5 Contoh Jawaban 'Ceritakan Mengenai Diri Anda' dan Tipsnya

General

Binar Academy - Dalam setiap sesi wawancara kerja, salah satu pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh seorang interviewer atau HRD adalah perihal ‘ceritakan tentang diri Anda’. Kamu pernah mengalami hal ini dan bingung bagaimana cara menjawabnya?

Mungkin pertanyaan tersebut sekilas seperti mudah untuk dijawab, namun pada kenyataannya pertanyaan ini cukup tricky dan perlu perhatian untuk merangkai jawabannya.

Pasalnya, jawaban dari pertanyaan ini yang akan memberikan gambaran singkat kepada interviewer terkait diri kamu, pengalaman yang kamu miliki, dan apa yang menjadi alasan kamu mendaftar kepada posisi yang di-apply.

Tips dan Cara Menjawab Pertanyaan 'Ceritakan Tentang Diri Kamu/Anda'

Sumber: Unsplash

Jika saat ini kamu sedang aktif mencari pekerjaan sebagai karir pertamamu ataupun karir selanjutnya untuk mengembangkan pengalamanmu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan jawaban terkait menceritakan diri kamu.

1. Membuka dengan penjelasan di masa sekarang (present)

Bukalah jawaban dengan penjelasan mengenai hal apa yang sedang kamu lakukan pada saat ini. Contohnya, apabila kamu baru lulus kuliah, kamu dapat menyampaikan jurusan yang kamu ambil dan universitas asalmu. Namun apabila kamu saat ini sedang bekerja, kamu bisa menceritakan bidang yang kamu kerjakan dan kantor tempat kamu bekerja sekarang.

2. Ceritakan pengalaman dengan alur mundur (past)

Setelah menceritakan hal-hal yang sedang fokus kamu lakukan, bawa ceritakan pengalaman yang pernah kamu miliki sebelumnya. Seperti pengalaman kepanitiaan atau organisasi apa yang pernah kamu ikuti selama kuliah dan apa kontribusimu terhadap kegiatan tersebut. Atau apabila kamu sudah bekerja, kamu bisa menceritakan pengalaman kerjamu yang terdahulu.

3. Highlight hal-hal seperti pencapaian yang pernah dimiliki

Apabila kamu memiliki sebuah pencapaian yang menarik untuk diceritakan, sampaikan pula kepada pewawancaramu. Pencapaian bisa seperti memenangkan lomba dan kompetisi, atau ketika kamu berhasil mencapai KPI dan bahkan berhasil going extra miles pada pekerjaan yang kamu lakukan sehingga membawa dampak yang baik pada perusahaan.

4. Perhatikan tatanan bahasa dan gaya penyampaian

Penting untuk memperhatikan bagaimana cara kamu menjawab pertanyaan yang satu ini. Pastikan kamu tidak belibet atau berputar-putar penjelasannya. Cobalah jelaskan secara singkat, padat, namun tetap menarik untuk didengar.

Tak hanya itu, pahami pula situasi kamu wawancara. Apabila suasana saat interview terlihat santai dan tidak terlalu formal, gunakanlah bahasa yang tidak terlalu rumit dan bawalah kesan yang lebih friendly.

5. Jangan menghafal jawaban

Meskipun kamu mempersiapkan sedari awal jawabanmu, tapi jangan sampai jawaban tersebut terdengar seperti kamu menghafal sebuah naskah.

Hindari pula membaca ulang kalimat yang telah tertera di CV, dan ceritakanlah tentang dirimu secara lebih komprehensif dan juga natural untuk diceritakan.

Baca juga: Mengenal Etos Kerja dan Kiat-Kiat Meningkatkannya!

Kumpulan Contoh Jawaban Ceritakan Mengenai Diri Anda Saat Interview

Sumber: Unsplash

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan menceritakan diri, berikut lima contoh jawaban 'ceritakan mengenai diri Anda' yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Contoh jawaban di bawah ini menyampaikan latar belakang pendidikan, bakat, pekerjaan di masa lalu jika ada, prestasi atau passion. Tidak perlu panjang-panjang, jawaban di bawah ini dapat disampaikan dalam waktu 3 menit namun bisa menceritakan kamu secara utuh. 

Contoh Jawaban Ceritakan Mengenai Diri Anda untuk Fresh Graduate

 “Perkenalkan, saya Nuriani April Kusumawati, dan baru lulus dari Universitas Jaya Bangsa mengambil jurusan Manajemen SDM. Sewaktu kuliah, saya pernah magang membantu staff HRD di perusahaan Loly selama 3 bulan.

Di kampus, saya juga menjadi staf SDM di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Konsul Umi selama 1 tahun masa jabatan. Saya sangat mencintai pengalaman magang dan berorganisasi saya karena bisa mempraktekkan ilmu yang saya peroleh selama kuliah.

Harapannya, dengan pengalaman tersebut, meski singkat, saya bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan Ibu karena lowongan yang perusahaan ibu buka selaras dengan passion dan pengalaman saya.

Saya berharap bisa menjadi bagian dari staff HRD perusahaan Selaras dan mengimplementasikan ilmu yang saya miliki sewaktu kuliah.”

Contoh Jawaban Ceritakan Mengenai Diri Anda untuk Role Production Engineer

Baik terimakasih atas waktu yang Mas Yos berikan kepada saya. Perkenalkan saya Adelani Purnomo. Saya lulusan Teknik Mesin di Universitas Koala tahun 2017. Sebelum melamar di perusahaan ini, saya pernah menjadi seorang engineer produksi di Pabrik MNZ, Surabaya selama 3 tahun

Saya juga pernah menjadi staf penyulingan minyak di pabrik KLM di Gresik selama kurang lebih 2 tahun. Namun saya ingin mencoba bekerja di Palangkaraya untuk dapatkan pengalaman lebih dari apa yang sudah saya capai sebelumnya.

Itulah yang membuat saya sangat tertarik ketika perusahan PVB membuka posisi Manajer Pemeliharaan Mesin. Dengan bekal pengalaman yang telah saya miliki sebagai enginer produksi dan staf penyulingan minyak, harapannya saya bisa mengisi kekosongan posisi yang perusahaan butuhkan”

Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda untuk Role Programmer

“Perkenalkan pak, saya Ayu Sheila Kurniawati. Saya dari kampung Cileungka, Banjar, namun merantau di Bandung. Sejak SMP, saya sangat suka mengotak-atik komputer sampai akhirnya mengambil jurusan Teknik Komputer.

Meskipun rata-rata yang mengambil jurusan tersebut adalah lak-laki, namun tidak membuat saya patah semangat mempelajari Teknik Komputer dan bisa menyelesaikan kuliah 4,5 tahun.

Semasa kuliah, saya pernah mengikuti beberapa kompetisi Teknik Komputer dan Alhamdulillah pernah menjadi juara tingkat kabupaten. Saya pernah magang di perusahaan CYA sebagai programmer selama 3 bulan.

Namun, karena CYA saat itu masih startup dan membutuhkan bantuan dari para pemagang, saya menambah masa magang menjadi 3 bulan. Total, saya memiliki pengalaman sebagai programmer selama 6 bulan.

Saya menguasai berbagai bahasa pemrograman mulai Phyton, C ++ hingga hal dasar seperti Java dan  JavaScript. Selain memiliki pengalaman magang, saya dan teman-teman juga membuka freelance pemrograman.

Dengan bekal pengetahuan di bidang Teknik Komputer dan pengalaman tersebut, saya bermaksud melamar sebagai programmer di perusahaan Monetize.” 

Contoh Jawaban Ceritakan Mengenai Diri Anda untuk Role Sales

“Selamat siang, Mbak Rena, saya Ari Doni Setiawan, dan bisa dipanggil  Ari. Saya lahir 12 Agustus 1999 di Jakarta. Saya mengambil pendidikan di Universitas Research dengan jurusan Manajemen Bisnis lalu merantau di Semarang. 

Setelah lulus kuliah, saya sempat bekerja di perusahan BCV selama kurang lebih 2 tahun sebagai marketing. Saya mempunyai surat keterangan juga dari perusahaan tersebut karena selama bekerja, saya amat rajin dan tidak pernah mendapatkan SP satu kalipun.

Saya juga pernah menaikkan omset perusahaan hingga 3 kali lipat setelah 1 tahun bekerja. Saya juga dipercaya memimpin tim marketing di kantor cabang selama 4 bulan.

Saya memutuskan keluar dari perusahaan BCV di Semarang karena memang ingin kembali ke Jakarta. Kemudian saya melihat perusahaan XCZ sedang membuka lowongan sebagai Supervisor Marketing. 

Dengan pengalaman 2 tahun yang saya miliki, saya merasa posisi yang sedang dibuka di perusahaan XCZ cocok dengan passion saya.”

Contoh Jawaban Ceritakan Mengenai Diri Anda untuk Role Jurnalis

 “Perkenalkan Pak/Bu, saya Hendra Kurnia dari Cianjur. Saya merupakan sarjana Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Cianjur dan lulus tahun 2014. Setelah lulus, saya sempat bekerja sebagai wartawan di kantor berita lokal Cianjur selama setahun.”

Saat kuliah, saya juga pernah menjadi pimpinan redaksi Lembaga Pers Mahasiswa dengan masa jabatan setahun. Selain bekerja sebagai wartawan lokal, saya juga aktif menulis di blog dan menulis liputan sendiri. 

Saya paham dengan aturan jurnalistik, teknik menulis berita  baik straight news maupun jurnalisme investigasi. Saya bisa menulis sesuai aturan PUEBI dan banyak keterampilan menulis lainnya yang bisa saya eksplore lebih.

Saya berharap Media NBC bisa menerima saya sebagai bagian dari perusahaan dan dengan bekal yang saya miliki, saya bisa memberikan kontribusi lebih.”

Sekarang kamu sudah tahu kan jawaban seperti apa yang perlu dipersiapkan ketika kamu dimintai untuk menceritakan tentang dirimu?

Ingat, cobalah untuk menunjukkan kelebihan dirimu agar interviewer terkesan dan ingin untuk melanjutkan proses rekrutmen denganmu. Semoga berhasil ya!

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Saat Melamar Kerja

Getting Job In Tech

Buat kamu yang ingin tahu seputar posisi pekerjaan yang ada di industri teknologi, skill apa aja yang diperlukan, hal apa aja yang perlu kamu persiapkan sebelum melamar kerja di sana, wajib banget tonton BinarGO! Getting Job In Tech.

Tidak seperti kursus lainnya, semua materi BinarGO! Getting Job In Tech dikemas semenarik mungkin untuk belajar, serasa nonton film.

CV & Portofoliomu Semakin Menarik dengan Bootcamp!

Siapkan dirimu sebagai jobseeker dengan softskill & hardskill di Bootcamp BINAR!

Temukan bidang yang cocok untuk kariermu dengan Potensi Quiz, yang akan merekomendasikan bidang sesuai kepribadianmu!

Cuma perlu 3 menit untuk cari tahu potensi terpendamu di sini

Artikel Rekomendasi