7 Metode & Benefit Pelatihan Karyawan 2023 Beserta Contoh

Digital Talent Accelerator

Karyawan adalah aset perusahaan yang paling berharga. Sebuah studi dari Gallup menunjukan, pergantian / replacement karyawan dapat merugikan perusahaan sekitar 150% dari gaji tahunan karyawan tersebut. Penting bagi karyawan untuk membuat lingkungan kerja sebagai tempat yang nyaman dan pertumbuhan karier karyawan. Salah satunya dengan training karyawan atau employee development.

Coba lihat kembali, apakah perusahaanmu sedang mengalami:

  • Knowledge & Talent Gap
  • Membutuhkan peningkatan kinerja di area atau fungsi tertentu
  • Demotivasi dan kekurangan pengetahuan akan perkembangan teknologi baru 
  • Sedang menjalani pembaruan teknologi atau sistem
  • Penyesuaian strategi yang dipersonalisasi untuk setiap karyawan

Jika banyak poin pertanyaan yang sesuai dengan keadaan karyawan di perusahaanmu, simak selengkapnya apa itu pelatihan dan pengembangkan karyawan, benefitnya bagi perusahaan dan karyawan, 5 metode pelatihan karyawan, contoh program training karyawan, beserta rekomendasi terbaik pelatihan karyawan di 2023 di bawah ini!

Apa Yang Dimaksud Dengan Pelatihan Karyawan?

Pelatihan dan pengembangan karyawan adalah program untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan efisiensi kerja bagi karyawan. 

Secara spesifik, pelatihan karyawan (employee training) mempelajari keterampilan baru dan pengetahuan khusus yang dapat diterapkan secara langsung atau bersifat aplikatif, untuk meningkatkan hasil dari peran kerja mereka saat ini. 

Sedangkan pengembangan karyawan (employee development) lebih merujuk pada peningkatan kinerja dan pertumbuhan karyawan di masa mendatang.

Pelatihan dan pengembangan karyawan saat ini sudah menjadi strategi bisnis yang vital, karena terbukti dapat mempertahankan karyawan dan menciptakan tenaga kerja atau talenta digital yang terampil di masa depan. 

Program pengembangan karyawan (employee development) berfokus pada keterampilan yang lebih luas dan bersifat softskill, seperti kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. Sedangkan program pelatihan karyawan (employee training) umumnya berbentuk workshop / bootcamp tentang keterampilan teknis / hard skill yang terukur secara objektif untuk meningkatkan produktivitas dan akurasi proses kerja karyawan pada saat itu. 

Pentingnya Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelatihan karyawan telah menjadi strategi bisnis yang vital bagi perusahaan, sehingga ada 8 benefit utama dari pelatihan dan pengembangan karyawan di era digital ini:

  1. Mempercepat invoasi kerja dan outputnya dengan metode dan teknologi baru
  2. Dengan kemampuan karyawan yang dapat mengoperasikan teknologi terbaru, perusahaan akan tetap jadi yang terdepan di antara kompetitor
  3. Karyawan akan merasa lebih puas bekerja dan termotivasi jika perusahaan memberi kesempatan untuk meningkatkan keterampilan
  4. Mengurangi turnover karyawan karena mereka mendapat kempatan berkembang
  5. Adanya pelatihan karyawan dapat menarik minat para pekerja berketerampilan tinggi, karena mereka melihat training karyawan sebagai benefit unggulan
  6. Training karyawan dapat memberikan penyegaran ilmu dan skill, sehingga membuat karyawan mampu mempertahankan keterampilannya secara berkala
  7. Menciptakan ruang dan kesempatan bagi karyawan untuk promosi internal
  8. Membantu karyawan untuk beradaptasi lebih cepat dengan persaingan industri yang semakin ketat

7 Metode & Contoh Pelatihan Karyawan

Perbedaan skala bisnis, jumlah karyawan, budget, waktu, dan resource lainnya membuat pelatihan karyawan kini tersedia dalam berbagai metode. Anda bisa memilih 5 metode pelatihan karyawan paling efektif di era digital, mulai dari:

  1. Bootcamp: pelatihan intensif bagi karyawan selama periode tertentu yang mempelajari skill teknis secara mendalam sampai mampu membuat prototype
  2. Workshop: pelatihan skill teknis dan pengetahuan digital dalam waktu yang lebih singkat dengan latihan atau praktek langsung
  3. Pelatihan oleh instruktur atau pemateri di dalam kelas secara konvensional
  4. Ruang Kelas Virtual Berbasis Teknologi: Atau yang kita kenal melalui teleconference, untuk memudahkan perusahaan dengan karyawan yang lokasinya tersebar sekaligus menghemat budget dan logistik. 
  5. E-Learning: Platform yang menawarkan peluang pelatihan karyawan yang fleksibel melalui video, teks, dan audio, yang dapat diakses kapan saja.
  6. Mobile App Learning: Metode baru pelatihan karyawan yang semakin populer karena manfaat yang ditawarkannya yakni penyampaian pengetahuan melalui aplikasi seluler.
  7. Blended Learning: Juga dikenal sebagai modul pembelajaran campuran, ini adalah pilihan yang paling disukai untuk perusahaan multinasional terkemuka karena metode ini memberikan pembelajaran yang berpusat pada hasil yang sangat interaktif dan menarik.

 

Proses Pelatihan Karyawan 

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam proses pelatihan karyawan. Setelah menganalisa kebutuhan karyawan dan tujuan yang ingin didapatkan perusahaan, kamu masih harus perlu merancang:

  • Kurikulum pembelajaran
  • Desain instruksional
  • Konten pembelajaran
  • Pengisi materi pembelajaran
  • Metrik evaluasi keberhasilan
  • Peralatan, logistik, dan elemen pelatihan lainnya

 

Kabar baiknya kamu tidak perlu repot memikirkan itu semua!

 

BINAR memberikan layanan Digital Talent Accelerator yakni pelatihan karyawan dengan metode Bootcamp & Workshop dengan 18 topik skill digital seperti UI/UX Design, React Native, Business Intelligence, Digital Marketing, Fullstack Web, Data Science, Cyber Security, Digital Mindset & Culture, serta masih banyak lainnya.

 

Cukup daftarkan perusahaan mu di sini dan sesuaikan materi pembelajaran Bootcamp maupun Workshop yang dibutuhkan oleh karyawan. Digital Talent Accelerator siap membantu perusahaanmu untuk bertransformasi di era digital!

 

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Artikel Rekomendasi