Digital Marketing

10+ Contoh Marketing Campaign yang Menginspirasi

Binar Academy
10+ Contoh Marketing Campaign yang Menginspirasi
Isi Halaman :

Binar Academy - Salah satu contoh marketing campaign yang cukup membekas di benak masyarakat Indonesia adalah “Indomie seleraku..”. Mungkin saat membacanya, kamu auto bernyanyi. Meski sudah tidak tayang lagi, iklan produk mi instan tersebut masih terus diingat.

Pada kesempatan ini, kamu akan mengenal lebih banyak marketing campaign terbaik dari seluruh dunia. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Marketing Campaign

apa itu marketing campaign
Sumber: PAK OPTION

Sebelum masuk ke contoh, sebaiknya kamu pahami dulu apa yang dimaksud dengan marketing campaign. Istilah tersebut bisa didefinisikan sebagai strategi untuk mempromosikan aspek-aspek bisnis. Contohnya seperti meningkatkan brand awareness serta mendapatkan feedback pelanggan.

Marketing campaign pada dasarnya hanya sebagian kecil dari seluruh strategi marketing, bukan bagian utamanya. Marketing campaign dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Contohnya billboard, televisi, email, sampai media sosial.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari marketing campaign. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Meningkatkan popularitas brand supaya lebih dikenal oleh publik.
  • Mendapatkan koneksi ke pelanggan potensial, misalnya alamat email calon pelanggan.
  • Meningkatkan jumlah penjualan produk yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Baca Juga: Strategi Produk Marketing yang Efektif dan Menaikkan Laba Bisnis

Contoh Marketing Campaign

Setelah mengetahui pengertian dari marketing campaign, sekarang waktunya untuk menyimak beberapa contoh terbaik dari seluruh dunia.

1. Apple

contoh marketing campaign Apple
Sumber: The New York Times

Contoh yang pertama datang dari salah satu perusahaan gadget raksasa, Apple. Salah satu marketing campaign perusahaan ini yang sangat terkenal adalah “Shot on iPhone”. 

Konsepnya sebenarnya sangat sederhana. Para pengguna iPhone yang mengupload foto di media sosial diminta untuk menyertakan tagar atau hastag #ShotoniPhone. 

Tapi tidak hanya sampai di situ, Apple juga membawa campaign ini ke televisi. Apple menampilkan beberapa selebriti kelas dunia seperti Selena Gomez dan Lady Gaga yang memotret foto bagus hanya dengan sebuah iPhone.

2. Nike

Sumber: Medium

Kalau ngomongin brand Nike, yang terngiang di kepala adalah “Just Do It”. Ternyata, tagline tersebut merupakan salah satu contoh marketing Campaign terbaik yang pernah dibuat oleh Nike.

Gerakan “Just Do It” mulai diperkenalkan Nike pada akhir 1980-an. Sejak saat itu, penjualan Nike mengalami peningkatan sangat pesat karena slogan pendek itu begitu mudah diingat oleh publik.

Berkat “Just Do It”, Nike mampu memenangkan persaingan dengan Reebok yang sama-sama menjual produk sepatu untuk pelari.

3. Absolut Vodka

contoh marketing campaign absolut vodka
Sumber: Ardagh Group

Produk Absolut Vodka diproduksi menggunakan bentuk botol yang sama sejak puluhan tahun lalu. Hal ini selaras dengan marketing campaignnya, yaitu “The Absolut Bottle”.

Campaign ini masih terus dijalankan sampai saat ini. Tidak sia-sia Absolut menggunakan campaign yang sama selama hampir 30 tahun. 

Pada akhir tahun 2000-an saja, Absolut berhasil meraih pangsa pasar sebesar 50% di pasar Vodka impor dari Amerika Serikat. Padahal saat campaign The Absolut Bottle baru dimulai, brand ini cuma bisa menguasai 2,5% dari total pasar Vodka.

4. Metro Trains

marketing campaign metro trains
Sumber: This Is Construction

Pada 2012 lalu, Metro Trans mempublikasikan lagu dan video berjudul “Dumb Ways to Die”. Konten tersebut memberikan pesan kepada publik untuk lebih berhati-hati ketika berada di sekitar rel kereta api.

Video Dumb Ways to Die pun mendulang kesuksesan. Ratusan juta orang dari seluruh dunia sudah menontonnya.

Tahukah kamu, berkat video tersebut, Metro Train berhasil mengurangi kecelakaan di sekitar rel kereta api sampai 30%.

5. Volkswagen

contoh marketing campaign volkswagen
Sumber: Underconsideration.com

Volkswagen (VW) merupakan salah satu perusahaan otomotif yang terkenal dengan produk mobil berukuran kecil. Produk-produknya bertentangan dengan selera orang Amerika yang lebih suka mobil bongsor.

VW yang kala itu berkolaborasi dengan grup periklanan Doyle Dane & Bernbach mencoba mencari cara untuk mengubah persepsi semua orang tentang produk.

Hasilnya pada tahun 1960 terciptalah marketing campaign “Think Small”. VW mencoba memperkenalkan karakteristik perusahaan mereka ke publik. Dengan kejujuran ini, VW mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat.

6. Red Bulls

marketing campaign red bulls
Sumber: Pinterest

The Stratos Jump merupakan salah satu ajang terjun payung di mana Red Bulls menjadi sponsor tunggal. Video The Stratos Jump menampilkan Felix Baumgartner, seorang atlet terjun payung memecahkan rekor terjun payung tertinggi (24 mil di atas pemukaan laut).

Video itu disaksikan oleh lebih dari 8 juta orang. Red Bulls yang tampil sebagai sponsor tunggal di event tersebut pun menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

7. Netflix

contoh marketing campaign Netflix
Sumber: The Brand Hopper

Netflix merupakan platform streaming yang sangat populer saat ini. Platform ini menawarkan kualitas tontonan nomor satu serta kemudahan bagi para pelanggannya. Meski harga langganannya lebih tinggi, Netflix tetap punya tempat di hati masyarakat Indonesia dan dunia.

8. By.U

Sumber: Wikipedia

By.U hadir pada tahun 2019 dan memperkenalkan diri sebagai provider serba digital. Kehadirannya disambut hangat oleh masyarakat.

Provider yang menggunakan jaringan Telkomsel ini menyasar anak-anak muda yang ingin serba instan. Mulai dari pembelian kartu perdana sampai pembelian paket data By.U, semua bisa dilakukan secara online.

9. Gojek

contoh marketing campaign Gojek
Sumber: Gojek Newsroom

Gojek merupakan pelopor layanan transportasi online di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini begitu memudahkan masyarakat yang ingin bepergian menggunakan ojek maupun taksi online.

Makin hari, layanan Gojek juga terus bertambah. Kini masyarakat bisa memesan makanan, berbelanja, mengantar barang, dan masih banyak lagi hanya dengan satu aplikasi. Ini selaras dengan slogan Gojek, Selalu Ada Jalan.

10. Jenius

contoh marketing campaign Jenius
Sumber: Opsiku

BTPN merupakan salah satu bank Indonesia pertama yang menawarkan layanan bank digital. Produk bank digital yang dimaksud adalah Jenius.

Pembukaan rekening Jenius bisa dilakukan secara online. Jadi, kamu nggak harus datang ke bank membawa dokumen. 

Tidak hanya mudah saat pembukaan rekening, Jenius juga punya layanan perbankan super lengkap. Mulai dari transfer, pembayaran tagihan, pembelian produk digital, hingga layanan tabungan dengan bunga tinggi.

Contoh marketing campaign yang sudah dijelaskan di atas sangat spektakuler, bukan? Mungkin kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk membuat campaign sendiri.

Baca Juga: 12 Pelatihan Digital Marketing Online

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya