Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Saat Melamar Kerja

General

Binar Academy - Melamar kerja sering dilakukan banyak orang belakangan ini. Apalagi dampak pandemi semakin banyak orang yang menganggur. Namun tahukah kamu seberapa besar pengaruh CV mu akan dibaca oleh recruiter? Sangat besar pengaruhnya, karena CV dianggap mencerminkan orang yang membuatnya. Penilaian recruiter pertama kali akan jatuh kepada CV orang yang bersangkutan.

Karenanya, kamu harus memahami cara membuat CV ATS friendly agar lamaranmu bisa lolos sampai tahap akhir.

Apa Itu CV ATS friendly

Sebelum melangkah ke langkah yang lebih jauh, memahami apa itu ATS friendly merupakan hal wajib. ATS sendiri merupakan sebuah aplikasi yang sering digunakan oleh HRD perusahaan saat melakukan perekrutan karyawan.

Applicant Tracking System merupakan singkatan dari ATS ini. Seperti namanya, ATS digunakan untuk menyimpan CV para pencari kerja. Cara kerjanya dengan melakukan scanning terhadap CV-CV yang masuk di HRD. HRD menggunakan ini sebagai salah satu alat bantu yang mempermudah dan mempercepat proses rekrutmen. Pembacaan ATS didasarkan pada kata kunci tertentu, karenanya cara membuat CV ATS friendly akan sangat berpengaruh pada hasil CVmu.

contoh CV ATS friendly
Source: Filemagz

3 Alasan Mengapa CV Harus ATS Friendly

Banyak orang mencari cara membuat CV ATS friendly saat melamar pekerjaan. Ternyata ada beberapa alasan yang akan membuat kamu menyesal jika tidak membuat sesuai ATS friendly. Alasan-alasan tersebut antara lain:

1. ATS sebagai tahapan perekrutan pertama

Mengapa harus ATS friendly? Alasannya karena ATS dijadikan sebagai aplikasi perekrutan tahap pertama oleh HRD. HRD seringkali kewalahan ketika harus menyeleksi berkas pelamar yang jumlahnya ribuan. Karennya mereka biasanya menggunakan ATS sebagai alat bantu perekrutan.

Dengan ATS, waktu yang dibutuhkan juga lebih efisien sehingga lebih mempercepat proses perekrutan. Banyak perusahaan sudah menggunakan ATS, karenanya kamu harus bisa mencari cara membuat CV ATS friendly agar lolos tahap pertama.

2. Lebih friendly saat dibaca manual oleh manusia

Selain aplikasi ATS bisa membaca CVmu, manusia akan lebih mudah membaca CVmu yang sesuai template. ATS umumnya memiliki kriteria lebih ringkas, sehingga sesuai dengan kemampuan manusia untuk membaca CV dengan cepat.

Jika sudah sesuai ATS maka manusia pun secara kriteria akan menyukai CV yang telah kamu buat. Kalau sudah begini tentunya kamu akan segera lolos ke tahap selanjutnya.

3. Lebih ringkas dan sesuai kebutuhan

Yang tidak kalah penting jika kamu menggunakan CV yang ATS friendly ialah informasi yang ringkas dan padat.

CV yang ATS friendly akan memberikan informasi yang ringkas namun padat, sehingga recruiter dapat menilai kamu dari CV. Karena membaca banyak CV tentu recruiter tidak akan mau membuang-buang waktu mereka. Maka dari itu kamu sangat perlu memahami bagaimana cara membuat CV ATS friendly.

Baca juga: Apa Itu Eisenhower Matrix Dan Memahami Kegunaannya

Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Seleksi Kerja

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu membuat CV agar ATS friendly. Di bawah ini beberapa poin yang perlu kamu perhatikan saat membuat CV:

proses interview setelah mengirim CV ATS friendly
Source: Freepik

1. Perhatikan posisi yang akan dilamar

Saat melakukan pembuatan CV, hal pertama yang harus kamu tahu ialah posisi yang akan kamu lamar. Dengan memahami posisi apa yang akan kamu lamar maka kamu bisa menentukan kata kunci-kata kunci khusus berkaitan dengan posisi tersebut. Pastikan kata kunci tersebut ada di dalam CV yang kamu buat.

2. Gunakan template yang simple

Kedua kamu harus menggunakan template yang simple. Penggunaan template yang simple akan memperlihatkan bahwa kamu orang yang tepat sesuai dengan posisi. Selain itu template yang simple dan sesuai ATS akan membuat CVmu berpeluang besar untuk lolos ke tahap selanjutnya.

3. Gunakan kata kunci yang tepat

Penggunaan kata kunci yang tepat juga sangat berpengaruh dalam pembuatan CV. Selain kata kunci pada setiap poinnya, kamu juga harus memperhatikan masing-masing sub judul informasinya. Sub judul informasi yang tidak jelas akan membuat CV-mu tidak ATS friendly. Karenanya gunakan sub judul yang jelas dan tepat sesuai informasi yang kamu berikan.

4. Informasi runtut

Keruntutan informasi menjadi suatu hal yang wajib dalam pembuatan CV yang ATS friendly. Jika informasinya tidak runtut maka ATS bisa saja mengecualikan CV kamu. Kalau sudah begini kamu juga kan yang rugi. Karenanya buatlah CVmu dengan informasi yang seruntut mungkin, buat informasi urut dari awal hingga akhir. Semakin runtut maka informasi yang kamu suguhkan akan terbaca dengan baik.

5. Gunakan font huruf yang standar

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan ialah pemilihan font yang akan digunakan. Akan lebih baik jika font yang kamu gunakan merupakan font standar. Arial misalnya merupakan font standar yang dipakai banyak orang, baik untuk surat formal maupun informal. Dengan font standart ini ATS akan lebih mudah membaca CV-mu.

6. Berikan informasi lengkap namun ringkas

Yang terakhir ini sangat penting untuk dilakukan.dalam pembuatan CV adalah penyampaian informasi pribadi. Baik dalam penulisan profil singkat, pengalaman magang atau organisasi ataupun riwayat pendidikan tulislah secara lengkap. Lengkap bukan berarti harus banyak, kamu bisa membuatnya seringkas mungkin. Bila perlu ada portofolio berkaitan dengan hasil karya, maka kamu bisa menyisipkan link terkait.

Baca juga: 15+ Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional yang Dilirik HRD

Cari Tahu Tips Seputar CV Melalui BinarGO!

Itulah beberapa cara membuat CV ATS friendly yang bisa kamu ikuti. Cara-cara di atas merupakan cara singkat yang bisa kamu pelajari. Apabila kamu kesulitan dalam membuat CV yang ATS friendly, jangan khawatir! Kamu bisa belajar lebih lanjut dengan mengikuti kelas 'Getting Job in Tech' dari BinarGO!

Tidak hanya membahas tips seputar karir di dunia digital dan tech company, kelas self learning BinarGO! 'Getting Job in Tech' juga membahas hal-hal seputar pembuatan CV dan tips interview. Cari tahu selengkapnya di laman BinarGO! yuk.

CV & Portofoliomu Semakin Menarik dengan Bootcamp!

Siapkan dirimu sebagai jobseeker dengan softskill & hardskill di Bootcamp BINAR!

Temukan bidang yang cocok untuk kariermu dengan Potensi Quiz, yang akan merekomendasikan bidang sesuai kepribadianmu!

Cuma perlu 3 menit untuk cari tahu potensi terpendamu di sini


Artikel Rekomendasi