Cerita Alumni

Cerita Alumni BINAR Lina: Laboran Kimia yang Jadi BI Analyst

Binar Academy
Cerita Alumni BINAR Lina: Laboran Kimia yang Jadi BI Analyst
Isi Halaman :

Cerita alumni BINAR yang inspiratif datang dari Aniatun Linafi'ah atau Lina, yang telah bekerja selama 6 tahun menjadi laboran di laboratorium kimia salah satu universitas di Semarang. 

Lina yang sudah menuntaskan studinya hingga S2 di Kimia dan menjadi laboran kimia, tergerak untuk switch career karena sakit yang membatasi ruang geraknya. Apalagi kewajiban kerja di lab yang mengharuskan standby selama 8 jam untuk mendampingi mahasiswa, menjadi kurang memungkinkan dengan kondisi kesehatannya.

Di sisi lain, suaminya adalah seorang UI/UX Designer yang bekerja secara remote. Melihat sistem kerja suaminya yang lebih fleksibel, Lina semakin yakin untuk switch career ke bidang IT supaya dapat bekerja secara remote dan tidak butuh banyak aktifitas fisik.

Berkenalan dengan BINAR dan Tertarik dengan BI Analysis

Setelah Lina mencoba berbagai webinar dan event gratis, akhirnya dengan rekomendasi suami, Lina pun berkenalan dengan BINAR Bootcamp. Dari sekian banyak pilihan courses, Lina langsung tertarik dengan Business Intelligence Analysis karena menurutnya masih linier dengan karirnya yang mengolah data di Kimia.

“Mau ngikut suami di UI/UX kok rasanya ga kreatif, ngeliat ada Business (Intelligence) Analysis langsung tertarik karena pas baca-baca Silver Material bahasanya mudah dipahami, simpel, dan ngerasa cocok”

Menurut Lina, sebagai career switcher ia sangat terbantu dengan Silver Material di aplikasi BINAR yang bisa diakses secara gratis. “Materinya memudahkan buat dipahami, meskipun belum pernah denger istilah-istilah teknis kayak SQL, PRD, dan lainnya, jadi lebih gampang buat masuk di kepala”

Pengalaman Belajar di BINAR Bootcamp yang Asik dengan Fasil dan teman-teman yang Suportif

Akhirnya Lina mengikuti bootcamp BINAR melanjutkan dari silver material. Menurutnya tantangan terbesar ketika belajar di BI Analysis bukan memahami toolsnya, tetapi mempelajari ilmu yang berkaitan dengan ekonomi dan manajemen. 

Namun tantangan ini tidak menjadi halangan, karena ia bertemu dengan fasilitator yang sabar dan jeli untuk mendampingi proses belajarnya. Lina juga punya beberapa teman sekelas yang sama-sama switch career, menurut Lina hal ini malah menjadikan suasana belajar yang asik 

“Di kelas kita semua kayak temen yang lagi belajar bareng, ga terbebani, fasilnya mau ngajarin pelan-pelan sampe bener-bener paham. Bahkan ada juga temen di kelas yang udah kerja di bidang data di perusahaan ecommerce, dia malah saling ngajarin dan saling bantu kita yang awam”

Job Connect Membantu Lina Mendapat Kerja Cepat Setelah Lulus

Setelah lulus dari BINAR, hanya butuh waktu kurang dari 6 bulan untuk Lina masuk kerja di perusahaan yang baru. Prosesnya lebih lancar karena dibantu dengan Job Connect yang mengirim lowongan kerja setiap hari Jumat, selain itu tim Job Connect juga aktif menawarkan langsung ke Lina sesuai dengan preferensi pekerjaan yang sudah ia berikan di awal.

“April aku lulus dari BINAR, September aku masuk kerja, terbantu banget dari Teman (tim) Job Connect yang tiap hari chat untuk nawarin kerjaan sesuai yang aku butuhkan, tiap Jumat juga dikirimi lowongan kerja baru”

Lina juga merasa lebih aman, karena tim Job Connect di sebulan pertama masih mendampinginya untuk memastikan Lina benar-benar sudah bekerja sampai proses tanda tangan kontrak selesai.

Bootcamp BINAR Benar-Benar Membantu Pekerjaan Lina

Ada banyak hal dari BINAR Bootcamp yang membantu Lina, mulai dari detail teknis pembuatan dashboard, pembuatan PRD yang baik dan benar, data storytelling, dan pola pikir yang tepat untuk mengolah data.

Tools yang diajarkan di BINAR seperti SQL dan PostgreSQL membantu Lina untuk beradaptasi dengan berbagai tools yang digunakan di tempat kerjanya. Meskipun saat ini Lina harus mengerjakan project dengan PowerBI, berkat fundamental yang didapat dari BINAR, ia bisa lebih mudah mempelajari tools-tools data lainnya.

Ternyata keputusan Lina untuk switch career melalui BINAR Bootcamp di course Business Intelligence Analysis adalah keputusan yang tepat untuk dia. Saat ini Lina bisa bekerja lebih enjoy dan fleksibel tanpa harus mengorbankan kondisi kesehatannya. Suami nya pun juga ikut bangga karena Lina bisa mendapat kerja dengan cepat setelah lulus dari BINAR. 

Switch Career ke Bidang Data dengan BINAR Bootcamp yuk!

Tertarik career switching seperti Lina?

Kamu yang ingin bekerja secara lebih fleksibel dan jadi tech talent khususnya di bidang data bisa cek courses yang ada di BINAR. Ada 2 courses data yang bisa kamu pilih yaitu, Bootcamp Data Science dan Bootcamp Business Intelligence Analysis.

Mau coba belajar materi dasar yang ada di BINAR Bootcamp secara GRATIS? Download aplikasi BINAR dan masuk ke courses yang ingin kamu coba, temukan silver course material untuk kamu pelajari!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya