Job Connect

Cara Menyusun Strategi Rekrutmen HR di Masa Hiring Freeze

Binar Academy
Cara Menyusun Strategi Rekrutmen HR di Masa Hiring Freeze
Isi Halaman :

Ketika mayoritas perusahaan melakukan perampingan dengan PHK, Hiring Freeze, dan pemotongan gaji karyawan, serta beban operasional lainnya, di sinilah peran HR diuji untuk tetap mengelola karyawan dan memenuhi kebutuhan talent bagi perusahaan. PHK besar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan global bisa menjadi peluang bagi tim HR atau Talent Acquisition untuk menemukan tech talent berkualitas.

Namun faktanya, di masa ini HR juga ditantang untuk merekrut tech talent dengan budget yang terbatas. Limitasi budget inilah yang menjadi kendala untuk memberikan penawaran bagi lautan tech talent yang sedang berstatus job seeing. 

Dalam artikel ini BINAR memberikan 6 strategi aplikatif yang bisa dilakukan oleh tim rekruiter perusahaan anda untuk dapat memenuhi kebutuhan talent dalam perusahaan atau melakukan hiring di tengah keterbatasan. Berikut adalah strategi rekrutmen di masa serba tidak menentu, untuk menghemat sekaligus meningkatkan skala bisnis perusahaan anda.

Simak sampai akhir untuk temukan talent pool tech talent berkualitas dengan mudah!

Evaluasi dan Automasi Proses Bisnis 

Sebelum melakukan rekrutmen, cobalah untuk mengevaluasi cara kerja karyawan anda selama ini. Temukan proses kerja yang berpotensi dapat diautomasikan atau disederhanakan, tanpa memerlukan human touch. Inefsiensi dalam operasional perusahaan yang menumpuk dapat menjadi beban yang dapat memperlambat produktifitas karyawan.

Lakukan evaluasi antara kebutuhan karyawan baru dengan proses bisnis anda, untuk menentukan apakah perusahaan anda butuh talent baru atau justur membutuhkan penyederhanaan proses bisnis.

Prioritaskan Kebutuhan Berdasarkan Business Goal 

Jika fase bisnis perusahaan anda adalah validasi produk, bisa jadi anda belum tentu membutuhkan tim marketing dan branding untuk mempromosikan produk yang sudah siap dipasarkan. Sebagai HR anda dapat mempertimbangkan, apakah penambahan karyawan dapat meningkatkan progress skalabilitas perusahaan ke level selanjutnya, atau perusahaan anda lebih butuh untuk berinvestasi lebih pada pengembangan produk.

Anda bisa mulai dengan memetakan business goal jangka panjang seperti 3-5 tahun kedepan dan menurunkan dalam milestone atau achievement yang harus diraih untuk mencapai tujuan tersebut. Setiap milestone tentunya membutuhkan effort yang harus dikerjakan, dari situlah anda bisa menentukan talent apa saja yang benar-benar dibutuhkan hingga berapa banyak man power yang dibutuhkan.

Prioritaskan rekrutmen berdasarkan milestone terdekat yang linier dengan business goal jangka panjang, untuk bisa meningkatkan proses bisnis secara efektif.

Analisa Skill Gap dan Pertimbangkan Pelatihan Karyawan Sebagai Alternatif Rekrutmen

Proses hiring membutuhkan budget, waktu, dan tenaga yang besar. Alternatif yang bisa diberikan bagi perusahaan untuk mensuplai skill yang dibutuhkan adalah pelatihan karyawan online. Alternatif ini hanya bisa diberikan jika anda dapat menganalisa skill gap dalam perusahaan.

Lakukan evaluasi terhadap kebutuhan skill dan kapabilitas lainnya untuk proses bisnis yang akan datang. Bandingkan dengan kemampuan karyawan yang anda miliki saat ini, jika celah yang terlihat dapat dipenuhi dengan pelatihan karyawan, tentu hal ini akan sangat membantu banyak pihak. Karyawan mendapat promosi internal, perusahaan dapat menghemat budget rekrutmen.

Baca Juga: Benefit Online Live Learning Bagi Karyawan dan Perusahaan

Buat Value Proposition Semenarik Mungkin dengan Resource yang Ada

Penawaran value perusahaan bagi karyawan saat ini tidak hanya terbatas pada nominal gaji. Benefit lain dari perusahaan yang bersifat non-tunai seringkali menjadi pertimbangan bagi jobseeker untuk melamar kerja. 

Beberapa benefit non-tunai yang bisa ditawarkan sebagai value adalah: asuransi kesehatan, kultur kerja yang terbukti sehat, equipment atau fasilitas gadget dari perusahaan, banyaknya cuti dalam 1 tahun yang bisa diambil, cuti-cuti spesial beserta periodenya, bonding activity, dan lain sebagainya.

Segala bentuk fleksibilitas dan kemudahan yang dapat diberikan oleh perusahaan anda, dapat dikemas menjadi value propositon yang menarik bagi calon / kandidat karyawan.

Perkuat Employee branding di Media Sosial dan Website Perusahaan

Menyambung dari poin value proposition di atas, anda juga perlu mempublikasikan value-value tersebut ke media sosial dan website perusahaan untuk meningkatkan employee branding yang positif. Employee branding di masa hiring freeze dan PHK seperti saat-saat ini, dapat menjadi sinyal bagi jobseeker agar tertarik melamar di perusahaan anda.

Selain menggaungkan value proposition, anda juga bisa mengajak karyawan dan internal perusahaan untuk menceritakan bagaimana pengalaman dan peningkatan skill yang mereka dapatkan di perusahaan anda selama ini. Hal ini juga dapat menjadi bentuk apresiasi bagi karyawan atas kontribusinya selama bekerja.

Selain meningkatkan employee branding di media sosial dan webiste perusahaan, jangan lupa untuk memperbaiki job vacancy yang anda posting di job portal manapun. Karena bagaimanapun, jobseeker akan memiliki first impression pada perusahaan anda di laman job vacancy. Sertakan benefit-benefit yang akan didapatkan karyawan dalam job vacany yang anda posting.

Berikan Peluang Bagi Kandidat dengan Sistem Kerja Remote

Perluas pencarian talent dengan sistem kerja remote agar dapat menjangkau talenta lebih luas tanpa terhalang lokasi geografis. Peluang ini dapat memberikan anda benefit untuk menawarkan gaji yang disesuaikan dengan tempat tinggal mereka. Selain itu sistem kerja remote juga dapat menjadi nilai plus, bagi jobseeker yang mengutamakan fleksibilitas.

Mayoritas tech talent pun juga memiliki preferensi sistem kerja remote, sehingga anda bisa memperitimbangkan untuk memberikan peluang ini agar dapat menjangkau tech talent yang tepat bagi perusahaan anda.

Rekomendasi Tech Talent Pool Bagi Perusahaan Anda

Temukan talenta IT terbaik bagi perusahaan anda dengan mudah dan beragam dengan Rekrut Talenta Digital BINAR

Dipercaya oleh 150+ perusahaan terkemuka di Asia Tenggara, BINAR menyediakan beragam tech talent mulai dari scope engineer, data, marketing/bisnis, dan product.

Ingin konsultasi dan berdiskusi lebih lanjut? Cukup lengkapi form ini dan representatif BINAR akan menghubungi anda!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan Tech Talent Berkualitas dari BINAR

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Dapatkan tech talent berkualitas untuk perusahaan anda dengan Rekrut Talenta Digital
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Temukan Tech Talent Berkualitas dari BINAR

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Konsultasikan kebutuhan anda dengan tim BINAR untuk temukan tech talent berkualitas
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya