Cara Menggunakan Facebook Ads Library yang Efektif

Digital Marketing

Binar Academy - Facebook Ads library cara baru untuk dapat ide iklan jadi tidak buntu lagi. Facebook sendiri merupakan salah satu platform sosial media yang memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dulu dikenal hanya untuk berbagi berbagai momen atau yang lainnya, tetapi saat ini Facebook mengenalkan banyak sekali fitur terutama untuk mendukung digital marketing. Salah satu fiturnya disebut Facebook ads library.

Ini merupakan fitur yang digunakan untuk melihat berbagai macam ide bisnis yang ada di Facebook. Iklan yang muncul pada galeri iklan atau ads library ini berasal dari ratusan bahkan ribuan dari kompetitor.

Apa Itu Facebook Ads Library dan Fungsinya

pengertian facebook ads library dan fungsinya
Sumber: Madgicx

Galeri iklan yang ada pada Facebook ini merupakan salah satu fitur yang tersedia secara gratis atau juga meta. Disana kamu bisa menemukan banyak sekali iklan yang telah ditayangkan pada media sosial tersebut.

Iklan ini tidak hanya tayang di FB saja, tetapi juga Instagram, Messenger hingga Audience network. Informasi yang akan ada di Facebook Ads library antara lain kumpulan iklan yang sudah ditayangkan berikut juga dengan tanggal penayangan, platformnya hingga gambar serta copywriting.

Jenis-jenis iklan yang biasanya ditayangkan bersifat umum dan juga khusus misalnya untuk pemilu atau juga politik. Untuk iklan umum kamu hanya bisa melihatnya saat iklan tersebut masih aktif.

Sedangkan untuk iklan berjenis pemilu atau politik bisa digunakan walaupun iklannya sudah tidak aktif atau tidak tayang lagi. Memiliki sifat yang transparan dan juga gratis, Facebook Ads library ini juga bisa dilihat bahkan jika kamu tidak sedang masuk dengan akun.

Dengan fitur ini para pengguna bisa memanfaatkannya dengan baik untuk dijadikan sebagai referensi iklan. Ketika sedang merasa buntu ide untuk diterapkan pada brand yang akan diiklankan oleh kamu.

Disini kamu akan menemukan banyak sekali referensi iklan, walaupun begitu kamu juga harus menambahkan unsur keunikan pada iklan yang dibuat sehingga membuatnya jadi unik dan menarik pelanggan.

Facebook Ads library juga dapat dijadikan sebagai salah satu strategi bisnis karena disini kamu bisa mereset kompetitor dan mengenali strategi yang mereka gunakan. Apalagi jika campaign iklan yang dibuat itu berhasill.

Jejaknya bisa diikuti agar kesuksesan tersebut bisa didapatkan juga oleh kamu dengan menyusun strategi yang matang. Tidak hanya menyamai kesuksesan yang dibuat oleh kompetitor tersebut bahkan kamu bisa membuatnya lebih dari itu.

Baca Juga: Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif dan Sukses

Strategi Facebook Ads Library untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan

strategi facebook ads library untuk meningkatkan banyak pelanggan
Sumber: Mobile Monkey

Agar bisa mendapatkan keuntungan dan kesuksesan yang dibutuhkan adalah kamu harus bisa menyusun strateginya dengan matang. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu membutuhkan strategi yang pas agar bisa mendapatkan keuntungan dari kegunaan fitur ini.

Berikut ini adalah strategi yang bisa diterapkan untuk membuat iklan menjadi sukses di Facebook Ads library.

1. Memperhatikan iklan yang sukses

Ditambah lagi kamu bisa melihat kompetitor disana yang sedang mengalami peningkatan penjualannya. Untuk bisa mengatur strategi tidak ada salahnya untuk menganalisanya dari iklan yang sudah sukses.

Kamu bisa perhatikan dari mulai unsur tulisan atau copywriting, cara mereka untuk bisa menjangkau audiens setelah itu kembangkan cara yang mereka terapkan sehingga kesuksesan bisa diambil dengan sempurna.

2. Mendapatkan klien lebih banyak

Kelebihan lainnya yang bisa didapatkan ketika menggunakan fitur Facebook adas library adalah kamu bisa memanfaatkan ini untuk membuka sebuah jasa membuat iklan dan dapatkan klien yang banyak.

Cara meyakinkan klien bisa ditunjukan bagaimana kamu bekerja untuk menganalisa kompetitornya dan menjadikannya bahan serta perkuat argumentasi. Jadi calon klien bisa yakin untuk menggunakan jasa membuat iklan.

3. Mengumpulkan berbagai macam inspirasi

Mendapatkan inspirasi itu penting untuk membuat sebuah iklan, bisa didapatkan secara alami atau bisa didapatkan melalui berbagai macam cara. Salah satunya mengumpulkannya dari Facebook Ads library.

Karena disana kamu bisa mengumpulkan banyak sekali gambar, tulisan hingga bagaimana menentukan target audiens. Yang terpenting kamu harus mencari iklan yang relevan dengan bisnis yang dijalankan.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

cara menggunakan facebook ads library
Sumber: Instapage

Cara menggunakan fitur gratis dari platform media sosial milik Mark Zuckerberg ini juga bisa dikatakan sangat mudah. Pertama bukalah situs FB ads library di mesin pencarian sampai kamu bisa lihat halaman utamanya. Setelah itu ikuti cara menggunakannya membuat iklan dengan baik.

1. Memilih lokasi dan target iklan

Pertama kamu bisa memilih target lokasi untuk iklan yang nanti akan disebar luaskan. Pilihlah negara tujuan sehingga iklan bisa ditayangkan pada negara tujuan tersebut. contohnya indonesia untuk bisa menayangkan iklannya hanya di negara Indonesia saja.

2. Kategori

Selanjutnya adalah kamu dapat memilih kategori dari mulai umum, isu politik, pemilu dan masih banyak kategori yang bisa dipilih.

3. Membuat iklan

Proses selanjutnya kamu akan melanjutkan dengan membuat iklan dari mulai memasukkan filter kata kunci, memilih iklan berdasarkan pengiklan, memilih platformnya, pilih iklan berdasarkan jenis media yang dibuat, filter iklannya sesuai dengan status iklan antara aktif dan tidak aktif.

Selanjutnya tambahkan tanggal penayangannya, terakhir sangat penting untuk membandingkannya dengan iklan yang dibuat oleh kompetitor.

Fitur yang ada pada platform ini membantu dalam menjangkau target pasar yang lebih tersegmentasi. Gunakan Facebook Ads library untuk membuat iklan yang sukses membawa banyak pelanggan dan melebihi kesuksesan kompetitor.

Baca Juga: Mempelajari Apa Itu Github? Simak Cara Menggunakannya

Artikel Rekomendasi