Digital Talent Accelerator

Dampak BINAR dalam Bootcamp & Workshop EU SOCIODIGITHON 2023

Binar Academy
Dampak BINAR dalam Bootcamp & Workshop EU SOCIODIGITHON 2023
Isi Halaman :

Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia adalah badan diplomatik yang mewakili Uni Eropa (EU) yang bertujuan untuk mempromosikan kebijakan EU dan membangun hubungan yang lebih erat dengan Indonesia meliputi hubungan politik, hubungan ekonomi dan perdagangan, serta kerja sama kebijakan.

Pada April 2023 lalu Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia meluncurkan EU SOCIODIGITHON yakni program beasiswa skill digital untuk anak muda di Indonesia. 

EU SOCIODIGITHON 2023 adalah rangkaian workshop dan kompetisi untuk memperkenalkan nilai-nilai Hak Asasi Manusia dan keterampilan digital khususnya Product Management. Acara ini merupakan kolaborasi antara Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan BINAR.

Kolaborasi ini merupakan bentuk dari salah satu produk dalam BINAR for Business yakni Digital Talent Accelerator (DTA) khususnya program CSR.

Digital Talent Accelerator (DTA) BINAR for Business menyediakan Program CSR digital sebagai salah satu service yang membantu lembaga / instansi, perusahaan, dan organisasi untuk membentuk CSR yang berdampak pagi publik.

Tujuan dari Program CSR EU SOCIODIGITHON

EU SOCIODIGITHON 2023 adalah kompetisi tahunan yang bertujuan untuk mengatasi tantangan hak asasi manusia di Indonesia melalui inovasi digital. Tujuan dari program ini adalah:

  1. Untuk mendidik dan memberdayakan generasi berikutnya tentang pentingnya hak asasi manusia melalui kamp pelatihan keterampilan digital yang mutakhir;
  2. Untuk membekali generasi muda dengan keterampilan digital dan memotivasi mereka untuk menjadi pembela nilai-nilai hak asasi manusia dalam karir mereka;
  3. Untuk menunjukkan komitmen UE dalam mempromosikan hak asasi manusia dan inovasi digital.

EU SOCIODIGITHON 2023 sebagai program untuk meningkatkan keterampilan generasi muda Indonesia dalam mengembangkan inovasi digital yang berkelanjutan dan berdampak untuk mengatasi permasalahan seputar hak asasi manusia di Indonesia. 

Solusi yang Diberikan BINAR

BINAR sebagai mitra EU SOCIODIGITHON 2023 memberikan program dalam bentuk workshop dan bootcamp yang proses pendaftarannya dikemas menjadi sebuah kompetisi berdasarkan pembuatan essay.

50 essay peserta terpilih akan mengikuti workshop Design Thinking, Act as Mini CEO, dan Hak Asasi Manusia dari BINAR, pada bulan Mei.

Selain itu, 15 essay peserta terpilih lainnya akan mendapat full beasiswa bootcamp Product Management dari BINAR selama 2 bulan yang diselenggarakan selama bulan Juli-September. Kedua program ini, workshop dan bootcamp, diikuti secara gratis oleh seluruh peserta terpilih.

Bootcamp Product Management yang difasilitasi BINAR menghadirkan pemateri berpengalaman yakni Bintang Subuh Puntodewo, Regional Product Manager at SEA. Selama 2 bulan ia membagikan insight dengan cara memimpin diskusi kelas, membuat penilaian, mengembangkan dan menyampaikan materi pembelajaran, dan memandu student project. 

Hasil dan Dampak dari EU SOCIODIGITHON 2023

EU SOCIODIGITHON 2023 berhasil menjangkau 133 pendaftar pada 1st essay competition dan menghasilkan 50 peserta terpilih untuk mengikuti workshop. Sedangkan untuk 2nd essay competition diramaikan oleh 50 pendaftar dan menghasilkan 15 peserta terpilih untuk mengikuti bootcamp Product Management. EU SOCIODIGITHON 2023 berhasil meluluskan 8 dari 15 peserta bootcamp yang mengikuti kelas hingga akhir.

Binar Academy memastikan materi dan kurikulum yang dirancang untuk bootcamp dan workshop EU SOCIODIGITHON 2023, sesuai dengan kebutuhan student dan dapat diterapkan oleh semua latar belakang terutama kalangan non-teknis. Materi disajikan secara menarik dengan studi kasus yang relevan, contoh faktual, dan bahasa yang mudah dipahami.

Berdasarkan feedback dari para students, rata-rata kepuasan dan tujuan pembelajaran terpenuhi sebesar 4,3 / 5 skor. Artinya learning goals dari bootcamp Product Management EU SOCIODIGITHON 2023 berhasil terpenuhi karena reading materials yang up-to-date, tugas akhir dan uji kompetensi yang dirasa meningkatkan pemahaman students, dan fasilitator yang mampu menyampaikan materi yang relevan dengan industri secara interaktif.

Secara keseluruhan, para students merasa puas dengan seluruh komponen dan ekosistem belajar di BINAR Bootcamp Product Management selama 2 bulan, karena terbukti dapat meningkatkan hardskill dan softskill mereka.

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Konsultasi gratis dengan BINAR untuk rancang program CSR yang efektif dan berdampak

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Menyusun program CSR lebih efektif dan berdampak dengan BINAR
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Konsultasi gratis dengan BINAR untuk rancang program CSR yang efektif dan berdampak

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Konsultasikan aspirasi program CSR perusahaan anda dengan BINAR
Coba Potensi QuizKonsultasi Sekarang
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya