Cerita Fasil/SME

Kenalin, Tantiny Tanjung SME BINAR Bootcamp Business Intelligence

Binar Academy
Kenalin, Tantiny Tanjung SME BINAR Bootcamp Business Intelligence
Isi Halaman :

Tantiny Tanjung adalah Senior Consultant AI & Data di sebuah Consulting Firm, ia telah berpengalaman di bidang Business Intelligence sejak tahun 2015. Selama kurang lebih 10 tahun, Tanti telah mengumpulkan keahlian sebagai engineer di bidang Business Intelligence, Data Analytics, Data Warehouse, Cloud dan IT strategy di berbagai sektor terlebih sektor pemerintahan, farmasi, kesehatan, fin-tech, data analytics industry, dan consulting. 

Pengalaman luas yang didapatnya dari perusahaan swasta, perusahaan multinasional, start-up, pemerintahan, dan konsultan memberinya pengetahuan yang kuat tentang data dan IT industry mulai dari strategi, implementasi dan operasional. Saat ini pekerjaan Tanti sebagai Senior Consultant AI dan Data adalah memberikan advice technology dari sisi strategi, implementasi dan operasional untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan data analytics, data warehouse dan big data. 

Selain itu, Tanti juga membagikan keahliannya dengan menjadi SME (Subject Matter Expert) di BINAR Bootcamp Business Intelligence Analysis. Sebagai SME, Tanti berperan untuk mengisi rancangan kurikulum pembelajaran Bootcamp BI Analysis, sehingga seluruh komponen pembelajaran akan selalu mengikuti perkembangan industri data dan bersifat praktial bukan hanya teori.

Dalam artikel ini Tantiny Tanjung membagikan beberapa insight untuk Binarian yang tertarik untuk belajar Business Intelligence Analysis. Seluruh pertanyaan seputar BI Analyst sudah terangkum dengan jawaban langsung dari Tanti . Simak sampai habis untuk temukan tempat belajar gratis Business Intelligence Analysis!

Apa yang membuat BI Analyst Terus Dibutuhkan Sampai di Masa Depan dan Perannya di Perusahaan

Saat ini hampir seluruh perusahaan sudah bermigrasi ke digitalisasi, bahkan sudah banyak perusahaan teknologi yang bermunculan, sehingga data yang dihasilkan makin banyak. Banyaknya ragam data yang dihasilkan ini harus dikelola dengan skill dan pengetahuan yang mumpuni, agar bisa menghasilkan insight yang berguna bagi perusahaan. 

Inilah mengapa perusahaan akan terus membutuhkan peran BI Analyst untuk mengelola data menjadi insight yang digunakan dalam pengambilan keputusan stakeholder, serta mendorong pertumbuhan dan kemajuan perusahaan.

Jobdesc dan Tanggung Jawab Business Intelligence Analyst dalam Dunia Kerja

Secara garis besar, tanggung jawab dan scope pekerjaan BI Analyst di perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Data visualization: Memberikan informasi dan menampilkan data dalam bentuk infografis atau visual agar dapat mudah dipahami oleh user.
  • Experimentation: Melakukan analisis terhadap business proses dan data yang terkait dengan business process tersebut.
  • Analytics & modeling: Mengumpulkan dan menganalisis data terkait tren, perilaku konsumen, performa produk, maupun prediksi.

Seperti apa BAU (Business As Usual) atau keseharian seorang BI Analyst dalam dunia kerja?

Kurang lebih inilah gambaran keseharian seorang BI Analyst:

  • Melakukan analisis business requirement dari user
  • Melakukan analisis data berdasarkan business requirement
  • Mendesain table fact
  • Mendesain dashboard BI
  • Mendevelop solusi BI
  • Melakukan testing dashboard BI
  • Melakukan presentasi ke user atas dashboard BI yang dihasilkan

Perbedaan Utama Data Analyst VS BI Analyst, dan BI Analyst VS BI Engineer dari Segi Tugasnya

  • Data analyst bertugas untuk menganalisis data untuk menunjukkan tren atau informasi apapun yang penting untuk bisnis.
  • BI Analyst bisa dibilang adalah orang yang bertugas untuk mengidentifikasi tren dan memperoleh insight dengan memanfaatkan data, teknik, dan tools-nya BI. Tren dalam konteks BI adalah pola atau kecenderungan tertentu yang biasanya kita temukan di dalam data.  
  • BI Engineer, orang yang mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara sistem BI, yang di dalamnya termasuk aplikasi dan dashboard. 

Skill dan Tools yang Harus Dipelajari Pemula yang Ingin Menjadi BI Analyst

  • SQL
  • Phyton
  • BI tools (Tableau, PowerBI, Google Data Studio dll)
  • Database
  • Struktur algoritma dan bahasa pemrograman
  • Critical thinking

Apakah Seorang BI Analyst Harus Bisa Coding?

Yap harus bisa, karena dengan memahami coding akan membantu kita untuk mengerti tools dan solusi yang kita hasilkan.

Apa yang membuat seseorang bisa dikatakan sebagai BI Analyst terbaik?

BI Analyst terbaik adalah orang yang mau belajar dan punya rasa ingin tahu yang tinggi atas apa yang dikerjakan. BI Analyst terbaik juga bisa dilihat dari bagaimana ia mengeksekusi pekerjaannya, ia akan selalu berusaha memberikan hasil yang terbaik.

Apakah Aku Bisa Jadi BI Analyst Seperti Kak Tantiny?

Buat kamu yang semakin yakin untuk jadi Business Intelligence Analyst dan ingin mempelajari materi BI Analysis lebih lanjut, yuk langsung daftar sekarang di BINAR Bootcamp Business Intelligence Analysis!

Kamu juga bisa mempelajari skill-skill dasar BI Analyst yang dipaparkan kak Tantiny secara GRATIS, di Silver Course Material dalam aplikasi BINAR! Yuk Download aplikasi BINAR dan akses materi bootcamp BI Analyst gratis!

Ini lho keuntungan yang akan kamu dapatkan di BINAR Bootcamp dan belum tentu ada di Bootcamp lain:

  • Kelas yang ekslusif dengan maksimal 25 students per kelas, bikin kamu lebih nyaman buat tanya jawab ke fasilitator dan bantu kamu lebih fokus.
  • Bekal portofolio dengan real case & real project selama belajar di BINAR Bootcamp, bareng fasilitator dan tim Job Connect ketika ingin disalurkan kerja.
  • Anti stress selama belajar dengan program Psychological Check-Up, kamu bisa konsultasi ke psikolog jika terkendala selama proses belajar.
  • Career support & coaching serta alumni networking night, yang bantu kamu cari kerja mulai dari bikin CV, Portofolio, dan disalurkan ke 150+ hiring partner BINAR.
  • Berkolaborasi dengan student & fasil course lain untuk tugas akhir, agar mengasah soft skill dalam kolaborasi dan komunikasi di dunia kerja.
  • Semua materi dan ujian selama bootcamp langsung didapatkan di hari pertama, metode Flipped Learning ini akan membiasakan kamu untuk aktif belajar mandiri dan berdiskusi dengan fasil ketika sesi pertemuan.

Jika kamu ingin menanyakan informasi detail lainnya seputar Bootcamp Business Intelligence Analysis, kamu bisa menghubungi tim akademik Binar dengan mengisi form ini

Masih ragu-ragu dengan Bootcamp BI Analysis? Kamu bisa meyakinkan diri dengan Potensi Quiz untuk temukan rekomendasi bootcamp yang cocok sesuai kepribadianmu di sini. Gratis, cuma butuh 3 menit, klik-klik, dan beres!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya