Digital Marketing

Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif dan Sukses

Binar Academy
Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif dan Sukses
Isi Halaman :

Binar Academy - Marketing bukan hanya sekadar memproduksi iklan yang menarik dan lucu; tapi juga soal menetapkan tujuan dan mencapai hasil yang nyata. Tahun 2018, 72% pemasar bilang kalau memiliki strategi konten yang baik adalah kunci kesuksesan mereka. Strategi konten yang baik tidak hanya membantu kita untuk mengetahui tujuan dan target pasar, tapi juga panduan yang bisa kita manfaatkan untuk pendekatan ke customer.

Nah, salah satu cara untuk memanfaatkan pemasaran secara digital adalah dengan membuat campaign.

Digital marketing campaign memiliki banyak bagian yang saling bekerja sama untuk bantuin kamu dalam mengembangkan bisnis atau produk. Ada beberapa cara membuat marketing campaign yang bisa kamu rencanakan dengan matang untuk hasil campaign yang efektif, cekidot~

1. Tentukan Tujuan, Budget, dan Target Pasar

Tentukan tujuanmu membuat campaign. Apakah kamu ingin memperluas brand awareness? Apakah kamu ingin memaksimalkan penjualan produk? Kamu mau followers media sosial bisnismu bertambah? Atau kamu pengin menjangkau customer baru?

Nah.. Karena pilihan tujuan tidak terbatas, ini yang menjadi PR kamu untuk menentukan apa yang ingin kamu dapatkan. Pertimbangkan dengan matang dan bijaksana, jangan lupa diskusikan dengan tim untuk dapat masukan dari sudut pandang lain. Tujuan ini juga bisa kamu tentukan dengan kamu ingin menyelesaikan suatu problem yang lagi dihadapi company/product yang kamu support.

Sama pentingnya dengan memutuskan tujuan, kamu perlu menetapkan anggaran realistis dalam rencana pembuatan campaign. Anggaran ini biasanya akan digunakan untuk biaya peluncuran digital ads. Kenapa harus realistis? Karena kamu harus memastikan bahwa anggaran yang sudah ditentukan mampu meng-cover seluruh aktivitas campaign. Jadi, rencanakan dengan matang biar nggak sampai overbudget, ya!

Sesudah itu, kamu juga harus menentukan tipe orang seperti apa yang menjadi target pasarmu. Sesuaikan target pasar dengan informasi yang rinci; mulai dari usia, pekerjaan, jenis kelamin, demografi, hingga minat dan hobinya. Dengan memiliki target pasar yang jelas akan semakin memudahkan kamu dalam membuat campaign yang tepat sasaran.

2. Pilih Channel yang Sesuai

Selain menentukan tujuan dan target pasar, kamu juga harus menentukan channel apa yang mau kamu gunakan sebagai media penyampaian informasi. Untuk memutuskan channel apa yang sesuai, kamu bisa menggunakan pertimbangan dari media yang paling banyak digunakan oleh target pasarmu. Di mana mereka melihat atau mendengar informasi tentang produkmu? Seberapa sering mereka mencari informasi melalui channel tersebut?

Sampaikan pesan melalui media yang mereka gunakan. Misalnya, target pasarmu adalah anak muda berusia 20-25 tahun yang sering mencari informasi tentang konsultasi karir di Instagram, atau ibu rumah tangga berusia 40 tahun yang gemar membaca ulasan tanaman di komunitas dalam Facebook. Sebisa mungkin, sesuaikan pilihan channel dengan target pasarmu.

3. Kemas Pesan dengan Menarik

Sampai di penulisan pesan, yang mana memerlukan pengerjaan yang nggak kalah penting dengan perencanaan. Kemas pesan yang beresonansi dengan target pasar kamu; buat pesan yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan pengalaman mereka. Jangan lupa fokuskan pesan pada konsumen dan bagaimana produk atau layananmu akan menguntungkan mereka.

Kamu juga perlu menentukan bagaimana cara kamu menyampaikan pesan. Pilih beberapa kata atau kalimat yang merangkum pesanmu dan jangan lupa sisipkan unsur call-to-action dengan jelas. Kamu hanya punya waktu sekitar tiga detik untuk menarik perhatian audiens, jadi, sebisa mungkin kemas kalimat seringkas mungkin dengan menonjolkan keunikanmu yaa~

Kamu bisa melakukan keyword research untuk mengoptimalkan penulisan pesanmu. Mengetahui keyword yang sesuai dengan produk atau layananmu dapat memberikan kamu opsi pemilihan kosakata berdasarkan pertimbangan peluang dan frekuensi pencarian.

4. Manfaatkan Digital Ads

Cara membuat marketing campaign yang terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan ads. Karena iklannya secara digital, maka panggilannya berubah menjadi digital ads. Digital ads ini terdapat di beberapa platform yang bisa kamu pilih, seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan masih banyak lagi. Digital ads bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan pencapaian target. Penggunaan digital ads juga membantumu untuk mengukur keberhasilan campaign dengan akurat.

Iklan yang akan kamu luncurkan dapat disesuaikan dengan tujuan dan target pasarmu. Budget yang telah kamu tentukan sebelumnya menjadi anggaran yang bisa kamu manfaatkan untuk memasang iklan. Kamu perlu membuat iklan yang menarik dan beresonansi dengan target pasarmu, jadi jangan lupa buat pesan se maksimal mungkin!

Itu dia empat cara membuat marketing campaign untuk memasarkan produk/jasa yang kamu miliki secara efektif dan lebih meluas. Untuk mendapatkan info seputar tips marketing lainnya, ikuti kelas online atau webinar dengan topik marketing yang diadakan oleh Binar Insight!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya