Cerita Alumni

Cerita Alumni BINAR Mifta Iskandar: Switch Career ke UI/UX Design yang Lebih Menantang

Binar Academy
Cerita Alumni BINAR Mifta Iskandar: Switch Career ke UI/UX Design yang Lebih Menantang
Isi Halaman :

Mifta Iskandar adalah salah satu alumni BINAR Bootcamp UI/UX Design & Research yang ikut bootcamp di BINAR karena ingin switch career. Ia sebelumnya bekerja sebagai graphic designer di berbagai perusahaan, namun setelah lama bekerja sejak kuliah, Mifta merasa bosan karena di profesinya sebagai graphic designer tidak ada challenge atau tantangan yang bisa membuatnya berkembang.

“Palingan challenge nya graphic designer makin kesini tuh ya gimana caranya nyelesain desain dalam waktu yang lebih singkat aja.” 

Selain itu ia juga merasa graphic designer tidak punya career path yang menarik. “Sekalinya jadi graphic designer, akan terus jadi graphic designer paling tinggi jadi senior graphic designer.” 

Menurut Mifta tantangan dan kondisi ini membuat ia stuck karena tidak membuat skill dan karirnya makin meningkat.

Awal Berkenalan dengan UI/UX Design

Di tengah kebosanannya, Mifta berkenalan dengan UI/UX Design dari temannya yang sudah shifting career dari graphic design ke UI/UX design. Mifta yang dulunya meremehkan, ternyata kali ini tertarik untuk ikut switch career ke UI/UX design. 

“Dulu sempet mikir kalo UI/UX design sama aja kayak graphic design, soalnya desain-nya kotak-kotak doang, palingan bikin button yang agak rounded, mirip lah sama design graphic.”

Setelah mencoba self learning, Mifta semakin tertarik untuk switch career. Ia melihat UI/UX designer tugasnya tidak terbatas hanya mendesain tampilan interface, tapi juga harus melalui riset, user interview, harus membangun reason yang kuat, dan melibatkan banyak stakeholder. 

Ini lah tantangan yang dicari Mifta, tantangan yang membuat karirnya semakin meningkat karena pekerjaannya tidak lagi sebatas mendesain.  

Cerita Ketika Berproses di BINAR Bootcamp

Setelah belajar mandiri, Mifta akhirnya mengikuti bootcamp UI/UX Design di BINAR karena ia ternyata sudah mengenal BINAR sejak awal pertama kali BINAR dibentuk di Jogja. Baginya tempat upskilling UI/UX Design yang ada di top of mind nya adalah BINAR Bootcamp.

Sempat kaget di awal ketika berproses di kelas, karena proses yang dilalui untuk mendesain sebuah interface benar-benar panjang dan kompleks belum lagi harus melibatkan banyak stakeholder  “setelah belajar, ternyata UI itu adalah penggabungan art dengan sistem, di tengah-tengahnya ada desain. Sedangkan UX adalah penggabungan experience dan user behavior” 

Perubahan dan Peningkatan Skill yang Mifta Dapatkan dari BINAR

Menyadari kalau dirinya adalah seorang yang introvert, Mifta melihat proses kerja yang melibatkan berbagai stakeholder sebagai tantangan untuk membuat dia semakin kritis. Mifta memaksa dirinya untuk sering bertanya dan mencari clarity ketika align dengan stakeholder, ia menggunakan kesempatan ini untuk belajar menjadi orang yang kritis.

Menyiasati kepribadiannya yang introvert, Mifta punya beberapa trik yang ia lakukan untuk menjaga energinya selain berolahraga. Mifta suka mempersiapkan diri sebelum meeting dengan berbicara di depan kaca, atau juga berbicara ketika berkendara. Bagi dia, cara ini membuatnya lebih siap untuk menjawab pertanyaan dari stakeholder dan lebih komunikatif.

Final project yang menggabungkan kelas UI/UX Design & Research dengan kelas Product Management juga memberikan banyak pelajaran aplikatif yang digunakan Mifta hingga saat ini. Ia merasa skill kolaborasi dan tingkat kritisnya makin meningkat, karena pada proses collaborative learning itu Mifta diajarkan untuk jangan takut bertanya jika masih ada yang belum jelas. Berani bertanya untuk menemukan clarity dan berkolaborasi adalah soft skill yang penting bagi UI/UX Designer.

Dapat Tawaran Kerja dari 2 Company dengan Sistem Kerja Remote

Ketika menuju graduation, Mifta sudah mencuri start untuk melamar ke berbagai company. Ia memanfaatkan materi-materi yang ada di Career Development Program (CDP) yang merupakan rangkaian dari Job Connect BINAR untuk memperbaiki CV dan portfolionya. 

“Materi yang ada di Job Connect sangat berguna dan ngebantu banget sih untuk proses job seeking, aku bisa dapet 2 tawaran kerja yang salah satunya aku pilih sekarang dan bisa kerja remote.”

Tertarik Switch Career Menjadi UI/UX Designer & Researcher?

Kamu yang sedang menjadi graphic designer seperti Mifta di awal karirnya, atau yang sedang ingin switch career menjadi UI/UX Designer, bisa dapetin materi gratis UI/UX Design & Research di aplikasi BINAR. Download aplikasi BINAR sekarang!

Selain itu, kamu juga bisa ikut event gratis dari BINAR 101 yang membahas tentang fundamental dan persiapan karir untuk menjadi UI/UX Designer & Researcher.

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya