UI/UX: Perbedaan UI dan UX Beserta Contohnya

UI/UX
perbedaan-ui-dan-ux

Binar Academy — Binarian tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah UI/UX. UI sendiri merupakan singkatan dari User Interface dan UX adalah singkatan dari User Experience. Walaupun UI/UX merupakan istilah yang sering digunakan, bukan berarti keduanya memiliki fungsi yang sama. Baik UI maupun UX sama-sama berfungsi untuk mengembangkan desain produk, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya, simak perbedaan UI dan UX di bawah ini yuk!

Apa itu UI Design?

Mudahnya, UI Design adalah tampilan produk yang ingin kita perlihatkan (yang visible atau bisa dilihat oleh mata). UI Designer lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user.

Apa itu UX Design?

Nah, bagaimana dengan UX Design? UX Design memiliki ranah yang lebih luas dari UI. UX berfokus pada proses pembuatan produk hingga mampu mendapatkan pengalaman kemudahan dari user. Tanggung jawab seorang UX Designer adalah memastikan bahwa langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas, serta memahami kebutuhan user.

Banyak yang beranggapan bahwa UX Design adalah visual yang terlihat dalam sebuah aplikasi. Padahal, UX Design jauh lebih dalam dari sekadar merancang visual untuk interface.

Memang, UI punya peran penting dalam karya seorang UX Designer, tetapi itu bukan satu-satunya bagian. Mengapa? Karena tujuan dari UX adalah mencari solusi dari sebuah masalah, dan interface produk tidak selalu menjadi solusinya.

Contoh Perbedaan UI dan UX Design

Nah, untuk memudahkan kita memahami perbedaan UI dan UX, mari kita cermati analogi berikut~

Berbagai Icon untuk kebutuhan UI UX

Di sebuah perusahaan otomotif, sedang ada meeting untuk menentukan desain baru dari tombol emergency di dashboard mobil.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari seorang UI Designer adalah:

“Warna tombol ini bagusnya apa ya?"
"Bentuk tombolnya lebih bagus kotak atau bulat ya?"
"Lebih baik tombol ini ditempatkan di mana?”

Sedangkan, seorang UX Designer memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti:

“Emang tombol ini dibutuhkan ya?"
"Tombol ini gunanya untuk apa?"
"Masalah apa yang bisa dijawab oleh tombol ini?”
Mobil Beetle

Dari analogi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa walaupun memiliki ranah yang berbeda, UI dan UX saling berkaitan. Menariknya, UI juga merupakan salah satu bagian dari UX. Saat kita log in akun ke Facebook, Twitter, atau Google, kita melihat sebuah tampilan UI. Setiap tombol, pilihan menu, semuanya didesain dengan hati-hati oleh seorang UI Designer.

Sedangkan UX Design lebih kepada memahami perjalanan. Pemahaman mendalam tentang user melalui emosi dan perasaannya, kemampuan dan keterbatasan yang dimilikinya, serta bagaimana kondisi yang mereka alami saat berinteraksi terhadap sebuah produk atau service.

Keterkaitan antara UI dan UX penting untuk keberhasilan suatu proyek. Sebagian besar proses pengembangan produk membutuhkan UI Designer dan UX Designer untuk bekerja secara kolaboratif, berfokus pada tujuan bersama untuk memenuhi kebutuhan dan harapan user.

belajar-ui-dan-ux-di-binar-academy

Jika kamu sudah mulai sedikit memahami perbedaan antara UI dan UX, kamu bisa lho belajar lebih jauh dengan mengikuti bootcamp UI/UX ataupun kelas online UI/UX yang ada di Binar Academy! Psst.. ada materi gratis yang bahasannya mendalam juga lho jika kamu unduh aplikasinya!

Artikel Rekomendasi

Gabung Newsletter Binar Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri digital dan penawaran dari kami setiap minggunya
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.