Digital Talent Accelerator

5 Rekomendasi Headhunter Terbaik di Indonesia

Binar Academy
5 Rekomendasi Headhunter Terbaik di Indonesia
Isi Halaman :

Binar Academy — Headhunter merupakan pilihan yang tepat jika perusahaan hendak merekrut karyawan yang memiliki keterampilan khusus. Perusahaan bisa meminta headhunter untuk membantu mencari karyawan baru dengan memberikan kualifikasi kandidat yang dibutuhkan. 

Selanjutnya, headhunter akan menunjukkan sebuah catatan yang berisikan profil dari kandidat dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan.

Headhunter pada dasarnya memang melakukan pencarian kandidat terlebih dahulu dengan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki setiap kandidat. Setelah itu, headhunter akan mengumpulkan profil kandidat sesuai dengan kemampuannya. Jadi ketika klien membutuhkan kandidat dengan kriteria tertentu, headhunter dengan cepat bisa menyarankan beberapa kandidat yang sesuai.

Bagi perusahaan, headhunter bisa menjadi solusi yang tepat ketika memerlukan bantuan dalam proses perekrutan. Begini cara-cara yang bisa dilakukan sebelum Anda menggunakan jasa headhunter.

Cara Memilih Headhunter yang Baik

cara memilih headhunter yang baik
Sumber: Boutique Recruiting

1. Mempunyai Track Record yang Jelas

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih headhunter yaitu dengan mencari tahu rekam jejaknya. Pencarian rekam jejak ini bisa dilakukan secara online dengan melihat profil perusahaan dan berbagai pencapaian yang dilakukannya. Hindari apabila perusahaan headhunter yang dicari tidak memiliki website.

Jika sudah menemukan website perusahaan headhunter, coba cari mulai dari sejarah berdirinya perusahaan (sudah berapa lama perusahaan berdiri) serta perhatikan juga review dari klien yang menggunakan jasa headhunter tersebut supaya lebih jelas.

2. Memberikan Penawaran Layanan yang Meyakinkan

Selanjutnya, perhatikan bagaimana headhunter tersebut ketika melaksanakan proses perekrutan. Biasanya perusahaan headhunter yang bisa dipercaya akan menerima bayaran sesuai dengan apa yang telah ditentukan sejak awal, yaitu saat klien sudah mendapatkan kandidat yang sesuai.

Bukan hanya itu, headhunter akan ikut serta dalam memperhatikan proses kerja kandidat, serta menjamin adanya pergantian kandidat jika ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan klien. Headhunter akan bertanggung jawab dengan kandidat yang telah diajukannya.

3. Mempunyai Wawasan yang Luas Mengenai Berbagai Jenis Pekerjaan di Setiap Industri

Ketiga, untuk mengetahui apakah headhunter dapat dipercaya atau tidak, bisa dilihat dari wawasan yang dimiliki headhunter. Headhunter yang baik mempunyai wawasan luas terkait jenis pekerjaan yang tersedia. 

Headhunter juga mempunyai pengetahuan tentang berbagai keahlian yang dimiliki kandidat, serta kebutuhan industri saat ini. Hal ini membuat seorang headhunter tidak hanya bekerja dalam perekrutan saja, tapi juga jasa konsultasi.

Anda bisa mencoba bertanya kepada headhunter terkait posisi yang dibutuhkan untuk perusahaan. Apabila headhunter dapat memberikan jawaban yang tepat dan menyarankan terkait kualifikasi kandidat yang diperlukan dalam posisi tersebut, Anda bisa mempercayai bahwa headhunter berwawasan luas.

4. Mampu Melakukan Identifikasi dan Memilih Kandidat Terbaik

Headhunter yang baik tentunya mampu melakukan identifikasi kandidat terbaik untuk dipilih menjadi karyawan. Seperti yang sebelumnya dibahas, headhunter harus mengajukan profil kandidat yang sesuai dengan kebutuhan klien. 

Headhunter perlu memberikan kepuasan kepada klien dengan memberikan kandidat sesuai kualifikasi untuk posisi yang dicari.

Baca Juga: Perbedaan Headhunter dan Recruiter

Tips Merekrut Kandidat Melalui Headhunter

tips merekrut kandidat menggunakan headhunter
Sumber: Historyinheels.com

Proses perekrutan kandidat bukanlah hal yang mudah. Dengan banyaknya kandidat yang mendaftarkan diri, perusahaan harus bisa memilih dengan teliti supaya tidak melewatkan kandidat dengan potensi yang tinggi.

Bagi headhunter yang sudah profesional, proses perekrutan kandidat bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan headhunter biasanya bisa menarik seorang kandidat walaupun kandidat tersebut sedang bekerja untuk perusahaan lain.

Berikut ini tips merekrut kandidat melalui headhunter:

  • Tim headhunter memiliki database berisikan profil kandidat yang bisa dipilih sesuai kebutuhan
  • Headhunter mampu melakukan perekrutan terhadap kandidat sesuai waktu yang diinginkan oleh klien
  • Pembayaran dilakukan ketika klien memperoleh kandidat yang dibutuhkan
  • Headhunter biasanya menyediakan jaminan beberapa bulan, jika kandidat yang sempat terpilih tidak sesuai dengan posisi yang ditempatinya.

5 Rekomendasi Headhunter di Indonesia

rekomendasi headhunter di indonesia
Sumber: Human Performance

Sebelumnya sudah dijelaskan terlebih dahulu mengenai cara memilih headhunter yang tepat. Sekarang saatnya memberikan 5 rekomendasi headhunter terbaik di Indonesia.

1. Binar Academy

Binar Academy merupakan salah satu perusahaan headhunter terbaik di Indonesia yang sudah terbukti menghasilkan kandidat berkualitas. Binar Academy memiliki program Rekrut Talent Digital untuk melayani klien yang mencari kandidat dengan kualifikasi tertentu. 

Bukan hanya itu, Binar Academy juga menyediakan pelatihan Digital Talent Accelerator untuk membantu klien mengembangkan skill dan kemampuan para karyawannya. Kelebihan lainnya dari Binar Academy yaitu sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar seperti, BCA, Glints, Telkomsel, dan CIMB Niaga.

2. REERACOEN Indonesia

Perusahaan headhunter REERACOEN Indonesia sudah melayani berbagai klien, mulai dari IT, trading, konstruksi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Selain itu, REERACOEN juga banyak menerima kliendari Jepang. 

3. JAC Recruitment Indonesia

Tidak jauh berbeda dengan REERACOEN Indonesia, perusahaan JAC Recruitment juga banyak melayani klien dari perusahaan Jepang. Perusahaan headhunter ini mempunyai konsultan sesuai dengan bidangnya yang mampu mengelola kandidat dari berbagai level.

4. Rimbun

Perusahaan headhunter Rimbun mengutamakan penggunaan sistem IT dalam pelaksanaan perekrutan karyawan untuk mengefisiensi proses perekrutan. Perusahaan ini juga mempunyai layanan untuk melakukan tes psikologi. Reputasinya bagus karena seringkali melakukan rekrutmen pada level eksekutif.

5. Headhunter Indonesia

Perusahaan Headhunter Indonesia telah melebarkan jasanya hingga ke luar negeri. Dengan program employee engagement dan pelatihan kepemimpinan, Headhunter Indonesia terbukti terpercaya karena sudah berpengalaman mencari kandidat pada level middle hingga c-suite.

Baca Juga: Employer Branding vs Employee Branding: Apa Saja Bedanya?

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya