Mobile Development

Apa Itu Full Stack Developer dan Keahlian yang Wajib Dimiliki!

Binar Academy
Apa Itu Full Stack Developer dan Keahlian yang Wajib Dimiliki!
Isi Halaman :

Binar Academy — Jika kamu tidak asing dengan dunia programming, pasti istilah Full Stack Developer bukan lagi suatu hal yang asing di telingamu. Ketika berbicara tentang cara mengelola sebuah website, istilah ini cukup sering disebut-sebut.

Full Stack Developer sendiri adalah sebuah profesi di mana seseorang memiliki keahlian untuk memperbaiki front-end maupun back-end dari sebuah aplikasi. Karena berhubungan dengan dunia IT, ada beberapa skills yang wajib dimiliki oleh seorang Full Stack Developer. Sebelum membahas lebih dalam, kita kenalan lebih lanjut yuk tentang apa itu Full Stack Developer, seperti apa tugasnya, dan apa saja yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang Full Stack Developer!

Apa Itu Full Stack Developer?

pengertian-full-stack-developer

Jika sebelumnya sudah disampaikan jika Full Stack Developer adalah suatu profesi yang biasanya berhubungan dengan masalah website atau aplikasi, penjelasan lebih lengkap mengenai Full Stack Developer yaitu seseorang yang memiliki tugas sebagai ahli dalam membentuk dan menganalisa bagian front end dan back end sebuah website dan aplikasi. Menjadi seseorang yang memiliki kemampuan di bidang Full Stack Developer akan memberikan nilai tambah di dunia kerja. Selain karena seorang Full Stack Developer dipercaya dapat menganalisa berbagai sisi bahasa pemrogaman jika terjadi suatu masalah pada website maupun aplikasi, profesi ini juga terbilang tidak pasaran dan hanya segelintir orang yang mendalaminya.

Dalam menganalisa bagian front end dan back end suatu website tentu membutuhkan keahlian khusus. Beberapa istilah front end yang biasanya lekat dengan tugas ataupun pekerjaan seorang Full Stack Developer adalah sebagai berikut:

1. HTML (Hypertext Markup Language)

Logo untuk HyperText Markup Language 5 (HTML)

Merupakan bahasa pemrograman yang pada umumnya digunakan untuk membuat suatu halaman website.

2. CSS (Cascading Style Sheets)

Logo Cascading Style Sheets 3 (CSS 3)

Merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menyesuaikan tampilan HTML pada suatu halaman situs atau website. Di sini CSS bisa digunakan untuk menentukan warna, font, gambar, latar, dan tampilan suatu website agar terlihat lebih menarik.

3. JavaScript

Logo bahasa pemrograman JavaScript

Sebenarnya, untuk mengembangkan suatu website, menggunakan HTML dan CSS saja sudah cukup. Namun, kamu juga bisa menggunakan JavaScript agar situs yang sedang kamu kembangkan tampak lebih menarik. JavaScript akan memberikan animasi dengan kompleksitas tinggi pada sebuah situs yang ingin kamu kembangkan.

Selain beberapa istilah front end di atas, ada pula beberapa istilah back end yang mana juga lekat dengan tugas seorang Full Stack Developer. Jika front end mengulik dan menganalisa bagian tampilan sebuah website, bagian back end adalah pengembangan di balik layar tampilan website seperti server dan juga database. Umumnya, bahasa pemrograman back end yang digunakan adalah PHP, Ruby, dan Python.

Dan ternyata, menjadi seorang Full Stack Developer tak hanya berkutat pada bagian front end dan back end saja lho! Beberapa hal lain yang menjadi ranah pekerjaan Full Stack Developer adalah server management, API, websocket, User Interface (UI), User Experience (UX), perangkat pondasi aplikasi, serta metodologi dan kerangka kerja pengembangan. Semua hal tersebut bisa dibilang merupakan kewajiban dan tugas yang harus dijalankan oleh seorang Full Stack Developer.

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Full Stack Developer

Walaupun profesi yang satu ini bisa dibilang masih cukup asing di telinga, ternyata pekerjaan Full Stack Developer sedang menjadi salah satu pekerjaan impian yang diincar oleh banyak orang lho! Psst, ternyata, gaji yang ditawarkan untuk profesi Full Stack Developer terbilang besar sehingga cukup diminati. Namun tentu saja untuk bisa bekerja di bidang ini dibutuhkan skill khusus yang hanya bisa kamu miliki jika kamu mempelajarinya secara mendalam. Salah satu cara mempelajari bidang pekerjaan Full Stack Developer adalah dengan mengikuti bootcamp Full-Stack Web Development yang bisa kamu temukan di Binar Academy

Untuk beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang Full Stack Developer, bisa kamu intip di bawah ini yaa:

1. Kemampuan hard skills

Sebelumnya sudah disinggung mengenai front end dan back end. Yup, kemampuan menguasai front end, back end, UI dan UX, serta me-manage database adalah hard skills yang wajib dikuasai oleh seorang Full Stack Developer. Jika istilah-istilah seperti HTML5, CSS3, XML, JavaScript, PHP, Ruby, Python, dan Swift masih membuatmu pusing tujuh keliling, yuk kita pelajari lagi agar semakin siap untuk menguasai ranah kerja Full Stack Developer!

2. Kemampuan berkomunikasi

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan bekal utama bagi semua jenis profesi, tak terkecuali dengan Full Stack Developer. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu jadi akan lebih mudah mengkomunikasikan tujuan dan perkembangan dari project yang sedang kamu jalani. Mengingat banyaknya istilah sulit di dalam ranah pekerjaan ini, kemampuan mengkomunikasikan segala hal agar lebih mudah dimengerti oleh kaum awam adalah suatu keharusan ya, guys!

3. Berpikir kritis

Berpikir kritis dalam melakukan segala sesuatu termasuk mengambil keputusan adalah point penting lainnya yang harus dimiliki seorang Full Stack Developer! Dengan menyertakan logika dalam setiap pengambilan masalah, akan mempermudah tercapainya pengambilan keputusan yang baik. Dengan selalu berpikir kritis juga menjadikan kamu tidak gegabah dalam mengambil keputusan lho, yang mana nantinya juga akan meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan.

4. Keahlian bekerja sama dengan team

Kemampuan yang satu ini juga tak hanya wajib dimiliki oleh seorang Full Stack Developer melainkan setiap orang. Sebuah pekerjaan akan terselesaikan dengan lebih baik dan juga cepat apabila dikerjakan bersama-sama bukan? Selain itu, dengan adanya kerjasama team yang baik, dapat membentuk iklim kerja yang menyenangkan pula.

5. Update dengan teknologi terbaru!

Karena profesi ini berhubungan dengan teknologi masa kini, maka kamu diwajibkan untuk selalu update dengan perkembangan teknologi terbaru. Karena seperti yang kita ketahui, teknologi akan terus berkembang dengan adanya inovasi-inovasi baru maupun improvement ke arah yang lebih luar biasa lagi.

Itu dia penjelasan seputar Full Stack Developer yang merangkum tentang tugas dan tanggung jawab, serta beberapa keahlian yang wajib dimiliki dalam menjalani pekerjaan Full Stack Developer. Untuk bisa merasakan peluang emas di ranah pekerjaan yang satu ini, kamu harus melewati proses panjang yang tak instan. Tapi jangan mudah menyerah ya! Kamu juga bisa berkonsultasi dengan kakak-kakak dari Binar Academy yang sudah handal di bidang Full Stack Development dan siap membantu kamu dalam meniti karir di bidang yang satu ini.

Baca juga: Perbedaan Front End dan Back End Serta Cara Kerjanya

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya