Digital Marketing

Profesi Digital Marketing Beserta Prospek Karir & Gaji

Binar Academy
Profesi Digital Marketing Beserta Prospek Karir & Gaji
Isi Halaman :

Digital Marketing adalah bidang profesi yang memasarkan produk / jasa melalui strategi, taktik, dan channel digital mulai dari media sosial, SEO, email marketing, dan juga ads digital. 

Profesi ini semakin banyak dibutuhkan sejak pandemi, dimana semua bisnis berlomba-lomba memasarkan produk secara online.

Tidak hanya dari segi demand pemberi kerja, pekerjaan ini juga tinggi peminat khususnya bagi generasi milenial dan gen Z.

Untuk kamu Binarian yang baru ingin memulai karir di digital marketing, jangan khawatir! Karena meskipun persaingan di bidang ini cukup kompetitif, ada satu spesialisasi di digital marketing yang masih belum banyak dikuasai, yaitu Performance Marketing (Google Ads & Facebook Ads).

Simak selengkapnya bagaimana prospek karir berbagai role digital marketing, beserta rata-rata gajinya! Di akhir artikel kamu juga akan menemukan tempat belajar digital marketing gratis!

Berbagai Pilihan Profesi Digital Marketing

Berikut adalah beberapa role / peran dalam profesi digital marketing yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan prospek karir yang kamu inginkan

  1. Content Marketing

Content marketing atau yang juga dikenal sebagai copywriter adalah profesi yang bertugas untuk merancang dan membuat konten promosi. 

Konten adalah komponen yang paling vital dalam dunia digital marketing. Karena tanpa konten yang menarik dengan rancangan yang strategis, keunggulan produk tidak akan bisa tersampaikan ke target market dan menarik perhatian mereka untuk melakukan pembelian.

Profesi ini membutuhkan kreativitas dan pemahaman bisnis untuk bisa membuat konten yang menjual.

  1. Social Media Specialist

Social Media Specialist atau yang juga dikenal Social Media Strategist atau Social Media Manager adalah profesi yang mengelola berbagai media sosial yang dimiliki perusahaan untuk bisa mendatangkan brand awareness hingga sales.

Profesi ini banyak dibutuhkan tidak hanya bagi perusahaan profit oriented, tetapi juga lembaga atau instansi sebagai media public relation untuk membangun citra yang positif.

Seorang Social Media Specialist bertugas untuk membuat content plan, strategi konten marketing, dan review / reporting dari hasil konten setelah di-publish.

Social Media Specialist adalah profesi yang membutuhkan strategic thinking, pemahaman karakteristik setiap media sosial, mengikuti trend, dan juga kreativitas untuk bisa menumbuhkan engagement dengan followers di setiap channel.

  1. Email Marketing (CRM)

Binarian pernah mendapat notifikasi dari aplikasi ecommerce? Atau email promosi dari website brand yang kamu ikuti? Nah, itu artinya kamu sudah mengenal profesi CRM.

CRM (Customer Relationship Management) yang umumnya terdiri dari Email Marketing dan Push Notification adalah salah satu profesi di digital marketing yang bertugas untuk nurturing, yakni memberikan product knowledge dan promosi lebih lanjut untuk membuat calon pembeli (leads) tertarik.

Profesi ini semakin banyak dibutuhkan, khususnya bagi perusahaan yang memiliki aplikasi sebagai media aktivitas user untuk melakukan transaksi.

CRM membutuhkan empati yang tinggi, pemahaman akan user / target market, dan juga kreativitas untuk merancang pesan-pesan promosi via email maupun push notif.

  1. SEO Specialist

SEO specialist adalah profesi yang bertugas untuk mengoptimasi website perusahaan agar berada di hasil pencarian teratas di Google.

Kalau Binarian suka melakukan searching di Google ataupun browser lainnya, dan menemukan beberapa pilihan website yang memberikan jawaban dari keyword yang kamu cari, maka itu lah hasil dari pekerjaan seorang SEO specialist.

SEO specialist membutuhkan keahlian teknis untuk mengoptimasi website dari segi onpage, offpage, dan technical agar bisa menampilkan website di hasil pencarian teratas.

  1. Performance Marketer (SEM / Google Ads & Social Media Ads)

Pernah nggak Binarian, dapet iklan di media sosial dari produk-produk yang kamu cari di ecommerce? Atau mungkin kamu pernah melihat label “iklan” “sponsored” di hasil pencarian teratas Google?

Nah kedua contoh di atas adalah hasil dari pekerjaan Performance Marketer.

Performance Marketer adalah profesi yang bertugas untuk merancang, mengoptimasi, dan mereview hasil ads (iklan) di berbagai media.

Ada 2 jenis performance marketer yaitu, SEM / Google Advertiser dan Social Media Advertiser. 

Kedua profesi ini membutuhkan skill teknis untuk mengoptimasi konten iklan agar bisa mendatangkan konversi dari budget yang telah ditetapkan.

Performance Marketer sangat dibutuhkan banyak perusahaan, namun belum sepadan dengan banyaknya talent digital yang menguasai skill dari profesi ini. Dengan kata lain, kamu berpeluang untuk bisa menjadi performance marketer!

Prospek Karir Digital Marketing

Menurut data dari Bureau Labor Statistic, profesi Digital Marketing secara keseluruhan diproyeksikan akan terus bertumbuh 10% dari tahun 2021 hingga 2031, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan.

Artinya, profesi digital marketing akan terus dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi digital dan juga pemasaran digital. Karena seluruh perusahaan akan terus membutuhkan orang-orang dengan skill digital marketing untuk memasarkan produk mereka.

Rata-Rata Gaji Alumni BINAR Meningkat 150%

Rata-rata gaji alumni BINAR mengalami peningkatan sebesar 150% setelah menyelesaikan bootcamp BINAR. BINAR juga berhasil memberikan kesempatan kerja di bidang yang baru bagi para career switcher lewat Job Connect!

Jadi, untuk kamu yang baru ingin belajar digital marketing dan bekerja di perusahaan rekanan BINAR, kamu hanya perlu satu langkah mudah yaitu daftar bootcamp digital marketing BINAR!

Kamu juga bisa coba materi gratis bootcamp digital marketing di aplikasi BINAR, download aplikasi BINAR sekarang!

Keunggulan Bootcamp Digital Marketing BINAR, Dibanding Bootcamp Digital Marketing Lainnya

Bootcamp Digital Marketing BINAR punya beberapa perbedaan dibanding bootcamp lainnya, diantaranya:

  1. Memberikan tugas akhir dalam bentuk real case business
  2. End to end process performance marketing, mulai dari planning, eksekusi, optimasi, sampai reporting hasil campaign
  3. Running campaign dengan 2x iteration, bukan hanya selesai dalam 1 minggu pembelajaran
  4. Pembelajaran lebih fokus dan detail selama 4 bulan, dengan total FGD (focus group discussion) selama 144 jam

Yuk segera daftarkan dirimu di bootcamp digital marketing BINAR sebelum kursi batch terdekat habis!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya