan media. Berikut ini beberapa faktor yang dimaksud dan penjelasannya.

1. Target Pasar

Siapa saja yang akan menjadi target pasar wajib kamu pahami. Kamu juga perlu memikirkan bagaimana pesan brand bisa sampai dan diterima dengan baik oleh mereka.

Keputusan untuk membeli produk atau desicion making akan semakin tinggi kalau kamu bisa menyampaikan pesan dengan tepat kepada target pasar. Tidak menutup kemungkinan kalau target pasar tersebut akan menjadi pelanggan setia dan terus menggunakan produk kamu.

2. Tujuan Perencanaan

Tujuan media planning perlu ditentukan sejak awal. Apa yang ingin kamu capai dari upaya ini? Beberapa contoh tujuan dari perencanaan media yang umum antara lain meningkatkan engagement rate, brand awareness, brand recognition, brand reputation, lead conversion, dan sebagainya. 

Masing-masing tujuan tersebut butuh treatment yang berbeda. Oleh karena itu, kamu wajib menentukan perencanaan di awal untuk memudahkan saat akan menentukan strategi nantinya.

3. Reach

Luas jangkauan iklan pada suatu media sering disebut dengan reach. Konten marketing yang sudah kamu lempar ke media tidak akan dilihat oleh target pasar dalam waktu serempak. Pemahaman mereka akan brand message yang disampaikan juga berbeda-beda.

Oleh karena itu, frekuensi penayangan iklan perlu diatur. Temukanlah frekuensi yang tepat sehingga target pasar tertarik karena sudah melihatnya beberapa kali. Semakin sering dan semakin luas penyebarannya, efektivitas dalam menarik audiens pun semakin besar.

Langkah-langkah Implementasi Media Planning

langkah-langkah implementasi media planning
Sumber: Maverick Media

Untuk mulai melakukan perencanaan media, ada 4 langkah pokok yang bisa kamu jalankan. Ini dia penjelasan lebih lengkapnya.

1. Riset Pasar

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan riset pasar. Langkah ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang relevan guna membuat konten yang efektif untuk target pasar.

Untuk bisa merepresentasikan audiens ideal yang menjadi segmen pasar, kamu bisa mulai membuat user persona atau buyer persona terlebih dahulu.

Kalau sudah, coba cari tahu media pemasaran mana yang lebih sering dipakai oleh segmen pasar tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau mereka dengan lebih efektif.

2. Tentukan Tujuan Perencanaan Media

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa menentukan tujuan sangat penting untuk menentukan strategi berikutnya. Contohnya adalah sebagai berikut.

Kamu punya tujuan untuk meningkatkan branding bisnis yang baru dimulai. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu bisa menerapkan promotion mix di beberapa media berbeda.

Dengan cara ini, brand presence akan terbangun dengan kuat dan audiens akan lebih kenal dengan brand kamu. Jangan lupa untuk merancang identitas brand.

3. Buat Template

Template wajib dibuat untuk perencanaan media. Pekerjaan ke depannya akan jauh lebih mudah kalau sudah dibuat template di awal. Beberapa jenis template yang umum dipakai antara lain social media strategy, editorial calendar, dan sebagainya.

4. Eksekusi Rencana dan Evaluasi

Langkah terakhir adalah mengeksekusi rencana yang sudah disusun dari langkah 1-3 di atas. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari pemasaran, lakukan evaluasi tingkat keberhasilan rencana tersebut.

Sampai di sini, apakah kamu sudah bisa memahami tentang media planning dengan baik? Kalau sudah, kamu bisa mulai menerapkannya untuk memasarkan produk atau bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Social Media Marketing dan Cara Kerjanya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya