R&D Insight

Lifelong Learning: Cara Mencapai Sustainable Career

Binar Academy
Lifelong Learning: Cara Mencapai Sustainable Career
Isi Halaman :
Lifelong learning adalah proses belajar terus-menerus baik secara formal, non formal, maupun informal untuk membentuk skill yang dapat meningkatkan kualitas hidup secara berkelanjutan. 

Singkatnya, lifelong learning bisa dipahami sebagai “belajar cara belajar,” untuk mencapai sustainable career.

Artinya, tanpa lifelong learning, kita manusia dewasa tidak dapat mengembangkan kualitas hidup dalam pekerjaan dan kehidupan pribadinya. 

Lifelong learning dibutuhkan manusia untuk meningkatkan keterampilannya (apapun itu) agar dapat menghadapi kehidupan modern yang banyak masalah dan tantangan. Melalui berbagai masalah inilah pembelajaran terbentuk, sehingga kita memprosesnya sebagai pengalaman dan pengetahuan.

Nah menariknya, lifelong learning ini diajarkan oleh BINAR di dalam kurikulum bootcamp! Setiap lulusan BINAR Bootcamp dibekali skill belajar cara belajar untuk bisa tetap bersaing di dunia kerja, khususnya di industri teknologi yang pesat perkembangannya.

Simak penjelasan tentang lifelong learning selengkapnya di artikel ini!

Lifelong Learning adalah Jawaban dari Tantangan di Era Digital

Di era digital seperti sekarang memang seru dengan segala teknologi canggihnya. Tapi, banyak juga tantangannya! Mulai dari keamanan data, isu-isu lingkungan, kesejahteraan, kemanusiaan, dll. 

Oleh karena itu, terus belajar hal baru merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Makanya, penting banget nih buat kita jadi "Lifelong Learner," yang artinya belajar sepanjang hidup.

Permasalahan yang kita hadapi sangat lah kompleks dan membutuhkan pendekatan multidisiplin dengan melibatkan berbagai pihak. Dengan menerapkan lifelong learning dan multidisciplinary collaboration kita dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan kompleks dengan tetap mengedepankan sustainability, kemanusiaan, dan etik.

Pentingnya Lifelong Learning untuk Mencapai Sustainable Career

Di era yang penuh ketidakpastian dan tuntutan dari permasalahan kompleks yang mungkin terjadi, kita butuh untuk menerapkan lifelong learning untuk mengembangkan sekaligus mempertahankan karir.

Baik mahasiswa, karyawan, profesional expert, sampai jajaran pemimpin perlu mengembangkan skill nya secara berkelanjutan untuk dapat mengatasi tantangan modern dan bersiap menghadapi pekerjaan yang saat ini belum ada sekalipun.

Selain itu, lifelong learning juga dianggap sangat penting untuk mempertahankan pekerjaan, promosi, dan posisi kompetitif di modern labor market serta digital transformation saat ini. Bahkan bagi karyawan di perusahaan kecil, lifelong learning juga sangat diperlukan sebagai katalisator kenaikan pendapatan dan peluang kerja yang lebih baik.

Knowledges: Pengetahuan Ngga Hanya Soal Buku!

Pengetahuan yang perlu dimiliki oleh individu tak hanya sekadar pengetahuan terkait teknis, tetapi juga awareness terkait megatrend industri serta kepedulian  terhadap isu kemanusiaan. Dengan memahami hal ini, adaptasi dengan kebutuhan industri yang dinamis jadi lebih mudah!

Skills: Keterampilan Itu Penting!

Technical dan transferable skills yang akan terus digunakan di berbagai situasi harus terus diperbarui. Dengan begitu individu bisa tetap kompetitif di pasar kerja yang terus berubah.

Attitudes & Values: Sikap dan Nilai sebagai Pedoman!

Sikap positif dan nilai-nilai moral akan membentuk karakter kita. Attitudes dan values memiliki fungsi sebagai pedoman hidup  yang membentuk jati diri seseorang, sehingga individu dapat menjadi expert yang memiliki integritas. 

Lifelong learning dapat menjadi sarana bagi orang dewasa untuk mengembangkan karirnya, baik melalui jalur reskilling, upskilling, maupun transferable skills.Yuk simak Cerita Lifelong Learners atau student BINAR dalam pengembangan karirnya!

Reskilling

proses mempelajari keterampilan baru yang berbeda dari yang sudah dimiliki untuk memulai pekerjaan baru atau berbeda (switching career)

Upskilling

proses  belajar untuk meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki agar lebih baik dalam pekerjaan saat ini

Transferable Skills

Proses belajar untuk mencari keahlian yang dapat diterapkan pada berbagai bidang dan industri

Ekosistem Lifelong Learning BINAR dalam Mewujudkan Transformasi Digital

Di tengah kompleksitas ini, BINAR telah membuktikan keberhasilannya dalam mendukung transformasi digital melalui ekosistem lifelong learning yang mendukung. 

Ekosistem Life Long Learning BINAR

Dengan mencerahkan perjalanan sukses para students, BINAR telah membuktikan bahwa pendekatan ini bukan hanya konsep, melainkan sebuah praktik nyata.

Curious about BINAR's success stories? 

Temukan lebih banyak cerita inspiratif dan pelajaran berharga tentang bagaimana BINAR membentuk ekosistem belajar sepanjang hayat yang mendukung transformasi digital.

Download White Paper kami: "Membangun Karir Berkelanjutan: Peran Lifelong Learning dalam Mewujudkan Transformasi Digital" dan temukan rahasia di balik kesuksesan ini di bawah ini

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Download Whitepaper Lifelong Learning BINAR

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Temukan kualitas kurikulum BINAR bootcamp yang sesungguhnya
Coba Potensi QuizDownload Whitepaper

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Download Whitepaper Lifelong Learning BINAR

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Temukan "dapur rahasia" BINAR untuk menciptakan ekosistem lifelong learning dalam setiap kurikulum bootcamp
Coba Potensi QuizDownload Whitepaper
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya