Web Development

SQL: Pengertian, Fungsi, dan Profesi yang Membutuhkannya

Binar Academy
SQL: Pengertian, Fungsi, dan Profesi yang Membutuhkannya
Isi Halaman :

Binar Academy - Saat ini bahasa pemrograman sangat beragam untuk digunakan pada berbagai jenis aplikasi untuk perangkat desktop, mobile, ataupun tablet. Salah satu bahasa pemrograman yakni SQL. SQL adalah Structured Query Language yang bermakna bahasa query yang digunakan sebagai pengelola informasi di database. Bagi pemula, SQL merupakan bahasa yang berfungsi untuk mengakses data yang berada di dalam basis relasional. Saat ini tak sedikit developer yang menggunakan SQL ini untuk membantu dalam merancang kebutuhan basis data pada aplikasi.

Fungsi SQL

fungsi SQL
Sumber: TerrforMER

Ada beberapa fungsi dari SQL yang harus kamu ketahui. Simak informasi tentang beberapa fungsinya sebagai berikut

1. Mampu Mengeksekusi Query

Fungsi pertama dari SQL adalah mampu untuk mengeksekusi berbagai kueri yang ada. Jadi fungsi pertamanya memerintahkan langsung sistem agar mengelola database. Contoh dari eksekusi kueri diantaranya trigger, alter, giant dan masih banyak lagi.

2. Mampu Mengatur Hak Akses User

Fungsi selanjutnya yakni untuk mengatur hak akses user. Hal ini diartikan untuk mengatur dan mengelola kebutuhan hak akses table, pandangan dan prosedur pada database. Tujuan hak akses ini untuk membatasi akses penggunaan sesuai dengan kebutuhan sistem yang diterapkan.

3. Mampu Memanipulasi Dan Mengakses Database

Fungsi yang terakhir yakni mampu mengakses database dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan kueri yang telah ditetapkan. kamu melakukan update data berupa, penambahan data, penghapusan data, atau perubahan terhadap tabel dan beberapa informasi yang tidak penting.

4. Mampu Membuat Tabel

Objek yang sering digunakan untuk menyimpan semua data pada database ini bisa dibuat dari SQL. Letak tabel pada database dimana nantinya pembuatan tabel dilakukan setelah sebuah database telah dibuat. Tabel sendiri terdapat baris dan kolom dimana barus disebut dengan recordset dan kolom disebut dengan field. Database harus diaktifkan dulu untuk membuat sebuah tabel atau lebih.

5. Melihat Struktur Tabel

Setelah membuat tabel, kamu dapat melihat tipe data dan panjang kolom dengan menampilkan struktur tabel.

Baca Juga: Mengenal Design Pattern dan Jenis - jenisnya pada Pemrogramman

Profesi Yang Membutuhkan Skill SQL

Setelah membahas pengertian SQL dan fungsinya, selanjutnya kamu harus mengetahui profesi apa saja yang membutuhkan skill SQL ini. Profesinya kebanyakan dalam bidang data, hal ini dikarenakan SQL sangat berkaitan dengan pengolahan data. Berikut beberapa profesi yang membutuhkan keterampilan SQL:

1. Data Engineer

profesi data engineer membutuhkan skill SQL
Sumber: Studyflix

Tanggung jawab seorang data engineer yang harus menemukan tren atau pola dalam set data. Pengembangan algoritma untuk mengubah data agar bisa berguna juga tanggung jawabnya. Pembangunan algoritma agar pengaksesan data mentah lebih mudah juga menjadi tugasnya. Oleh karenanya seorang data engineer harus mampu menguasai SQL. Inilah fungsi penting SQL bagi data engineer yang wajib dipelajari. Tanpa SQL seorang data engineer tidak bisa menjalankan program dengan baik bagi perusahaan.

2. Data Scientist

profesi data scientist membutuhkan skill SQL
Sumber: NamabiaEconomist

Selanjutnya profesi yang harus menguasai SQL adalah seorang yang bergulat dengan pembuatan database. Melakukan pengolahan data dan menerjemahkannya menjadi suatu yang lebih mudah ditelaah, ya dia adalah seorang data scientist. Produk data yang dihasilkan seorang data scientist nantinya akan dijadikan acuan sebuah perusahaan untuk membuat keputusan bisnis dan kebijakan lainnya. Oleh karena itu pekerjaan ini erat dengan data dan harus mampu memiliki keterampilan pengolahan data dengan SQL.

3. Database Administrator

profesi database administrator membutuhkan skill SQL
Sumber: PFos

Melakukan pengelolaan terhadap software database seperti melakukan penyimapanan, penyusunan dan pengaksesan data dengan sistem yang matang adalah tugasnya. Bagian database administrator ini membawahi SQL programmer, yang sudah pasti harus menguasai tentang bahasa pemrograman ini. Sebagai atasan dari SQL programmer database administrator harus mampu mengevaluasi pekerjaan dan memberikan masukan jika terjadi kesalahan.

4. Business Analyst

profesio business analyst membutuhkan skill SQL
Sumber: Medium

Selanjutnya profesi yang harus mampu menggunakan SQL adalah seorang business analyst. Profesi ini bertugas untuk memandu perusahaan dalam menciptakan proses, produk, layanan dan software melalui analisa bisnis. Menjalankan gap analysis guna mengidentifikasi langkah untuk memajukan bisnis merupakan salah tugas business analyst. Gap analysis membutuhkan SQL guna mendapatkan kesenjangan pada data yang ada. Kunci sukses seorang business analyst yakni mampu menganalisis kesenjangan yang terperinci.

5. Quality Assurance Tester

profesi quality assurance tester butuh skill SQL
Sumber: Medium

Umumnya seorang quality assurance tester bertugas untuk memeriksa kerusakan atau masalah pada produk digital seperti aplikasi, software, game, dan website. Sebuah produk digital melakukan penyimpanan tentang informasi pengguna menggunakan database yang berbasis SQL. Seorang quality tester harus menguasai SQL agar mampu mengetahui detail terkait kerusakan agar bisa diperbaiki kembali.

Itulah tadi penjelasan mengenai SQL, fungsi dan profesi yang harus menguasai SQL. Kesimpulannya benar jika SQL adalah bahasa pemrograman yang khusus digunakan ketika membuat maupun mengolah database dalam sebuah website. Tak hanya itu ternyata ada banyak profesi yang harus menguasai SQL ini. Maka dari itu pelajari lebih banyak tentang SQL ini jika kamu ingin menjadi salah satu profesi yang telah disebutkan di atas. Cari banyak informasi terkait apa itu SQL selengkap-lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Belajar Pemrogramman Sambil Main Game

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya