7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Agar Kariermu Sukses

General

Binar Academy – Ada banyak faktor yang menentukan kesuksesan dalam berkarier. Dua faktor yang paling penting yang harus dimiliki adalah hard skill dan soft skill. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai soft skill yang harus dimiliki untuk bisa bertahan dan berprestasi di dunia kerja.

Soft skill yang diperlukan untuk semua bidang pekerjaan kurang lebih sama. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki semua soft skill tersebut.

Mengenali Makna Soft Skill

Sebelum mengetahui apa saja soft skill yang harus kamu punya, pahami terlebih dahulu pengertian dari soft skill itu sendiri. Soft skill berhubungan dengan personalitas atau kepribadian seseorang yang dibutuhkan agar bisa mencapai performa yang maksimal saat menekuni suatu pekerjaan.

Terkadang orang lebih mementingkan hard skill dan mengesampingkan soft skill ketika masuk ke dunia kerja. Padahal keduanya diperlukan untuk menunjang karier seseorang. 

Hard skill dibutuhkan untuk menghandle dan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan, misalnya membuat laporan keuangan, mengembangkan aplikasi atau website, dan lain sebagainya. Sementara soft skill lebih berperan untuk menunjang kehidupan sosial di tempat kerja.

Di tempat kerja, kamu tidak akan bekerja sendiri. Kamu akan bertemu dengan banyak orang baik itu rekan selevel, atasan, bawahan, serta klien. Oleh karena itu, hard skill atau kemampuan yang terukur saja masih belum cukup. Soft skill dalam diri kamu juga harus selalu ditingkatkan.

Soft Skill yang Harus Dimiliki di Dunia Kerja

Ini dia beberapa soft skill yang wajib kamu miliki untuk mencapai kesuksesan dalam berkarier.

1. Komunikasi

Semua orang bisa berbicara namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. 

Untuk menjalin sebuah komunikasi yang baik dan sehat, kamu tak hanya harus bisa bicara atau mengutarakan gagasan. Kamu juga memerlukan kemampuan untuk mendengar ketika rekanmu tengah berbicara.

Saat berbicara dengan orang lain, cobalah fokus pada topik utama yang tengah dibicarakan alih-alih memikirkan “apa yang akan saya bicarakan setelah ini?”

Kemampuan komunikasi sangat diperlukan di dunia kerja, khususnya di perusahaan. Satu pekerjaan atau project umumnya dikerjakan oleh beberapa divisi sekaligus. 

Untuk kesuksesan project, komunikasi antar divisi harus berjalan dengan baik. Begitu pula dengan komunikasi antar individu di dalam divisi tersebut.

2. Public Speaking

Sebenarnya public speaking masih berhubungan dengan kemampuan komunikasi, namun lebih advanced. Seperti namanya, public speaking merupakan kemampuan untuk berbicara di depan publik atau khalayak umum.

Orang yang punya kemampuan public speaking tidak mengalami demam panggung atau nervous saat harus bicara di depan banyak orang. Selain itu, public speaking juga membuat seseorang mampu menarik perhatian orang-orang agar memperhatikan apa yang diucapkan olehnya.

Soft skill yang satu ini kamu perlukan untuk bisa menjadi pemimpin di sebuah divisi atau memimpin sebuah meeting serta diskusi. Hal ini tentu sering dilakukan di pekerjaan, bukan?

3. Adaptasi

Adaptasi atau kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar merupakan skill dasar makhluk hidup. Bukan berarti skill ini tidak perlu diasah. Untuk mencapai karier yang sukses, kamu perlu terus menyesuaikan diri dengan teknologi maupun lingkungan yang baru.

Menjadi orang yang adaptif juga akan memudahkan kamu ketika harus berhadapan dengan orang dengan berbagai macam kepribadian. Untuk bisa bekerja sama dengan banyak orang, tentu kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan orang-orang baru. Itulah pentingnya kemampuan adaptasi.

4. Pemikiran Kritis

Pemikiran yang kritis akan membantu kamu melihat segala sesuatu dari perspektif yang logis. Artinya, kamu akan memiliki pemikiran yang lebih jernih dan masuk akal. Hal ini jelas kamu butuhkan untuk meniti karier dan naik level.

Kamu dapat mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Setelahnya, kamu dapat memikirkan lagi berbagai kemungkinan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Kemampuan berpikir kritis ini berkaitan erat dengan kemampuan problem solving dan pengambilan keputusan.

Kemampuan berpikir kritis dapat kamu asah dengan terus menambah pengetahuan. Sumbernya pun bermacam-macam, misalnya buku bacaan, jurnal ilmiah, berita, dan masih banyak lagi. Semakin luas pengetahuan yang dimiliki, kemampuan berpikir juga akan meningkat.

5. Manajemen Konflik

Satu orang yang dikumpulkan di satu tempat tidak mungkin memiliki satu pemikiran yang sama. Masing-masing orang akan memiliki sudut pandang dan cara berpikir yang berbeda. Tak jarang, hal ini memicu konflik dan terjadilah sebuah perselisihan.

Ketika terjadi konflik seperti ini, kamu memerlukan kemampuan manajemen konflik yang baik. Kamu harus mampu bekerja sama dengan orang yang sedang berselisih denganmu jika itu untuk kepentingan bersama.

Di samping itu, orang dengan kemampuan manajemen konflik yang baik akan mampu menjadi seorang mediator. Tugas mediator sendiri adalah mendamaikan pihak-pihak yang terlibat konflik untuk bisa menemukan win-win solution.

Dalam satu lingkungan kerja dibutuhkan setidaknya satu orang yang punya kemampuan manajemen konflik. Apa tujuannya? Agar konflik yang terjadi tidak berlarut-larut dan menjaga suasana kerja tetap kondusif.

6. Manajemen Waktu

Tahukah kamu bahwa kemampuan mengatur atau manajemen waktu merupakan salah satu soft skill? Dalam sehari, semua orang punya 24 jam. Tidak ada yang punya waktu lebih panjang atau lebih singkat. Namun belum tentu semua orang dapat memanfaatkan 24 jam tersebut dengan maksimal.

Menggunakan 24 jam dalam sehari dengan efektif dan efisien hanya bisa dilakukan oleh orang yang pintar mengatur waktu.

Kuncinya ada pada kedisiplinan diri. Kamu harus tegas pada diri sendiri agar dapat melakukan semua rencana kegiatan on time. Untuk melatih kemampuan ini, kamu mungkin perlu membuat jadwal untuk aktivitas sehari-hari sampai terbiasa.

7. Leadership

Pernahkah kamu mendengar kalimat “siapa pun dapat memiliki jabatan sebagai pemimpin, namun tidak semua pemimpin atau bos punya jiwa kememimpinan”? Pernyataan tersebut benar adanya.

Kamu memerlukan skill kepemimpinan untuk mencapai kesuksesan dalam karier di bidang apa pun. Bagaimana kemampuan leadership itu?

Orang yang memiliki kemampuan leadership dapat mengemban tanggung jawab dengan baik, mampu bekerja sama dengan rekan kerja, serta mampu memotivasi orang lain untuk mencapai performa maksimalnya. Bukan hanya sekedar menyuruh orang lain untuk melakukan apa yang diinginkan.

Daftar soft skill yang harus dimiliki di atas tidak hanya menunjang karier saja. Di kehidupan sehari-hari ketika berinteraksi dengan masyarakat pun diperlukan soft skill. Itulah pentingnya mengasah soft skill untuk menjadi pribadi yang senantiasa lebih baik dibandingkan haru kemarin.

Artikel Rekomendasi