Apa Itu Transformasi Digital dan Peranannya Bagi Bisnis

Digital Talent Accelerator

Binar Academy — Perpindahan metode konvensional ke digital menjadi suatu pembaruan yang terus berlangsung hingga saat ini. Terlebih pada masa pandemi membuat transformasi digital kian cepat dan tak terhindari karena sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas bisnis.

Bukan hanya dalam sektor teknologi, transformasi digital juga merambah dalam sektor bisnis. Apa itu transformasi digital dan seberapa penting perannya dalam dunia bisnis? Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Transformasi Digital?

Transformasi digital adalah perpindahan proses analog menjadi digital dengan memanfaatkan teknologi. Dalam dunia digital, transformasi digital lebih merujuk pada cara teknologi merevolusionerkan bisnis dengan berbagai bidang teknologi yang baru seperti pembelajaran mesin, data besar, dan internet untuk segala hal. Bentuk transformasi digital dalam dunia bisnis telah mengubah keterlibatan klien, perdagangan, pemasaran, dan lainnya.

Alasan Mengapa Transformasi Digital Penting Bagi Bisnis

Merambahnya transformasi digital dalam dunia bisnis penting untuk diterapkan. Berikut adalah alasan pentingnya transformasi dalam dunia bisnis.

1. Percepatan perubahan

Salah satu manfaat teknologi adalah sebagai alat atau wahana untuk membantu mempercepat pekerjaan manusia. Dengan transformasi digital, perusahan dapat meningkatkan laju perubahan digital secara eksponensial.

Pebisnis dapat membawa bisnis ke pasar yang lebih luas, seperti memberikan kemudahan akses melalui internet, hingga memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk meningkatkan produksi bisnis.

2. Kompetisi Digital

Tingginya laju perekonomian membuat perusahaan semakin bersaing untuk meningkatkan performa bisnisnya. Perusahaan yang masih bertahan dalam bisnis konvensional pun harus bersaing dengan perusahaan rintisan berbasis digital (start up).

Untuk itu, transformasi digital dapat menjadi solusi untuk meningkatkan performa perusahaan. Perusahaan dapat memanfaatkan model bisnis berbasis digital untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

3. Harapan Pelanggan

Pelanggan mengharapkan pengalaman yang baik di semua aspek perusahaan, untuk itu perusahaan harus memastikan interaksi mereka berjalan lancar dengan pelanggan. Dengan transformasi digital, perusahaan dapat memanfaatkan kemudahan akses internet untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Keuntungan Transformasi Digital untuk Perusahaan

Transformasi digital juga memiliki berbagai keuntungan untuk meningkatkan performa perusahaan di era digital. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dari penerapan transformasi digital.

1. Mengubah pengalaman pelanggan

Pengembangan strategi transformasi digital untuk peningkatan pengalaman konsumen akan meningkatkan performa perusahaan.

2. Lebih banyak wawasan berbasis data

Saat perusahaan beralih ke bisnis digital, berbagai data dapat didapatkan. Dengan memanfaatkan transformasi digital, perusahaan dapat melacak dan menganalisis data untuk pengembanga strategi pemasaran hingga peningkatan SDM perusahaan.

3. Kolaborasi yang dinamis antar departemen

Perusahaan yang dapat memanfaatkan transformasi digital secara optimal dapat mempermudah kolaborasi antar departemen di perusahaan. Dengan kuatnya solidaritas antar departemen, perusahaan akan menemukan SDM dengan tujuan selasar untuk mendorong perusahaan mencapai tujuannya.

4. Peningkatan inovasi

Transformasi digital dapat mendorong inovasi untuk perusahaan dan membuat bisnis terus berkembang biak. Dikutip dari Imaginovation.net, sebanyak 68% perusahaan dapat meningkatkan inovasi dengan transformasi digital.

Skill yang Diperlukan untuk Menghadapi Transformasi Digital

skill-transformasi-digital
Source: by Gilles Lambert on Unsplash

Transformasi digital membuat banyak perusahaan terpaksa bersaing untuk menjadi yang terdepan. Untuk itu, berikut adalah beberapa skills yang diperlukan untuk menghadapi transformasi digital.

• UI/UX Design

UI/UX merupakan profesi yang penting dalam perusahaan berbasis digital. Seorang UI/UX bertanggung jawab dalam pengembangan website dan aplikasi, khususnya dalam hal visual.

UX merupakan proses mendesain suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Sementara, UI merupakan bagian dari UX yang berusa tampilan visual dan desain sebuah sistem.

• React Native

React Native merupakan profesi yang saat ini tengah populer karena menawarkan cara untuk pengembangan mobile app dengan mudah. Secara sederhana, react native dapat diartikan sebagai profesi yang memungkinkan developer membuat aplikasi dalam platform Android dan IOS dengan menggunakan basis kode yang sama.

Fullstack Web

Full Stack web developer adalah seseorang yang bertanggung jawab sebagai back end dan front end developer. Lebih spesifiknya, developer bisa bekerja dengan javascript, PHP, java, database (backend) dan juga bisa mengkonversi desain ke dalam kode pemrograman seperti HTML, CSS, XML (front end).

Salah satu cara agar karyawan dapat menguasai skill ini adalah dengan mengikutsertakan mereka ke dalam fullstack academy.

• Product Management

Product Management adalah salah satu profesi dalam perusahaan digital yang bertanggung jawab memandu siklus hidup suatu produk dalam platform digital. Tanggung jawab product management meliputi development, penetapan posisi produk dalam pasar, hingga penentuan harga produk

• Android

Dalam perusahaan digital, seorang Android harus memiliki pengetahuan terbaru mengenai tech stack. Mereka bertanggung jawab terhadap kelancaran software produk dalam Android.

Back End Engineering

Back End Engineering adalah profesi yang berhubungan dengan server sebuah situs atau web dan database sebuah platform. Bagaikan sebuah organisasi, back end engineering merupakan orang yang bekerja dibalik layar untuk kesuksesan program kerja. Mereka berfokus pada kelancaran dan pengembangan database, scripting, dan pondasi sebuah website.

Front end Engineering

Front End Engineering, atau client-side, adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap tampilan depan depan sebuah browser saat pengguna berinteraksi di dalam nya. Skill yang harus dimiliki seorang Front End Engineering meliputi HTML, CSS, XML.

• Quality Assurance

Quality assurance merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan software atau aplikasi yang diciptakan oleh sebuah perusahaan dapat bekerja dengan baik. Dalam perusahaan digital, tugas seorang QA adalah menguji software yang dibuat oleh full stack developer terlebih dahulu sebelum diberikan kepada pengguna.

• Business Intelligence

Business Intelligence merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab mencari suatu cara dan metodologi untuk menganalisa suatu informasi terkait bisnis. Dalam perusahaan, Business intelligence berperan menentukan arah dan strategi bisnis perusahaan.

-----------------------------------------

Melihat seberapa berpengaruhnya transformasi digital terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan, maka akan lebih baik jika perusahaan juga dapat beradaptasi.

Binar memahami tiap perusahaan memiliki tujuannya masing-masing sehingga Binar menawarkan berbagai pelatihan yang perusahaan dapat pilih, di antaranya adalah: Employee Hiring Program; Internal Upskilling Program; dan CSR Program, yang dapat Anda temukan melalui layanan Digital Talent Accelerator by Binar Academy.

Melalui program pelatihan dan workshop yang bersertifikat, Binar dapat merancang dan menjalankan program dengan branding perusahaan Anda.

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.