Contoh Isi Email Lamaran Kerja yang Benar

General

Binar Academy — Hayo, apakah kamu termasuk orang yang suka bingung seperti apa isi email lamaran kerja yang benar? Ternyata banyak, lho, yang membiarkan body email kosong melompong. Padahal itu salah besar. 

Kamu bakal "gugur sebelum perang" karena HRD menganggap kamu main-main dalam mencari pekerjaan. Kemudian apa yang harus dilakukan? Karena itu, artikel berikut menyajikan beberapa contoh email lamaran kerja yang menarik HRD. Seperti apa? Cek di bawah!

Hindari Kesalahan Ini Saat Mengirim Email Lamaran Kerja 

kesalahan saat mengirim email lamaran kerja
Sumber: Forbes

Selain mengosongkan body email, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pelamar ketika mengirim lamaran kerja. Inilah kesalahan fatal yang wajib dihindari: 

1. Mengirim file dalam bentuk RAR/ZIP

Pasti kamu pernah diberi tahu kalau HRD tak punya banyak waktu untuk me-review semua lowongan yang masuk. Memang benar adanya.  Jika sudah tahu, jangan sampai coba-coba mengirimkan file lamaran dalam bentuk RAR atau ZIP, ya! Kedua file tersebut dinilai tidak praktis. Karena HRD harus mengunduh dan mengekstrak file agar dapat melihat isinya. Yang benar adalah mengirim file dalam bentuk PDF, DOCX, JPG, JPEG, atau PNG.

2. Tidak sopan dalam berbahasa 

Jangan main-main dengan bahasa yang digunakan untuk mengirim lamaran pekerjaan. Bahasa yang kurang sopan atau penulisan yg disingkat-singkat seperti “yg, g, org2, sy, trima ksh” dan lain-lain akan membuat HRD berpikir kalau kamu tidak profesional.

Apalagi kalau sudah berani menggunakan kata sapaan seperti “gue, lo”. Wah, bisa-bisa itu alasan kenapa kamu enggak dipanggil-panggil sama HRD!

3. Subjek email dibuat kosong

Selain isi email lamaran kerja, meninggalkan subjek kosong adalah kesalahan fatal selanjutnya. Tanpa subjek, HRD tidak tahu apa maksud kamu mengirimkan email. Umumnya pada iklan lowongan kerja tertulis aturan subjek email, jadi tinggal mengikuti instruksi saja.

4. File tidak diberi nama secara profesional

Selain menyertakan CV, beberapa perusahaan meminta lampiran dokumen seperti hasil scan KTP, ijazah, pas foto dan lain sebagainya. Jika diminta, pastikan menamai file tersebut secara profesional biar memudahkan HRD. Sebagai contoh, hasil scan KTP bisa diberi nama menjadi “(Nama)_Scan KTP”. Jika perusahaan meminta file dikirim secara rangkap, maka ikuti aturan tersebut.

5. Alamat email tidak jelas 

Mungkin kamu pernah membuat email saat duduk di bangku SD, dan menggunakan nama yang alay, misalnya anindya_cantikuwu@gmail.com atau s0et0m0@mail.com. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan alamat email tersebut, lebih baik buat email baru saja! HRD yang melihatnya akan berpikir bahwa kamu asal-asalan dan tidak berniat melamar pekerjaan, sehingga bakal menjadi nilai minus bagimu.

Baca juga: 5 Contoh Jawaban 'Ceritakan Mengenai Diri Anda' dan Tipsnya

Ragam Contoh Isi Email Lamaran Kerja

contoh isi email lamaran kerja
Sumber: JantaKenya

Sudah paham apa saja yang perlu dihindari saat mengirim lamaran kerja? Kalau sudah, itu tandanya kamu siap untuk membuatnya. Kalau bingung, silakan jadikan contoh-contoh berikut sebagai sumber referensi:

• Contoh Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Kartika Lee

Jl. Wijaya Kusuma 10

Surabaya

Indonesia

Mr. Kevin Widyanto 

Head of Front Office

Ibis Styles Hotel

Jakarta

Dear Mr. Widyanto,

I am writing to deliver my interest in your company as a Receptionist which was advertised on LinkedIn. I have enclose my CV to shows that I’m eligible. Over the years, I have some experience as a Receptionist in an international hotel.

It will be a pleasure if I have the chance to improve more skill at your hotel. Please let me know if there’s any further information on my background and qualifications that you need. I look forward to hearing from you. Thank you for your consideration.

Best regards,

Kartika Lee

• Contoh Email Lamaran Kerja Fresh Graduate

contoh email lamaran kerja fresh graduate
Sumber: ColumbiaSouthernUniversity

Hal: Lamaran kerja

Bapak/Ibu Kepala PT Techno

Cabang Batu 

Dengan hormat,

Berdasarkan dengan informasi yang saya terima, PT Techno tengah membutuhkan tenaga ahli untuk mengisi kekosongan posisi Software Engineer. Izinkan saya:

Nama: Idris Cahyadi

Tempat/Tanggal lahir: Yogyakarta, 27 Maret 1980

Jenis kelamin: Pria

Pendidikan terakhir: S1 Teknik Jaringan Universitas XYZ

Alamat: Perumahan Malang Grande No. 75

No. HP : 0812-7628-2267

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk dapat menerima saya pada bidang tersebut. Saya bersedia penuh sekiranya ditempatkan di cabang manapun. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Curriculum vitae (1 lembar)
  2. Fotokopi ijazah terakhir (1 lembar)
  3. Transkip nilai (1 lembar)
  4. Pas foto ukuran 4×5 (1 lembar)

Demikian surat ini saya ajukan. Besar harapan saya bisa bekerja di PT Techno. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Idris Cahyadi

• Contoh Email Lamaran Kerja dan Lampirannya

Kepada: hrd@perusahaan.com

Subyek: Lamaran – Asisten Dapur

Dengan hormat,

Saya menerima adanya informasi dari situs resmi PT Perusahaan bahwa sedang dibutuhkan tenaga Asisten Dapur untuk cabang di kota Yogyakarta. Oleh karena itu, perkenankan saya:

Nama: Galuh Sekarwangi

Umur: 25 tahun 

Alamat: Jalan Nusantara No. 167

Pendidikan terakhir: SMK Jasa Boga Bantul

Mengajukan permohonan lamaran kerja kepada Bapak/Ibu pimpinan. Saya menyertakan dokumen:

  1. Curriculum vitae
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Sertifikat kompetensi
  4. Transkrip nilai 
  5. Pas foto 4x6

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan. Besar harapan saya untuk mendapat panggilan untuk menghadiri sesi wawancara sehingga dapat menunjukkan komitmen secara detail. Atas perhatiannya, saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

Galuh Sekarwangi

No. HP: 0836-8211-1232

• Contoh Email Lamaran Kerja SMA

contoh email lamaran kerja SMA
Sumber: Unsplash

Kepada: rekrutmen@perusahaan.com

Subyek: Lamaran – Kasir 

Dengan hormat,

Melalui surat lamaran ini, saya mengajukan permohonan melamar pekerjaan di (nama perusahaan) untuk mengisi kekosongan posisi Kasir. Oleh karenanya, perkenankan saya:

Nama: Aulia Desyani H.

Tempat/Tanggal lahir: Pekalongan, 25 November 2000

Agama: Islam

Jenis kelamin: Perempuan

Pendidikan terakhir: SMA Negeri 1 Pekalongan

Alamat: Jalan Bung Karno No. 12

No. Telepon: 0839-8261-2281

Untuk meminta pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan terhadap posisi yang ditawarkan. Dengan ini saya melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan, di antaranya:

  1. Curriculum vitae
  2. Scan ijazah terakhir
  3. Scan KTP
  4. Scan sertifikat kompetensi
  5. Scan sertifikat magang
  6. Scan SKCK terbaru
  7. Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran ini dibuat dengan baik dan sejujur-jujurnya. Maka, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Fauziah Azizah

Belajar Caranya Membuat Lamaran Kerja yang Baik Melalui Getting Job In Tech BinarGO!

Nah, setelah memahami bagaimana contoh isi email lamaran kerja yang baik dan benar, kini saatnya kamu me-review apakah selama ini kamu sudah melakukan lamaran yang benar! Apabila masih terdapat kesalahan, segera perbaiki dan jangan diulangi lagi yaa. Dengan isi email yang lebih ideal tersebut, kesempatanmu untuk diproses lebih lanjut lamarannya tentu akan semakin besar.

Dan untuk semakin memperbesar kemungkinanmu, yuk belajar hal-hal lain terkait career development dan how to get a job in tech industry melalui kelas BinarGO!

CV & Portofoliomu Semakin Menarik dengan Bootcamp!

Siapkan dirimu sebagai jobseeker dengan softskill & hardskill di Bootcamp BINAR!

Temukan bidang yang cocok untuk kariermu dengan Potensi Quiz, yang akan merekomendasikan bidang sesuai kepribadianmu!

Cuma perlu 3 menit untuk cari tahu potensi terpendamu di sini

Baca Juga: 3 Cara Follow Up Lamaran Kerjaan yang Tepat

Artikel Rekomendasi