General

Real Case Real Project Keunggulan BINAR Bootcamp Bantu Siapkan Karirmu!

Binar Academy
Real Case Real Project Keunggulan BINAR Bootcamp Bantu Siapkan Karirmu!
Isi Halaman :

Seluruh students yang belajar di Binar tentu memiliki impian besar untuk bisa bekerja, berkontribusi, dan memberikan dampak nyata di bidang yang mereka geluti. Tentu Binar punya cara khusus untuk membantu menyiapkan bekal karier para student, yakni melalui keunggulan Real Case Real Project di setiap tahapan belajar. 

Simak selengkapnya apa itu Real Case Real Project, bagaimana penerapannya dalam keseharian BINAR Bootcamp, dan manfaat / tujuan dari Real Case Real Project bagi student di bawah ini!

Apa itu “Real Case Real Project?”

Real Case Real Project adalah studi kasus bagi para students yang berkaitan dengan materi dan berbagai persoalan nyata di industri, dalam bentuk challenge per chapter atau per level BINAR Bootcamp. 

Dengan metode ini, students bisa mengalami secara langsung project, pekerjaan, dan aktivitas yang biasanya dilakukan di dunia industri/perusahaan yang memanfaatkan bidang digital, sekaligus melatih hardskills dan softskills yang dibutuhkan untuk berkecimpung di bidang masing-masing.

Bentuk real case real project ini sangat beragam bergantung pada setiap bidang course. Misalnya, kalau kamu mengikuti Full Stack Web Development Course, tentu kamu akan mengerjakan project terkait pembuatan website dari sistem di balik layar (back end) sampai tampilan website (front end). Agar lebih relevan dengan kebutuhan dan minat belajarmu, kamu bisa memilih brand/produk yang akan kamu kembangkan websitenya lho! Ini nih contoh website yang pernah dibuat students Binar sebelumnya: echamp.id.

Begitu pun pada course lain yang fokus pada pengembangan suatu produk digital, seperti Product Management, UI/UX, Front-End Engineering, dan Quality Assurance Engineering. Kamu memiliki kesempatan besar untuk memperbaiki suatu platform produk digital tertentu atau bahkan mengembangkan suatu produk digital dari awal. Kamu juga bisa memastikan produk yang dikembangkan berjalan dengan baik tanpa error.

Contoh lainnya  kalau kamu mengambil Data Science course, kamu akan berlatih menganalisis data untuk membuat model machine learning seperti Chat GPT, lho! Nggak kalah seru juga, di Product Management dan UI/UX course, kamu bisa bekerja sama langsung dengan students antar course, seperti kolaborasi yang dilakukan di pekerjaan Product Manager dan UI/UX sesungguhnya. Seru banget, kan?

Keunggulan Real Case Real Project di BINAR

Tapi sebenarnya, apa sih keunggulan real case real project yang diterapkan di BINAR? Ini dia beberapa poinnya:

  • Waktu pengerjaan yang longgar dan fleksibel: Pengerjaan dengan sistem paralel dengan pembelajaran, yang membantu students memiliki waktu yang lebih banyak dalam mengerjakan project. 
  • Implementasi materi secara langsung: Dengan sistem paralel, materi yang dipelajari di kelas bisa langsung diimplementasikan dalam penyelesaian project.
  • Difasilitasi expert sesuai bidang masing-masing: Pengerjaan project difasilitasi oleh praktisi yang berpengalaman di bidangnya.
  • Hasil project dapat dijadikan portfolio: Project yang telah diselesaikan students dan direview oleh Fasilitator, dapat dijadikan sebagai portofolio bagi students sebagai bekal terjun ke industri.
  • Implementasi teamwork: Students akan berkolaborasi dengan teman sekelas maupun antar course yang berbeda untuk menyelesaikan project.

Penerapan Real Case Real Project di Kelas Bootcamp

Pertama, students akan diberikan instruksi oleh Fasilitator terkait pengerjaan challenge/case di awal level atau chapter, baik secara individu maupun berkelompok.

Selama pembelajaran, Fasilitator bertugas untuk memonitor perkembangan pengerjaan project students. Saat di kelas (live forum discussion), Fasilitator juga akan memberi penjelasan tentang kaitan antara materi yang sedang dipelajari dengan project yang sedang dikerjakan. Karena project bersifat real case, maka penjelasan dari Fasilitator akan berhubungan dengan situasi nyata saat terjun ke industri.

Menjelang akhir level atau chapter, Fasilitator akan memastikan bahwa students bisa menyelesaikan projectnya. Jika students mengalami kendala dalam penyelesaian project, dengan senang hati Fasilitator akan mendampingi students agar tetap bisa menyelesaikan projectnya. Di akhir level atau chapter, hasil pengerjaan project akan dikumpulkan, dipresentasikan, dinilai, dan direview oleh Fasilitator. Students dapat memperbaiki hasil pengerjaan agar lebih baik untuk menjadi portofolio. Seperti contoh portofolio Product Management dan UI/UX course ini nih:

Selain itu, ada yang unik nih! Di beberapa course, terdapat studi kasus maupun students’ playground yang telah ditentukan untuk mengerjakan project. Hal ini bertujuan untuk menstandarisasi pengerjaan project selama bootcamp, sehingga students tetap dapat memenuhi standar minimum yang diperlukan untuk berkarir dalam bidang course tersebut sembari tetap meningkatkan kreativitas. Walaupun sudah disediakan tema di awal, project tersebut dapat dikaitkan dengan pekerjaan students bahkan berkemungkinan bisa membantu memudahkan problem solving dalam pekerjaan students juga.

Manfaat Real Case Real Project bagi Students

Output dari real case real project yang dikerjakan students dinilai berdasarkan skill yang diharapkan (skill metrics) dan kriteria-kriteria tertentu yang mengukur skills tersebut. Skill metrics dan kriteria-kriteria ini dirancang berdasarkan riset dan diskusi bersama praktisi expert di bidangnya masing-masing!

Dengan skill metrics dan kriteria-kriteria tersebut disertai bukti berupa real case/project, harapannya students bisa membuktikan skills dan kompetensi hasil pembelajarannya pada perusahaan dalam rangka membangun karier di dunia digital.

Agar proses belajar lebih nyaman dan menyenangkan, BINAR menyediakan fasilitas belajar dalam bentuk tema, ide, platform khusus project berupa website dan mobile-app, maupun kelengkapan sarana belajar lainnya seperti template dokumen atau contoh hasil pengerjaan project.

Tapi jangan khawatir! Supaya kreativitas students tetap terasah, BINAR memberikan ruang bagi students untuk menyampaikan ide-ide kreatifnya kepada Fasilitator di kelas. Students bebas berdiskusi dengan Fasilitator untuk mengeksekusi idenya, dan boleh mewujudkan ide tersebut menjadi hasil akhir pengerjaan real case project di course yang diambil. Seru banget, kan?

Selain mengimplementasikan ide pribadi, beberapa course di Bootcamp seperti Full-Stack Web Development dan UI/UX Research & Design memungkinkan students untuk mengangkat kasus yang relevan dari pekerjaan mereka. So, mereka juga dapat mengembangkan pengalaman profesional mereka.

Dampak Real Case Real Project Bagi Student

Proses real case/project memfasilitasi hard skill dan soft skill students sesuai profil lulusan yang tercantum di masing-masing course. Hal ini tidak hanya membuat students dapat mengembangkan technical skill namun juga soft skills seperti kerjasama tim, growth mindset, hingga resiliensi yang diperlukan untuk bekerja secara umum. Pada akhirnya, students dapat menghasilkan sebuah produk/output dengan soft skill yang mumpuni pula. 

Tujuan dari keseluruhan proses belajar di BINAR tidak hanya untuk meningkatkan skill dan kompetensi, namun juga menyiapkan students untuk siap berhadapan dengan dunia kerja. Real case real project memberikan pengalaman belajar yang serupa dengan situasi nyata di dunia kerja nanti, dengan harapan students akan lebih mudah beradaptasi dan bertumbuh sebagai talent digital berkualitas, demi masa depan kemajuan teknologi digital Indonesia yang lebih baik lagi. 

Dari pengalaman students menghasilkan produk/output yang relevan bagi industri, kepercayaan diri akan kemampuannya juga akan terpupuk. Selain itu, feedback spesifik dari Fasilitator serta nilai dengan kriteria yang lengkap akan membantu students untuk mengevaluasi kemampuan dirinya secara lebih tajam.

Yuk daftarkan dirimu menjadi student BINAR Bootcamp dengan memilih skill digital yang kamu minati mulai dari Full Stack Web Development, Frontend Engineering, Data Science, Business Intelligence Analysis, Product Management, Quality Assurance, UI/UX Research & Design. Belajar lebih efektif dengan real case real project untuk asah skill mu sebelum terjun di dunia kerja!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya