General

Psychological Check Up BINAR: Bantu Student Atasi Masalah Belajar

Binar Academy
Psychological Check Up BINAR: Bantu Student Atasi Masalah Belajar
Isi Halaman :

Pernah nggak sih kamu ngerasa kurang termotivasi, kurang bisa fokus, sering menunda untuk menyelesaikan suatu tugas, atau mengalami kendala belajar lainnya? Terkadang ada satu masa dalam proses belajar yang kurang menyenangkan, yang dapat mempengaruhi performa kita dalam mengikuti materi. Sebuah studi dari Harvard membuktikan student yang merasa happy dan enjoy dalam proses belajar akan memperoleh nilai atau hasil yang lebih tinggi. Ketika kita merasa senang dan nyaman, otak kita akan semakin mudah menyerap informasi yang kita pelajari.

BINAR menyadari hal ini dan ingin membuat proses belajar bisa se-menyenangkan mungkin seperti nonton Netflix, dengan cara mengatasi berbagai kendala yang dirasakan student melalui fasilitas Psychological Check-Up. 

Psychological Check Up: Fasilitas Eksklusif untuk Student BINAR Bootcamp

BINAR hadir dengan layanan Psychological Check-Up yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar skill digital dalam bentuk layanan konsultasi personal secara daring melalui Google Meeting, selama 45-60 menit. 

Setiap harinya akan tersedia 2 sesi konsultasi pada pukul 15.00 - 16.00 WIB dan 16.00 - 17.00 WIB, yang bisa kamu booking selambat-lambatnya 2 hari sebelum waktu yang kamu akan pilih. Kamu juga bisa memilih konselor yang sesuai dengan preferensi dan masalah yang sedang kamu hadapi.

Sesi konsultasi ini akan dilakukan oleh Psikolog Pendidikan dan/atau teman-teman konselor psikologi yang sudah terlatih untuk menangani masalah-masalah belajar dari sisi psikologis. Psikolog dan konselor ini tergabung dalam tim yang akan sering juga mendampingi proses belajar teman-teman jika menjadi student BINAR, yaitu tim learning quality (LQ). 

Kamu tidak perlu khawatir untuk menceritakan perasaan, kendala, atau hal-hal yang membebani selama proses belajar di bootcamp pada tim LQ, karena segala informasi dan semua hal yang teman-teman sampaikan dalam sesi konsultasinya akan terjaga kerahasiaannya. Cerita yang kamu sampaikan akan bersifat rahasia dan hanya akan diketahui oleh kamu dan konselornya saja. 

Manfaat dan Dampak Psychological Check Up yang Dirasakan Student BINAR

Kami percaya, ketika seseorang bisa belajar dalam kondisi yang prima dari segi jiwa dan raganya, lalu didukung dengan terbangunnya situasi belajar yang nyaman, aman dan menenangkan, proses transfer informasi yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar akan jauh lebih optimal dan bermakna.

Berikut adalah manfaat dan dampak Psychological Check Up yang dirasakan student BINAR:

  1. Membantu menguraikan masalah belajar
  2. Membantu untuk membuat rencana tindakan yang konkrit
  3. Belajar cara belajar: mengenal diri mereka lebih baik terutama dalam mengasah kemampuan belajarnya
  4. Terbantu dalam menghadapi tantangan belajar
  5. Lebih terdorong dan termotivasi dalam belajar
  6. Belajar jadi lebih nyaman dan menyenangkan

Beberapa testimoni dari student yang merasakan dampak langsung dari Psychological Check Up:

“Terima kasih ka Yudith sudah membantu dan mengurai masalah yang terjadi dan berdampak dengan pembelajaranku di Binar” -A (Bootcamp Digital Marketing)

“Terima kasih Binar & mb.Wiwit sudah memberikan fasilitas konseling karena sangat membantu saya sebagai student untuk mengatasi kendala/hambatan/pertanyaan yang dihadapi untuk perbaikan diri.” -R (Bootcamp UI/UX Research & Design)

“Aku seneng banget bisa ketemu kak yudith. Beliau sangat mendengarkan cerita dan menanggapi dengan sangat baik, sampai aku bisa nangis depan beliau padahal aku biasanya sungkan untuk nangis depan orang yang baru pertama kali ketemu.” - C (Bootcamp Business Intelligence Analysis)

“Thank you banget ka gio udah mau dengerin aku tanpa menghakimi karna sbnernya ku tipe org yg susah utk cerita sm org tapi kaka tau isi pikiranku dan rekomendasi dari kaka juga menurutku realistis dan membantu. makasi banget pokonyaaa” -I (Bootcamp Data Science)

Melalui fasilitas ini, BINAR ingin memberikan bukti konkrit untuk menjadikan setiap studentnya menjadi lifelong learner. Pengetahuan akan preferensi cara belajar dan bagaimana kita menghadapi masalah, adalah soft skill yang berguna bukan hanya saat belajar di Binar saja melainkan sampai di dunia kerja. Harapan kami, kemampuan ini dapat membantumu untuk menjadi digital talents yang berdaya.

Hal-hal yang Bisa Dikonsultasikan Student dalam Psychological Check Up

Pada saat sesi konsultasi nanti, kamu bisa bertanya atau berdiskusi dengan kami tentang proses persiapan belajarmu, bercerita tentang keresahan atau kendala belajarmu, hingga membicarakan tentang rencana pengembangan karirmu. 

Contoh kendala belajar yang sering dialami adalah , saat kamu berada dalam kondisi yang kurang termotivasi untuk belajar, mudah teralihkan perhatiannya saat belajar, atau sulitnya membagi waktu belajar dengan kewajiban menjalani peran yang lainnya, atau merasa kesulitan dalam mencerna materinya, pokoknya semua hal tentang proses belajarmu!

Terlebih jika kamu mulai merasakan tanda-tanda di bawah ini:

  • Saat kamu merasa kurang bersemangat untuk membaca materi atau masuk ke dalam kelas
  • Merasa was was/khawatir saat sedang mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas
  • Merasa kebingungan saat memahami materi belajar
  • Merasa kesulitan untuk berkonsentrasi

Jangan khawatir ya! Kami akan berupaya untuk membantu kamu, agar kamu nantinya bisa semakin mengenal caramu sendiri dalam menyelesaikan setiap tantangan yang ada. 

Dapatkan Fasilitas Psychological Check Up dengan Menjadi Student BINAR Bootcamp

Kami berharap, setiap dari kamu bisa mengumpulkan kekuatannya sendiri dan mengupayakan usaha terbaik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran di BINAR. Namun, ketika kamu merasa dirimu kurang terdorong untuk belajar, mendadak tidak merasakan gairah untuk mengikuti forum diskusi atau membaca reading material, atau merasa sering kehilangan fokus, dan memiliki kekhawatiran yang mengganggu produktivitas belajarmu, tolong jangan ragu untuk hubungi tim LQ dan memanfaatkan fasilitas Psychological Check Up! 

Layanan ini gratis untuk student BINAR Bootcamp, kamu hanya tinggal mendaftarkan dirimu di form yang akan diberikan tim LQ nantinya ketika sudah menjadi student. 

Yuk daftarkan dirimu menjadi student BINAR Bootcamp dengan memilih skill digital yang kamu minati mulai dari Full Stack Web Development, Frontend Engineering, Data Science, Business Intelligence Analysis, Product Management, Quality Assurance, UI/UX Research & Design. Belajar nyaman tanpa takut demotivasi dan tetap menjaga mental health bisa kamu dapatkan di BINAR lewat fasilitas Psychological Check Up!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya