Business Development

Apa Itu Business Development dan Skill Yang Dibutuhkan

Binar Academy
Apa Itu Business Development dan Skill Yang Dibutuhkan
Isi Halaman :

Binar Academy - Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik? Punya ketertarikan dalam hal bisnis? Mungkin business development adalah salah satu pekerjaan yang tepat untuk kamu!

Sebagian orang mungkin masih asing dengan bidang yang satu ini, sehingga pertanyaan yang kerap muncul adalah apa itu business development dan peranannya di dalam sebuah perusahaan.

Bahkan ada sebagian orang yang menganggap bahwa profesi ini sama dengan seorang sales, padahal profesi business development memiliki tanggung jawab lebih besar dibandingkan profesi sales. Seperti apa penjelasannya? Simak di bawah ini.

Apa Itu Business Development dan Faktor Pegangan Pembuatan Strategi

rapat untuk membahas strategi business development perusahaan
Source: Freepik

Business development adalah salah satu pendukung proses pembentukan penilaian perusahaan yang bersifat jangka panjang. Fungsinya tidak lain adalah sebagai penghubung antara tiga komponen bisnis yaitu pasar, pelanggan dan relasi bisnis. Business development ini juga berperan sebagai pencipta peluang bagi perkembangan perusahaan dengan cara optimalisasi tugas komponen atau faktor tersebut.

Sedangkan untuk nilai yang dimaksud di atas berupa revenue, citra perusahaan, brand awareness atau yang berhubungan dengan tujuan awal perusahaan. Sedangkan untuk tantangannya sendiri adalah mampu melirik peluang serta membuat terobosan dalam jangka panjang yang dapat menguntungkan perusahaan.

Untuk itu BD (business development) pastinya mengembangkan 3 faktor pegangan dalam membuat strategi. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan singkatnya:

1. Pelanggan

Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu business development, maka kamu harus tahu terlebih dahulu faktor di dalamnya yang salah satunya adalah pelanggan.

Sebuah bisnis tidak akan bisa berkembang jika tidak ada customer. Menjadi seorang business development harus pandai membaca permasalahan yang sedang dialami oleh pelanggan, apa yang sedang dibutuhkan dan nilai apa saja yang mereka cari.

Seperti contoh, adakalanya seorang pelanggan lebih mempertimbangkan packaging ketika membeli atau juga mementingkan kualitas barang yang dipasarkan. Hal ini harus dapat dideteksi oleh seorang BD. Kemudian setelah itu dibuatlah jawaban dari kebutuhan dari para pelanggan yang terus mengalami perubahan.

2. Target Market

Sebuah produk tentunya mempunyai target pasarnya masing-masing, akan tetapi target ini lebih bersifat dinamis. Tugas seorang business development yaitu untuk mencari baru dengan beberapa penyesuaian produk agar dapat diterima oleh pasar tersebut.

Perlu diketahui bahwa perilaku konsumen terbentuk berdasarkan beberapa faktor seperti letak geografis, demografis dan psikografis. Ambil contoh masyarakat suku jawa, mereka lebih menyukai makanan dengan tingkat kemanisan lebih tinggi karena banyaknya suplai gula khususnya di jawa ketika masa kolonial dulu. Dengan dasar hal tersebut seorang BD harus bisa melihat peluang tersebut ketika menyasar masyarakat yang ada di Jawa khususnya daerah Solo, Yogyakarta dan Jawa Timur.

3. Relasi Bisnis

Relasi bisnis yang dimaksud disini adalah hubungan baik antara pihak pelanggan, klien, partner, pelaku usaha dan investor. Jika tidak ada relasi maka sebuah perusahaan cenderung tidak mampu berkembang bahkan tidak bertahan lama.

Jadi mengetahui apa itu business development beserta peranannya menjadi sangat penting karena bisa membantu memperkokoh bangunan kepercayaan, citra, serta hubungan saling membutuhkan. Agar relasi perusahaan berjalan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Mengenali Etos Kerja dan Kiat-Kiat Meningkatkannya!

Skill yang Harus Ada Pada Seorang Business Development

presentasi strategi business development
Source: Freepik

Setelah mengetahui apa itu business development dan tertarik untuk menjadi seorang BD, maka harus ada beberapa skill yang dimiliki untuk mendukung kamu terjun di bidang ini.

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki seorang BD.

1. Motivasi

Motivasi tinggi menjadi hal penting bagi seorang BD, terutama terkait dengan kedisiplinan ketika bekerja. Selain itu BD juga tidak boleh gampang menyerah begitu saja dan harus mampu memenuhi target dalam kondisi serba terbatas dan didesak oleh deadline.

2. Management Skill

Paham tentang apa itu business development berarti juga mengerti terkait kemampuan manajemen. Adanya tugas yang bermacam-macam, maka kemampuan mengatur waktu dan kepentingan skala prioritas harus dimiliki oleh business development. Mereka juga harus pandai mengatur sumber daya untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan bisnis dalam sebuah perusahaan.

3. Kemampuan Komunikasi

Seorang BD dituntut untuk mampu tidak hanya di balik layar saja, akan tetapi ketika berada di lapangan. Karena mereka harus melakukan komunikasi dengan pelanggan, tim, klien, termasuk juga saat presentasi di hadapan banyak klien dan partner bisnis.

4. Marketing

Marketing merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang BD. Layaknya seorang sales, BD juga banyak bekerja di bidang marketing untuk mempromosikan produk. Karenanya setiap orang yang bergelut di bidang BD juga dibekali dengan skill pemasaran yang mumpuni.

5. Kepandaian Negosiasi

Karena pekerjaan BD berhubungan dengan orang banyak maka mereka harus bisa melakukan negosiasi yang baik. Baik itu dengan klien yang sudah dimiliki oleh perusahaan atau calon partner yang memiliki potensi menjalin kerjasama dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Dalam hal ini seorang business development sudah pasti harus terus mengasah kemampuan negosiasi agar tujuan proyek berhasil dan terlaksana dengan baik.

6. Analisa Data

Seorang BD juga harus melakukan analisa data. Seperti perkembangan penjualan tiap bulan, data investor, klien, hingga  perusahaan. Oleh karena itu kemampuan dan ketelitian analisa sangat diperlukan. Perlu diingat data yang dimaksud tidak hanya tulisan. Ada yang berisi angka, gambar bahkan rumus matematika.

7. Manajemen Proyek

Maksudnya adalah kemampuan mengolah tim agar tetap solid dalam pemecahan masalah, karena nasib sebuah perusahaan bergantung pada kepandaian seorang business development. Segala kemungkinan harus siap dihadapi bahkan untuk kemungkinan paling buruk sekalipun. Sehingga jiwa leadership sangat penting agar bisa berjalan selaras dengan anggota tim.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu business development dan skill yang dibutuhkan di dalamnya. Semoga informasi ini berguna bagi kamu yang sedang ingin menggeluti profesi business development ya!

Baca Juga: Apa Itu Transformasi Digital dan Peranannya Bagi Bisnis

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya