General

Elevator Pitch: Pengertian, Cara Penggunaanya, dan Contoh

Binar Academy
Elevator Pitch: Pengertian, Cara Penggunaanya, dan Contoh
Isi Halaman :

Punya waktu cuma 30 detik buat ngenalin diri atau ngejelasin bisnismu dengan singkat dan padat? BISA! Kamu bisa pakai teknik elevator pitch buat mengkomunikasikan keunggulanmu dengan singkat dan memberikan impresi yang positif.

Elevator pitch ini bisa kamu gunakan untuk:

  • Pitching / presentasi bisnis
  • Memperkenalkan diri pada orang baru
  • Job interview
  • Speed dating (dalam konteks bisnis maupun konteks lainnya 😉)

Artikel ini akan membahas detail pengertian elevator pitch, apa pentingnya mempelajari skill ini, komponen atau poin-poin apa saja yang harus ada di dalam elevator pitch, dan juga contoh elevator pitch yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Apa itu Elevator Pitch

Dilansir dari Harvard Edu, Elevator pitch adalah penjelasan singkat atau sinopsis tentang profil diri atau profil bisnis yang disampaikan untuk memikat lawan bicara.

Elevator pitch juga dikenal sebagai elevator speech, elevator statement, ataupun Me in 30 second. Alasan kenapa teknik ini disebut elevator pitch, karena diibaratkan seperti memperkenalkan diri selama menaiki elevator / lift yang tentunya amat singkat.

Tujuan dari elevator pitch pada dasarnya untuk memperkenalkan siapa kamu, apa yang kamu lakukan, dan apa yang ingin kamu lakukan jika kamu sedang berbisnis atau sedang mencari pekerjaan.

Elevator pitch dikemas sesingkat mungkin supaya lawan bicara yang hanya punya waktu singkat mau mendengar dan memberikan impresi yang bagus, sehingga ia dapat memahami apa keinginan kita dengan cepat.

Teknik ini sangat berguna ketika kamu bertemu orang baru, potential client, recruiter, ataupun ekspertise yang kamu kagumi.

Komponen Elevator Pitch

Beberapa komponen yang wajib ada dalam elevator pitch mu adalah:

  1. Perkenalan diri: kenalkan nama dan background profesionalmu dengan singkat
  2. Motivasi / intensi: berikan alasan mengapa kamu tertarik berkenalan / melamar kerja di perusahaan tersebut / berbisnis di perusahaan yang kamu bangun
  3. Keunikan diri atau keunikan bisnis: tambahkan dengan keunikan latar belakangmu atau keunikan bisnismu, yang bisa dijelaskan dalam bentuk profit yang dihasilkan
  4. Pertanyaan atau langkah selanjutnya: Tutup dengan pertanyaan atau ajakan untuk berdiskusi supaya kamu dapat memahami apa respon lawan bicaramu

Latih dirimu untuk menyampaikan setidaknya 4 poin di atas dalam waktu 30-60 detik maksimal. Durasi waktu ini adalah durasi yang ideal untuk lawan bicaramu membentuk first impression dan merespon apa yang kamu inginkan.

Pentingnya berlatih elevator pitch adalah, agar apa yang kamu sampaikan selama 30-60 detik dapat tersampaikan secara mengalir, persuasif, dan terdengar percaya diri.

Contoh Elevator Pitch 

Berikut adalah contoh elevator pitch yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Elevator Pitch untuk Wawancara

“Perkenalkan saya Sabrina yang berpengalaman 5 tahun sebagai Marketing Specialist. Setelah menekuni bidang marketing saya sadar bahwa data adalah sumber pengambil keputusan yang paling objektif. 

Switch career menjadi Business Intelligence telah membuat pekerjaan saya lebih berdampak. Sehingga saya siap menjadi seorang Business Intelligence yang memiliki sudut pandang marketing, untuk membantu perusahaan Anda lebih profit.”

Elevator Pitch untuk Pitching ke Investor

“Perkenalkan saya Sabrina dari Edudata, startup di bidang Edutech yang memberikan pelatihan di bidang data.

Pada tahun pertama, kami punya 500 students yang setelah lulus mendapat kerja dalam waktu kurang dari 3 bulan. Kami percaya bahwa Indonesia masih membutuhkan banyak talenta digital bidang, sehingga Edudata hadir untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Saat ini kami sedang membuka batch ke 10, apakah Anda tertarik untuk mendukung pertumbuhan talenta digital dengan menjadi investor?”

Belajar Elevator Pitch dalam Bahasa Inggris di BINAR Bootcamp!

Elevator pitch tidak hanya dipraktekan dalam Bahasa Indonesia, kamu bisa melatih elevator pitch dalam Bahasa Inggris lewat BINAR Bootcamp karena terdapat materi:

Career Development Program: yang memberikan materi elevator pitch untuk wawancara
English in Work Setting: yang memberikan materi presentasi dalam bahasa Inggris secara profesional untuk pekerjaan sehari-hari

Daftar BINAR Bootcamp sekarang untuk akses materi Elevator Pitch selengkapnya!

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya