UI/UX

Tools Design Interface yang Ramah bagi Pengidap Buta Warna

Binar Academy
Tools Design Interface yang Ramah bagi Pengidap Buta Warna
Isi Halaman :

Binar Academy — Jika kamu berpikir buta warna atau color vision deficiency (CVD) artinya hanya mampu melihat warna hitam dan putih, itu tidak sepenuhnya salah. Tapi, dalam kebanyakan kasus, pengidapnya tetap bisa melihat warna-warna lain. Hanya saja, mereka kesulitan untuk melihat merah, hijau, atau biru dengan sempurna.

Buta warna atau Color Vision Deficiency (CVD) lebih umum dari yang orang pikirkan, lho. Kasus ini dialami sekitar satu dari delapan laki-laki di dunia. Untuk perempuan, buta warna dialami oleh satu dari 200 wanita. Pertanyaannya, pernahkah kita memikirkan kondisi tersebut saat mendesain interface sebuah situs atau aplikasi?

Jika belum dan ingin menerapkannya segera, ini dia beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk merancang interface dengan warna yang aksesibel bagi orang-orang dengan kemampuan berbeda.

6 Tools Design Interface untuk Pengidap Buta Warna

1. Who Can Use

Tools khusus ini dapat membantu kamu memahami bagaimana kontras warna dapat memengaruhi orang dengan kemampuan visual yang berbeda.

2. Khroma

Alat ini menggunakan machine learning untuk menciptakan palet tanpa batas untuk kamu temukan, cari, dan simpan. Dan, Khroma juga dapat menyaring kombinasi yang tidak memiliki rasio kontras yang tepat. Jadi, semuanya bakal lebih gampang buatmu~

3. ColorBox

ColorBox bisa menghasilkan set warna dalam kemasan yang unik seperti yang bisa kamu lihat di gambarnya. Keren kan? Plus, alat ini juga bisa menunjukkan bagaimana teks akan terlihat di atas warna yang direkomendasikan.

4. Happy Hues

Situs dengan palet warna yang dikuratori secara khusus sesuai konteks penggunaan yang kamu inginkan. Mulai dari diperlihatkan sebagai background color, disandingkan dengan gambar, maupun dipadukan dalam teks. Membantu banget, nggak, tuh?

5. Stark

Stark adalah alat yang membuatmu bisa memeriksa rasio kontras warna teks yang digunakan. Ini bisa berguna banget untuk melihat apakah warna yang kamu pilih aksesibel untuk banyak orang. Yang bikin Stark makin keren, ia bisa digunakan sebagai plugin, lho!

6. Color Safe

Dengan alat ini, kamu bisa mendapatkan palet warna yang ciamik sekaligus sesuai dengan Panduan WCAG soal rasio teks dan background.

Kumpulan tools di atas pasti bakal membantumu di tahap dan konteks tertentu. Tapi, jangan lupa kalau usaha membangun interface yang aksesibel tidak cukup mengandalkan tools saja. Kamu perlu memahami logika desain, prinsip tata letak, kebiasaan user, dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu tertarik untuk belajar lebih banyak soal penerapan warna dalam interface, Binar Academy menyediakan bootcamp untuk belajar UI/UX Research & Design! Di kelas ini, kamu akan belajar dari dasar. Jadi meskipun kamu tidak punya background desain, kamu tetap dapat ikut kelasnya!

Tertarik? Untuh aplikasi Binar Academy di link berikut ya!

Baca juga: 8 Golden Rules Interface Design yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya