6 Manfaat Training dan Development Karyawan untuk Perusahaan

Digital Talent Accelerator

Binar Academy — Karyawan atau Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan sebuah aset bagi perusahaan. Karyawan yang kompeten tentu bisa membuat perusahaan semakin berkembang.

Tak hanya dilihat dari sisi hard skill, karyawan yang kompeten juga harus memiliki soft skill yang baik. Dengan kedua kemampuan tersebut, lingkungan kerja yang sehat pun bisa tercapai. Jika karyawan kompeten dan lingkungan kerja sehat terwujud, maka perusahaan akan lebih mudah mencapai tujuan bisnis. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan training dan development karyawan.

Training dan Development karyawan bisa berisi materi hard skill maupun soft skill. Namun sebelum masuk ke jenis-jenis training dan development yang seharusnya perusahaan berikan pada karyawan, mari mengetahui terlebih dahulu mengenai manfaat training dan development untuk karyawan maupun perusahaan.

Manfaat Training dan Development bagi Karyawan

Training dan development akan sangat bermanfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Karyawan yang diberikan pelatihan dan pengembangan akan merasa diperhatikan oleh perusahaan. Hal ini bisa berdampak baik pada kinerja karyawan. Karyawan bisa menjadi lebih produktif dan tentu lebih kompeten karena kemampuan mereka menjadi lebih baik.

Berikut beberapa manfaat training dan development untuk karyawan.

1. Menambah Pengetahuan dan Mengasah Kemampuan

Dalam training dan development biasanya akan berisi kelas-kelas yang diisi oleh pemateri maupun expert dengan pengalaman yang mumpuni. Tak jarang program pelatihan dan pengembangan karyawan disertai dengan study case nyata dan workshop yang mampu memoles kemampuan karyawan menjadi lebih baik. Tak hanya itu, hal ini juga dapat memupuk kepercayaan diri karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang telah ditentukan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Kemampuan yang terasah akan membuat karyawan menjadi lebih mengenali pekerjaannya sehingga dapat mendukung kelancaran operasional dan produktivitas karyawan.

3. Penentuan Sikap (Attitude)

Training dan development dapat melatih karyawan menjadi individu yang proaktif sehingga mampu bekerja dalam situasi apapun. Penentuan sikap ini juga dapat menciptakan tim yang solid.

Manfaat Training dan Development bagi Perusahaan

Training dan development untuk karyawan bukanlah merupakan sebuah beban, melainkan investasi jangka panjang. Seperti yang pernah dikatakan Benjamin Franklin, "An investment in knowledge pays the best interest." Pelatihan bukanlah sesuatu yang 'menyenangkan' untuk dimiliki di sebuah perusahaan. Ini merupakan bagian penting dari investasi jangka panjang dan strategi pertumbuhan perusahaan.

Sebuah survei oleh Progressive Business Publications menunjukkan bahwa hanya 52% perusahaan yang melatih manajer mereka setahun sekali atau kurang. Kurangnya pelatihan ini tercermin dalam Conference Board Report yang menemukan bahwa kurang dari 1/3 dari semua supervisor atau manajer dianggap sebagai pemimpin yang kuat. Sisanya yang berarti lebih dari 2/3 dianggap sebagai pemimpin manajer yang kurang berpengaruh bagi perusahaan.

Laporan yang sama menemukan bahwa 2/3 karyawan tidak termotivasi untuk mendorong tujuan bisnis dari perusahaan tempat mereka bekerja. Kurangnya kepemimpinan manajerial memiliki korelasi langsung dengan turn over yang tinggi, produktivitas yang rendah, dan customer service yang buruk.

Selain sebagai investasi jangka panjang bagi perusahan, berikut manfaat lain dari training dan development karyawan untuk perusahaan.

1. Menemukan Potensi Terbaik

Dengan melakukan training dan development pada karyawan, perusahaan dapat menemukan talenta terbaik yang dapat memengaruhi keberlangsungan bisnis perusahaan. Hal ini sangat berguna untuk mempertahankan karyawan terbaik mengingat semakin banyak kompetitor yang mulai menawarkan tunjangan dan keuntungan yang lebih besar kepada karyawan dengan potensi unggul. Bagi sebagian besar karyawan, program training dan development yang berkelanjutan dan membuat mereka dipromosikan adalah peluang terbaik untuk karir mereka.

2. Meningkatkan Retensi

Pelatihan adalah sebuah cara untuk meningkatkan retensi yang sangat baik bagi perusahaan. Ketika karyawan mendapatkan pelatihan yang baik dan berkelanjutan, karyawan akan merasa tertantang dan cenderung ingin tetap bersama perusahaan karena mereka merasa terus belajar dan berkembang.

Meskipun ada biaya yang dikorbankan dalam training dan development, biaya tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan kerugian perusahaan ketika memiliki turnover yang tinggi. Sebagai perusahaan, seharusnya menyadari bahwa biaya turn over bisa jauh lebih tinggi lebih dari yang mungkin perusahaan sadari.

Selain harus melatih dan mengarahkan karyawan baru untuk menggantikan karyawan yang lama, perusahaan juga menghabiskan lebih banyak uang untuk mewawancarai kandidat dan mengiklankan posisi yang kosong. Hingga karyawan baru tersebut dapat beradaptasi dengan pekerjaan dan lingkungan kerja, tingkat efisiensi mereka sebagai karyawan yang baru mempelajari seluk-beluknya akan menurunkan produktivitas secara keseluruhan, sehingga perusahaan cenderung mengeluarkan uang lebih banyak.

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Ketika karyawan merasa bahwa perusahaan tempat mereka bekerja peduli dengan perkembangan karir mereka, karyawan akan memiliki rasa loyalitas lebih tinggi yang pada akhirnya bisa menjadi pendukung bagi perusahaan tempat mereka bekerja. Loyalitas dan advokasi juga menandakan bahwa karyawan peduli pada perusahaan. Hal ini bisa meningkatkan citra dan reputasi brand perusahaan secara keseluruhan.

Rekomendasi Training dan Development Karyawan

Jika dilihat dari sederet manfaat yang didapatkan oleh karyawan maupun perusahaan, training dan development bisa dikatakan memiliki dampak positif pada hasil bisnis. Meskipun melatih karyawan memang membutuhkan biaya, tetapi itu sebanding dengan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Karyawan yang terlatih dengan baik memiliki kualitas unggul dan lebih efisien. Efisiensi berarti lebih sedikit insiden sehingga meminimalkan biaya keseluruhan untuk memperbaiki kesalahan; membuktikan bahwa pelatihan sepadan dengan investasi jangka panjang.

Namun, bagaimana memilih training dan development karyawan yang tepat? Selain soft skills, pada ada era digital ini pastikan karyawan mendapat pengetahuan mengenai dunia digital yang cukup dan mumpuni dari para praktisi di bidangnya.

Mengapa Digital Skill yang Dibutuhkan di Era Transformasi Digital?

Teknologi digital telah memengaruhi setiap aspek bisnis saat ini. Segalanya telah beralih ke digital dan menggunakan teknologi. Hal ini menandakan bahwa penting bagi sebuah perusahaan untuk mengelola transisi model bisnis dari konvensional menjadi digital. Tak hanya itu, mengaplikasikan teknologi digital bisa jadi satu langkah untuk membuat perusahaan lebih unggul dibandingkan kompetitor, bahkan bisa memengaruhi kelangsungan hidup perusahaan.

Berikut adalah 3 alasan mengapa transformasi digital dalam sebuah model bisnis itu diperlukan:

  • Akselerasi Perubahan

Tak bisa dipungkiri laju perubahan digital sejak satu dekade terakhir meningkat secara eksponensial. Jika perusahaan tidak bisa beradaptasi dengan kondisi ini, maka akan sulit mempertahankan posisi industry leadership.

  • Persaingan Digital

Perusahaan-perusahaan yang masih menerapkan metode bisnis konvensional berada di bawah tekanan untuk bersaing secara digital. Terlebih banyak perusahan-perusahan baru dengan model bisnis yang “fresh” seperti start-up hadir. Ini tentu bisa mengancam keberlangsungan dari perusahaan-perusahaan yang sudah ada sejak lama.

  • Memenuhi Ekspektasi Customer

Customer akan selalu mengharapkan pengalaman yang baik dari setiap produk dan layanan yang disediakan oleh sebuah perusahaan. Di sini, perusahaan dituntut untuk membuat customer merasakan pengalaman terbaiknya dan menciptakan kesan yang baik di mata customer. Sebab kepuasan customer akan menciptakan loyalitas yang akan menguntungkan bagi perusahaan.

Digital Skills Apa yang Sebaiknya Dipelajari oleh Karyawan?

Pengetahuan digital cukup luas sehingga banyak kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa menguasai bidang ini. Namun, berikut adalah beberapa digital yang bisa perusahaan prioritaskan untuk karyawan lewat program training dan development yang disediakan oleh Binar Academy.

  • Product Management dan Business Intelligence

Dalam skill ini, karyawan akan mempelajari tentang mengelola suatu produk berbasis data yang berfokus pada pertumbuhan bisnis dan juga pengembangan produk itu sendiri.

  • UI/UX Design

Dalam skill ini, karyawan akan mempelajari tentang bagaimana menciptakan tampilan produk yang legit berdasarkan pola pikir desain yang human-centric agar tercipta pengalaman yang baik ketika user menggunakannya.

  • Full Stack Web Development

Website merupakan rumah bagi sebuah perusahaan yang sudah terjun di dunia digital. Idealnya untuk membuat sebuah website, dibutuhkan kemampuan yang harus dikuasai yaitu front-end dan back-end. Kedua kemampuan tersebut biasanya dikerjakan oleh dua posisi yang berbeda. Namun beberapa tahun terakhir, membuat web bisa direalisasikan oleh satu posisi yaitu Full Stack Development.

Dalam training ini, karyawan/peserta akan mempelajari bagaimana menciptakan user interface yang baik dan memahami bahasa pemrograman pemograman sekaligus agar bisa mengembangkan sebuah produk seperti aplikasi.

  • Android Engineer

Menurut Statcounter GlobalStats, Android menjadi operating system yang paling banyak digunakan oleh pengguna handphone di seluruh dunia hingga April 2021. Android mendominasi 72,2%, disusul oleh iOS di angka 26,99%. Ini menandakan bahwa market pada Android sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang besar bagi perusahaan yang ingin terjun di dalamnya.

Dalam training ini, karyawan/peserta akan belajar menjadi seorang Android Engineer dengan berbekal praktik dan pengetahuan terupdate.

Semua materi yang ditawarkan Binar dikemas dengan metode pelatihan seperti workshop, in-depth training, dan mentoring yang diharapkan bisa menjadi pilihan program training dan development karyawan yang solutif, fleksibel, terpercaya dan agile. Saat pandemi ini juga, semua kelas dilangsungkan secara online demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Kunjungi laman Digital Talent Accelerator by Binar Academy untuk info memenuhi kebutuhan training dan development karyawan perusahaan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Program Pengembangan Karyawan a la Binar Academy

Artikel Rekomendasi